https://www.gotravelly.com/

Makanan Khas Banten Yang Paling Populer, Nikmatnya Bikin Ketagihan!

Liputanberitaku.com — Provinsi Banten memang terkenal dengan pantai yang indah, budaya yang masih terjaga, dan kuliner yang sangat lezat. Selain itu Banten juga terkenal dengan kulinernya yang lezat, lho.

Provinsi yang merupakan tempat kelahiran wakil presiden Indonesia 2019-2024 Ma’aruf Amin ini memiliki beragam kuliner nikmat yang wajib kamu coba dan dijamin dapat membuatmu ketagihan. Yuk, simak beragam makanan khas Banten yang paling populer di bawah ini!

Angeun Lada

Makanan khas Banten yang paling populer adalah angeun lada yang dapat diartikan sebagai sayur pedas. Kuliner yang satu ini berisi sayur kuah bening berwarna kemerahan yang terbuat dari berbagai bumbu masak dan potongan daging serta jeroan sapi.

Angeun lada umumnya disajikan saat Idulfitri atau untuk menjamu tamu di acara-acara spesial.

Rabeg

Kuliner khas Banten selanjutnya yang wajib kamu coba adalah rabeg yang terkenal sebagai makanan untuk para sultan. Makanan yang satu ini memiliki rasa manis pedas seperti semur atau tongseng dan aroma rempah-rempah yang dominan.

Rabeg terbuat dari daging dan jeroan kambing dan merupakan makanan akulturasi Arab-Banten.

Sate Bebek khas Cibeber

Kuliner khas Cilegon, Banten ini wajib dinikmati oleh kamu yang senang makanan gurih dan pedas. Jangan salah, sate bebek terkenal sangat empuk dengan bumbu yang sudah meresap ke dalam daging. Sate bebek juga merupakan makanan yang paling diburu wisatawan ketika berkunjung ke Banten, lho!

Sate Bandeng Tanpa Duri

Ikan bandeng terkenal sebagai ikan yang penuh duri, sehingga cukup banyak orang kurang menyukai ikan ini. Namun jangan salah, sate bandeng khas Banten justru tidak memiliki duri sama sekali, lho! Selain tanpa duri, sate bandeng juga sangatlah nikmat karena diracik menggunakan bumbu Indonesia dan rasa khas dari daging ikan.

Ketan Bintul

Hidangan yang satu ini terbuat dari beras ketan putih yang ditumbuk menjadi sebuah adonan padat. Ketan bintul juga sangat lezat karena memiliki rasa gurih dan tekstur lembut. Ketan bintul merupakan makanan favorit masyarakat Banten ketika berbuka puasa.

Sambal Buroq

Makanan khas Banten berikutnya adalah sambal buroq yang merupakan makanan tradisional yang dihidangkan saat musim haji. Sambal buroq terbuat dari kulit melinjo atau kulit tangkil yang dicampur dengan berbagai bumbu dapur, seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, dan daun salam.

Nasi Bakar Sum-Sum

Umumnya nasi bakar sumsum dilengkapi dengan berbagai lauk lain, seperti ikan teri, suwiran ayam, atau daging cincang. Sesuai dengan namanya, makanan khas Banten ini terbuat dari nasi dan sumsum atau tulang belakang sapi dan kerbau.

Campuran sumsum pada nasi ini membuat makanan terasa sangat gurih dan nikmat!

 

Itulah daftar makanan khas Banten yang wajib kamu coba!

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian ya!

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli