10 Tanaman Hias Paling Populer di Tahun 2020

liputanberitaku.com — Dimasa pandemi ini untuk mengisi waktu luang, mengoleksi dan merawat tanaman hias adalah kegiatan yang favorit bagi banyak orang. 

Karena Masa ini Banyak waktu yang dihabiskan untuk di rumah saja, menjadi salah satu faktor hobi bertanam tanaman hias kembali populer.

Selain sebagai hiasan rumah untuk mempercantik tampilan rumah, tanaman hias juga bisa membuat rumah jadi adem dan asri. Beberapa tanaman hias pun kerap dipilih untuk menyegarkan suasana.

Philodendron Micans

Sumber: Instagram@palaceofplants

Philodendron adalah jenis tanaman yang memiliki banyak sekali spesies. Untuk spesies Micans sendiri, warna daunnya hijau dengan sentuhan warna marun. Tanaman ini juga memiliki bentuk dan warna yang menarik, Philodendron juga banyak disukai sebagai tanaman penghias ruangan.

Opuntia Monacantha Variegata

Sumber: Instagram@insukuland

Tanaman ini juga dikenal dengan nama Populer Sukulen Pelangi yang masih merupakan keluarga kaktus. Keunikan dari tanaman ini adalah pada tunasnya yang bentuknya seperti bintik-bintik dan berwarna merah muda. 

Selain itu Warna pink dari tunasnya berpadu dengan warna hijau muda dari batangnya, membuat tanaman yang juga disebut kaktus mini ini, banyak diminati oleh penggemar tanaman hias di tanah air.

Monstera

Sumber: Instagram@planthrophy

Tanaman yang satu ini lebih dikenal dengan nama popular dan unik yaitu ‘Janda Bolong’. Nama tersebut sesuai dengan bentuknya yang unik dari daunnya yang berlubang-lubang. 

Monstera bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 hingga 130 meter. Selain itu, tanaman hias asal Amerika Tengah ini sekarang ini dapat menembus harga hingga puluhan juta rupiah, loh!

Hoya

Sumber: Instagram@pottersjungle

Tanaman dengan nama Hoya ini, banyak sekali ditemukan di wilayah Asia seperti Filipina, Thailand, India, Malaysia, Vietnam, dan juga Indonesia. Tanaman yang dapat tumbuh merambat ini bisa mencapai ketinggian hingga 3 meter.

Yang membuat unik dari tanaman ini adalah bunganya yang berbentuk seperti bintang dan terlihat seperti bunga dari porselen yang mengkilat. Selain daripada itu, daunnya memiliki bulu-bulu halus dan berkilau seperti dilapisi lilin. Bunga dari tanaman Hoya juga begitu harum hingga bisa digunakan sebagai pengharum dalam ruangan.

Epiphyllum Chrysocardium

Tanaman ini juga banyak dikenal dengan nama Wijaya Kusuma. Bunganya yang besar serta berwarna putih dan memiliki benang sari berwarna emas, bunga wijaya kusuma akan tampak sangat cantik ketika mekar. Sayangnya, bunganya hanya mekar di masa-masa tertentu saja, namun aromanya sangat harum.

Cryptanthus Red

Sumber: Instagram@setika2020

Tanaman ini memiliki bentuk yang menyerupai bintang laut berwarna merah, tanaman ini sangat tampak unik dan mencolok sebagai hiasan di dalam rumah.

Meski cocok sebagai hiasan indoor, tanaman juga memerlukan sinar matahari yang cukup, agar warna merahnya tetap tampak cerah.

Calathea Black Lipstick

Sumber: Instagram@@galerihijauku25

Banyak jenis calathea namun yang satu ini unik karena Sesuai dengan namanya, Calathea jenis yang satu ini memiliki keunikan pada warna daunnya. Daunnya berwarna hijau gelap keunguan, hampir menyerupai warna hitam. Selain itu, terdapat corak garis berwarna merah muda yang menambak kecantikan pada tanaman ini.

Begonia

Keunikan dari tanaman Begonia adalah pada bentuk daunnya yang sangat tidak simetris. Selain itu, Begonia memiliki bunga yang berwarna merah cerah dan terlihat sangat cantik. 

Sebenarnya, tanaman begonia ini adalah tanaman liar yang banyak ditemukan di negara tropis. Namun Kini, tanaman ini banyak dikoleksi sebagai hiasan di dalam rumah.

Aglonema

Tanaman juga  banyak dikenal dengan nama lain yaitu “Sri Rejeki”, Tanaman Aglonema memiliki banyak variasi warna daun. Aglonema termasuk tanaman hias yang tidak bikin repot, karena mudah tumbuh dan berkembang dalam kondisi apapun. Jadi, tanaman ini sangat cocok buat para pemula di hobi bertanam.

Sansevieria

Sumber: Instagram@stefyplants

Tanaman yang juga populer dengan nama lain ‘Lidah Mertua’, Sansevieria tak hanya cantik sebagai tanaman hiasan, namun juga mudah dalam perawatannya.

Selain sebagai tanaman hias, Sansevieria  ini juga memiliki segudang manfaat loh, seperti membersihkan udara dari polusi, bisa sebagai aroma terapi, dan juga bisa menyerap gelombang radiasi dari barang-barang elektronik di sekitarnya.

Nah, gimana guys? Tertarik untuk bertanam dan mengoleksi tanaman hias ini?

 

#artikel_asli