Alzheimer: Penyakit atau Hanya Faktor Usia?

Gangguan neurodegeneratif merupakan istilah yang dipakai pada kehilangan yang progresif terhadap struktur atau fungsi sel neuron, termasuk kematian sel neuron.

Pada penyakit alzheimer, kerusakan dan penghancuran neuron pada akhirnya memengaruhi bagian otak lainnya, termasuk bagian yang memungkinkan seseorang menjalankan fungsi dasar tubuh seperti berjalan dan menelan.

erusakan pada sel-sel saraf ini menyebabkan turunnya produksi beberapa zat kimia penting dalam otak yang berfungsi untuk komunikasi antar sel saraf, yang dikenal dengan nama neurotransmitter.
Penurunan beberapa jenis neurotransmitter ini akhirnya menyebabkan sel saraf tak dapat lagi menyampaikan sinyal dengan baik, dan berakibat gangguan pada fungsi otak orang tersebut. Orang-orang dengan penyakit alzheimer ini juga memiliki kekurangan bahan kimia penting dalam otak mereka.
Bahan kimia ini terlibat dengan pengiriman pesan dalam otak. Banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi seseorang menderita alzheimer, beberapa di antaranya adalah faktor usia, faktor genetika (keturunan), dan trauma cedera otak.

Pengobatan yang bisa dilakukan diharapkan dapat mengurangi gejala dan perkembangan penyakit tersebut. Pengobatan sebaiknya dilakukan dengan berkonsultasi langsung dengan dokter terkait obat-obatan apa yang sesuai dengan tingkat penyakit alzheimer yang dideritanya.

Selain itu, penderita alzheimer juga terkadang lupa bahkan kehilangan minat makannya, maka dari itu perlu diberikan pilihan variasi makanan yang lebih mudah dicerna oleh mereka sehingga kebutuhan nutrisi mereka tercukupi dan bisa menurunkan tingkat penyakit Alzheimer yang dideritanya.