Cara Cek Kesehatan Hard Disk dengan Mudah di Windows

Cara Cek Kesehatan Hard Disk — merupakan salah satu komponen utama komputer. Perangkat keras ini bertindak sebagai lokasi penyimpanan data di komputer Anda. Karena ini adalah memori non-volatile, data pada hard drive tidak hilang bahkan jika komputer dimatikan.

Sebuah komputer biasanya dilengkapi dengan hard drive built-in dengan berbagai ukuran (biasanya diukur dalam gigabyte atau GB). Pengguna komputer juga dapat mengganti dan memasang hard drive sendiri sesuai kebutuhan. Ini biasanya terjadi ketika hard drive default rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

Masa pakai hard drive dapat bervariasi berdasarkan penggunaan, kualitas hard drive, dan faktor lainnya. Juga, hard drive bisa cepat rusak jika memiliki cacat produksi. Jadi bisakah kita memeriksa status hard drive komputer kita? Jawabannya tentu saja bisa.

Status hard drive ini diperiksa bukan dengan mengeluarkannya dari komputer dan kemudian melepasnya, tetapi dengan membaca data yang dikirim oleh sistem. Berikut adalah beberapa cara untuk dengan mudah memeriksa status hard drive Anda di komputer Windows.

1. Menggunakan Tools Pabrikan Hard Disk

cara mengecek kesehatan hardisk
cara mengecek kesehatan hardisk

Cara pertama untuk memeriksa status hard drive adalah dengan menggunakan alat atau alat khusus yang disediakan oleh produsen hard drive. Sebagian besar produsen besar biasanya menyediakan alat gratis untuk memantau kesehatan dan kinerja hard drive kita. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Temukan pabrikan hard drive yang Anda gunakan. Untuk menemukannya melalui sistem, buka Device Manager komputer Anda (buka Control Panel atau cari dengan mengetik “Device Manager”).
  • Dengan tab Device Manager sudah terbuka, pilih Disk drive, klik simbol segitiga dan catat jenis hard drive yang ditampilkan.
  • Kemudian, buka Google Search dan ketik nomor model hard drive Anda ke dalam tab pencarian. Hasil pencarian yang muncul biasanya mengarah langsung ke merek atau pabrikan harddisk tersebut.
  • Setelah Anda mengetahui nama produsen hard drive, kunjungi situs web resmi mereka, buka halaman dukungan mereka, dan cari utilitas hard drive.
  • Unduh alat yang tersedia dan instal di komputer Anda.
  • Alat yang disediakan oleh masing-masing produsen mungkin memiliki fungsi yang berbeda, tetapi alat tersebut memiliki fungsi diagnostik yang memungkinkan Anda memeriksa kesehatan hard drive Anda.
  • Karena komputer pembuat menggunakan drive Seagate, Anda dapat mengunduh alat diagnostik drive pabrikan secara langsung.

2. Menggunakan Tool Windows CHKDSK

Metode kedua untuk memeriksa kesehatan hard drive ini tidak mengharuskan Anda mengunduh dan menginstal aplikasi di komputer Anda. Hal ini dikarenakan tool ini merupakan tool bawaan di Windows yang bisa langsung digunakan. Alat ini disebut Windows CHKDSK.

Alat CHKDSK Windows ini dapat memindai hard drive komputer Anda untuk kesalahan sistem dan sektor buruk. Juga, jika ada masalah dengan hard drive, alat ini dapat membantu Anda menentukan masalahnya.

Alat ini dapat memperbaiki masalah yang dapat dipecahkan dan akan memperingatkan Anda jika ada masalah yang lebih besar yang tidak dapat diperbaiki. Jadi, jika memungkinkan, Anda dapat menggunakan alat ini untuk memindai dan memecahkan masalah hard drive Anda. Berikut langkah-langkah menggunakan alat tersebut.

  • Klik kanan hard drive yang statusnya ingin Anda periksa, lalu pilih Properties.
  • Pilih menu Tools di tab yang ditampilkan, lalu pilih juga opsi centang hard drive yang tersedia di kotak dialog yang terbuka.
  • Kemudian klik Check atau Check Now untuk memulai proses check and repair.
  • Jika hard drive aman, Anda biasanya akan melihat pesan yang mengatakan bahwa tidak perlu memindai atau memeriksa status hard drive.
Cara Cek Kesehatan Hard Disk
Cara Cek Kesehatan Hard Disk

3. Menggunakan Perintah WMIC

Anda juga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan hard drive ini berdasarkan sistem default komputer Anda. WMIC sendiri adalah antarmuka baris perintah yang memungkinkan pengguna komputer untuk melakukan tugas administratif, termasuk memeriksa status hard drive.

Perintah ini menggunakan teknologi S.M.A.R.T atau Self-Monitoring, Analysis and Reporting untuk melihat status hard drive dengan kesimpulan sederhana seperti “OK” atau “Pred Fail” dll.

Meskipun perintah yang relatif sederhana ini hanya memberikan informasi yang sangat singkat, ini adalah salah satu cara tercepat untuk menentukan kesehatan hard drive Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Windows dan R secara bersamaan untuk membuka jendela pencarian.
  • Ketik “cmd” dan klik OK untuk membuka prompt perintah Windows.
  • Ketik “wmic” dan tekan Enter.
  • Ketika antarmuka WMI siap, ketik “diskdrive get status” dan tekan enter lagi.
  • Kemudian status hard drive akan ditampilkan.

Jika statusnya “OK” berarti harddisk sudah OK, sedangkan jika statusnya “Pred Fail” berarti layanan SMART telah gagal atau gagal yang salah satunya disebabkan oleh bad sector pada harddisk.

4. Menggunakan Tools Pengecek Hard Disk Pihak Ketiga

Anda juga dapat menggunakan alat pihak ketiga untuk memeriksa kesehatan hard drive Anda. Alat-alat ini biasanya menampilkan informasi yang lebih komprehensif tentang kesehatan hard drive komputer Anda.

Untuk melakukan tugas dan memulihkan data, alat ini menggunakan fungsi S.M.A.R.T yang sama dengan perintah WMIC. Namun sekali lagi, informasi yang mereka berikan lebih detail.

Ada beberapa alat pemantauan hard drive pihak ketiga yang dapat Anda unduh dan instal di komputer Anda, seperti CrystalDiskInfo, Hard Disk Sentinel, dan HDDScan.

CrystalDiskInfo, misalnya, adalah alat yang cukup sederhana namun dapat diandalkan. Alat gratis dan sangat ringan ini menawarkan banyak informasi yang diperlukan seperti suhu, status kesehatan, jenis dan karakteristik hard drive dan status lainnya seperti tingkat kesalahan baca / tulis dan waktu bermain, dll.

Setelah alat-alat ini diinstal, jalankan dan biarkan berjalan. Secara default, alat CrystalDiskInfo memeriksa status hard drive setiap 10 menit dan memberi tahu Anda jika ada masalah dengan hard drive.

Alat ini mungkin berisi iklan, jadi pastikan untuk menggunakan opsi “Pemasang Kustom” untuk membatalkan pilihan yang tidak perlu.

Kesimpulan Cara Cek Kesehatan Hard Disk

Nah, itulah empat cara cek status hardisk yang bisa kamu gunakan dengan mudah di komputer Windows kamu. Jika ada masalah dengan hard drive yang menyebabkan komputer mogok, mungkin sudah saatnya untuk mengganti hard drive.