Cara Memastikan Website Terindex di Google

Website Terindex di Google — Pemilik situs web ingin memiliki situs web yang berperingkat tinggi di mesin pencari seperti Google. Dan untuk bisa mencapai ranking yang baik tentunya butuh perjuangan yang tidak mudah. SEO dan pemasaran digital adalah kunci dari bisnis ini. Hanya saja terkadang, ketika strategi SEO sudah diterapkan semaksimal mungkin, peringkat situs masih seperti ini. Identifikasi harus dilakukan untuk melihat kemungkinan kesalahan. Salah satu kesalahan paling umum adalah situs web yang tidak terindeks oleh Google. Jadi apapun strategi SEO yang Anda gunakan, tidak akan banyak membantu jika website Anda tidak terindeks oleh Google. Baca artikel tentang cara memastikan situs web Anda diindeks oleh Google.

Bagaimana Search Engine Bekerja?

Sebelum melanjutkan untuk memastikan website Anda terindeks oleh Google, Anda harus terlebih dahulu memahami cara kerja mesin pencari Google. Mesin pencari atau search engine dirancang khusus untuk menemukan, mempelajari, dan mengatur konten di Internet untuk menghasilkan hasil pencarian yang paling relevan.

Untuk muncul di halaman pertama mesin pencari, Anda harus dapat memastikan bahwa mesin pencari dapat menemukan situs web Anda. Ini adalah bagian terpenting dari SEO. Percuma saja jika Anda sudah melakukan semua strategi SEO, baik on-page maupun off-page, tetapi website tidak terlihat oleh mesin pencari. Akibatnya, website Anda tidak akan muncul di SERP atau halaman hasil mesin pencari. Kemudian muncul pertanyaan tentang bagaimana mesin pencari bekerja dan bagaimana mereka menemukan situs web Anda. Mesin pencari memiliki tiga fungsi utama. Berikut penjelasannya:

Crawling

Perayapan adalah proses di mana mesin pencari, dalam hal ini Google, mengirim bot laba-laba untuk menemukan konten baru atau yang diperbarui. Kontennya bervariasi, bisa berupa halaman web, gambar, video, PDF, dll. Robot Google memulai dengan menjelajahi beberapa halaman web dan kemudian mengikuti tautan di halaman tersebut untuk menemukan URL baru. Akibatnya, browser atau crawler dapat menemukan konten baru dan menambahkannya ke indeks mereka. Browser kemudian menampilkan situs atau halaman terindeks yang relevan saat pengguna mencari konten atau kata kunci.

Index

Pengindeksan adalah proses di mana Google menyimpan dan mengatur konten yang ditemukan selama periode perayapan. Setelah halaman diindeks, sistem memperhitungkan keberadaan pencarian yang relevan.

Ranking

Pemeringkatan adalah proses di mana Google memilih konten mana yang paling relevan dan mana yang paling tidak relevan dengan pencarian pengguna.

Crawling: bagaimana mesin pencari menemukan website Anda?

Kami telah menjelaskan sebelumnya bahwa perayapan adalah proses pencarian di mana mesin pencari, dalam hal ini Google, mengirimkan robotnya untuk mencari di Internet untuk konten baru atau yang diperbarui, yang dapat dari berbagai jenis. Mulai dari halaman website, gambar, video, file PDF, dll. Konten semacam itu umumnya dapat ditemukan menggunakan tautan.

Perayap Google, yang disebut Google Spider, mulai dengan melihat beberapa halaman web dan kemudian mengikuti tautan di halaman tersebut untuk menemukan URL baru. Dengan melintasi tautan ini, Laba-laba dapat menemukan konten baru dan menambahkannya ke indeksnya, yang merupakan kumpulan URL yang ditemukan. Ada beberapa hal yang dapat membantu Google merayapi situs Anda dengan benar, antara lain:

Robots.txt

File Robots.txt biasanya terletak di direktori root situs web Anda. Tugasnya adalah memberi tahu mesin pencari bagian mana dari situs Anda yang mereka butuhkan dan tidak boleh dirayapi. Jika Google Bot tidak dapat menemukan file robots.txt situs, ia akan masuk dan merayapi situs tersebut. Jika robots menemukan file robots.txt, mereka akan mengikuti data dalam file dan menavigasi situs web berdasarkan file tersebut.

Meta Directives

Ada dua jenis tag yang bisa digunakan, yaitu tag meta robots dan tag x-robots. Tag meta yang paling banyak digunakan. Jika Anda adalah pengguna WordPress, Anda juga dapat mengonfigurasi pengaturan Anda melalui dasbor WordPress. Cheat tersedia di Dashboard -> Settings -> Reading. Selanjutnya, pastikan kotak centang Visibilitas Mesin Pencari tidak dicentang.

Sitemaps/Peta Situs

Peta situs adalah daftar URL di situs web Anda yang dapat digunakan oleh bot Google untuk menemukan dan mengindeks konten Anda. Cara termudah bagi Google untuk menemukan halaman unggulan adalah dengan membuat file yang memenuhi standar Google dan mengirimkannya melalui Google Search Console. Ini sangat membantu browser untuk menjangkau semua halaman penting di website Anda.

Setelah Anda puas bahwa Anda telah menavigasi situs web untuk kebutuhan Anda, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa halaman situs web diindeks oleh Google. Pengindeksan adalah proses kedua dalam urutan pengoperasian mesin pencari. Mesin pencari menyimpan data di situs web Anda sehingga ketika seseorang mencari dan situs web atau halaman Anda relevan dengan kata kunci, halaman Anda muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Cara Memastikan Website terindex di Google

Dalam beberapa tahun terakhir, pemasar digital telah menemukan banyak cara untuk memastikan situs web diindeks di Google. Pertama, Anda dapat menggunakan Google Search Console untuk memastikan situs web Anda terindeks oleh Google. Sebelumnya dikenal sebagai Alat Webmaster Google, alat SEO ini banyak digunakan untuk memantau perayapan, kesalahan idex, dan masalah keamanan situs web. Jika sebelumnya Anda memiliki akun Google Analytics, Anda dapat menggunakan akun yang sama untuk menggunakan Google Search Console.

Selain Google Search Console, ada situs lain yang dapat Anda gunakan untuk memberi tahu Google saat konten baru muncul di situs Anda. Proses ini disebut “ping”. Anda dapat melakukan ini karena mesin pencari terkadang membutuhkan waktu lama untuk merayapi situs web. Beberapa situs yang dapat membantu Anda mengirim pemberitahuan ini antara lain Ping O Matic dan Pingler.

Caranya sangat sederhana, cukup masukkan URL situs web dan biarkan situs web melakukan tugasnya. Yang perlu Anda perhatikan adalah jangan terlalu banyak memasukkan URL situs web Anda ke dalam alat Ping ini. Jika Google mendapat terlalu banyak notifikasi dari Anda, itu akan menandai situs Anda sebagai spam. Dan itu tidak terlalu baik untuk peringkat situs web Anda.

Kesimpulan Website Terindex di Google

Ada banyak cara untuk memastikan website Anda terindeks oleh Google. Beberapa yang paling populer menggunakan Google Search Console dan situs ping. Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang website, domain, dan hosting terbaik, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan atau bahkan saran di bagian komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.