Alzheimer: Penyakit atau Hanya Faktor Usia?

Langkah Pencegahan Alzheimer

Perlu dilakukan beberapa hal yang mungkin bisa mencegah timbulnya penyakit alzheimer seperti dibawah ini :

  • Teknik mnemonic, mnemonic merupakan suatu strategi atau teknik yang dipelajari untuk membantu kinerja ingatan yang dapat dioptimalkan dengan latihan. Salah satu metode yang ada pada teknik mnemonic ini adalah method of loci.
    Cara kerja method of loci ini yakni dengan mengingat dengan mengasosiasikan benda yang diingat dengan lokasi benda tersebut. Kebanyakan dari lansia sering kali mengalami kesulitan dalam mengingat benda-benda yang sering digunakan sehari-harinya. Diharapkan dengan menerapkan teknik ini bisa membantu mencegah terjadinya alzheimer.
  • Konsumsi kopi dengan anjuran yang sesuai. Salah satu penelitian dari Husodo (2020), membuktikan bahwa kafein dalam kopi diyakini menunjukkan efek pelindung saraf dengan memblokir reseptor adenosin, yang berpengaruh dengan penurunan kadar Aβ plasma.
    Kafein turut melindungi sawar darah otak dengan meningkatkan pengeluaran Aβ sehingga dapat mengurangi risiko penyakit alzheimer. Kopi juga mengandung polifenol, khususnya asam klorogenat, antioksidan, yang dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari demensia. Asupan kopi yang dianjurkan adalah tidak boleh melebihi 400 mg/hari.
  • Mengonsumsi makanan-makanan sehat dengan gizi seimbang dan mengurangi kadar lemak dan kolesterol di dalamnya. Selain itu, meningkatkan makan makanan yang tinggi serat seperti sayuran dan buah-buahan.
  • Rutin berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat. Seperti bersepeda tiap minggu, jalan kaki di sekitar lingkungan tempat tinggal, atau mungkin bisa melakukan aktivitas sehari-hari yang lebih banyak gerakan di dalamnya.
  • Berhenti merokok dan konsumsi minuman beralkohol.
  • Mengonsumsi suplemen yang baik untuk kesehatan otak, yakni yang mengandung banyak omega-3, vitamin, dan ginkgo. Tentu tetap dengan anjuran dokter.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli