Cara Merawat Rambut Secara Alami Agar Tidak Mengembang

Pertumbuhan rambut bisa menjadi masalah bagi sebagian orang. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh rambut kering. Tidak diragukan lagi, Anda perlu tahu cara melarutkan rambut yang mengembang untuk pemilik rambut tebal dan kaku.

Pada orang dengan (disengaja) menumbuhkan rambut untuk perawatan non-kosmetik, kondisi ini dapat diklasifikasikan sebagai masalah kulit kepala.
Oleh karena itu, diperlukan suatu cara yang dapat dilakukan untuk membuat rambut tersebut cukup longgar sehingga kondisinya tidak memburuk dan tidak terlihat seperti “rambut singa”.

Apa penyebab pertumbuhan rambut?

Ketombe rambut dapat terjadi karena kondisi rambut yang kering. Saat rambut Anda kering, cobalah untuk menyerap kelembapan di udara agar rambut Anda tumbuh lebih baik. Apalagi jika cuaca disertai dengan kulit kepala yang lembap dan berkeringat, rambut akan semakin melar.

Selain itu, penyebab tumbuhnya rambut bisa jadi merupakan efek samping dari produk perawatan rambut yang tidak cocok untuk kulit kepala.
Misalnya, sampo alkali sering membuat rambut kering dan lembut. Produk perawatan rambut, seperti gel penata rambut yang mengandung alkohol, juga menyebabkan pertumbuhan rambut. Demikian juga kesalahan yang dilakukan selama perawatan rambut bisa berujung pada hal yang sama.
Namanya juga sering menggunakan alat penata rambut seperti hair dryer atau pelurus rambut.

Bagaimana cara melemaskan rambut lembut?

Biasanya, kerontokan rambut lembut dapat diatasi dengan membuat gaya hidup Anda lebih sehat.
Dengan mengikuti pola makan yang tepat dan sekaligus mengelola stres, kesehatan rambut Anda akan perlahan pulih.
Namun, ada berbagai cara untuk melonggarkan rambut yang mengembang dan kaku, seperti:

1. Cuci dengan air dingin
Cara merilekskan rambut lembut dengan air dingin
Mandi air dingin mengurangi pertumbuhan rambut
Salah satu cara terbaik untuk mengendurkan rambut keriting adalah dengan mencucinya dengan air dingin.
Jika Anda mencuci rambut dengan air yang terlalu panas, kutikula rambut bisa terbuka. Kutikula adalah lapisan terluar rambut yang melindungi inti rambut.
Ketika kutikula terbuka dan kelembapan pada rambut hilang, hal itu dapat menyebabkan pertumbuhan rambut.
Nah, untuk mencegah kutikula terbuka, sebaiknya cuci rambut dengan air dingin.

2. Jangan terlalu sering mencuci rambut
Cara melemaskan rambut lembut selanjutnya adalah dengan tidak terlalu sering keramas.
Karena terlalu sering keramas bisa menyebabkan pengurangan atau bahkan hilangnya lemak alami di kulit kepala.
Hal ini dapat mempengaruhi kadar air pada rambut, membuat rambut menjadi lembut dan kaku.
Namun, pastikan kulit kepala Anda selalu bersih, meskipun Anda tidak mencuci rambut.

3. Gunakan sampo yang terbuat dari bahan alami
gunakan sampo yang terbuat dari bahan alami untuk mengendurkan rambut Anda
Sampo setiap dua hari untuk melembabkan rambut kering
Menggunakan sampo yang tepat juga akan membantu mengendurkan rambut keriting dan kaku.
Disarankan agar Anda menghindari sampo yang mengandung bahan kimia seperti sodium lauryl sulfate karena dapat merusak rambut Anda.
Sebagai gantinya, gunakan sampo yang mengandung bahan alami agar rambut Anda tidak tumbuh dan tetap sehat.

4. Gunakan kondisioner
Oleskan kondisioner untuk melarutkan rambut keriting. Kondisioner memberi rambut kandungan protein. Selalu gunakan kondisioner yang mengandung protein setelah mencuci rambut. Dengan metode melarutkan rambut lembut ini, kondisi rambut justru menjadi halus dan berkilau.

Jika memungkinkan, gunakan kondisioner tidak hanya pada ujung rambut, tetapi juga pada seluruh panjang rambut.
Karena dengan menggunakan kondisioner Anda bisa membuat rambut Anda lembut dan mudah diatur dalam sekejap.
Namun, untuk menggunakan kondisioner, hindari area kulit kepala agar rambut tidak terlihat berminyak.

5. Jangan menyisir rambut kering
Tidak menyisir rambut kering juga merupakan cara untuk melembutkan rambut. Hal ini karena menyisir rambut kering dapat merusak kutikula sehingga menyebabkan rambut meregang dan kaku. Sebagai gantinya, sisir dengan rambut setengah basah.

6. Hindari menata rambut terlalu sering
Jika Anda menata rambut terlalu tebal, Anda tidak akan membuatnya longgar. Misalnya, penggunaan alat untuk mewarnai, meluruskan, mengeriting dan menata rambut seperti pelurus rambut atau blow dryer menjadi penyebab rambut kering, lembut dan kaku.

Jika Anda perlu menggunakan alat penata rambut, pastikan untuk menggunakan serum rambut agar tetap sehat. Jika perlu, keringkan rambut Anda dengan pengering rambut atau kipas angin bersuhu rendah.

7. Gunakan produk perawatan rambut non-alkohol
Cara mengendurkan rambut keriting dengan produk non-alkohol. Semprotan rambut yang mengandung alkohol dapat menyebabkan pertumbuhan

Cara melembutkan rambut selanjutnya adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut seperti sampo dan kondisioner non-alkohol.
Produk perawatan rambut beralkohol cenderung membuat rambut menjadi kusut, kaku, dan kering.

8. Lindungi rambut Anda dari sinar matahari
Melarutkan rambut yang lembut dan kaku juga harus melindunginya dari sinar matahari. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Collegium Anthroplogicum menunjukkan bahwa sinar ultraviolet (UV) dapat mempengaruhi kondisi rambut. Dalam hal ini, sinar matahari cenderung merusak struktur rambut.

Pada radiasi UV A, kerusakan ini ditandai dengan penurunan warna rambut. Sedangkan sinar UV B mampu menghilangkan protein rambut, sehingga rambut tumbuh.
Karena itu, gunakan topi atau produk perawatan rambut dengan filter UV agar rambut Anda lembut dan halus.

Cara merawat rambut lembut dengan bahan alami
Ada beberapa cara merawat rambut lembut dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti:

1. Cuka Apel
Cara melarutkan rambut kaku dengan cuka sari apel. Asam alfa-hidroksi mampu menyeimbangkan kembali pH rambut. Cara merawat rambut lembut dengan bahan alami bisa dengan cuka sari apel. Efek menguntungkan dari cuka sari apel tampaknya digunakan untuk membuat rambut lebih longgar dan halus.

Cuka sari apel mengandung asam alfa hidroksi, yang dapat mengembalikan pH rambut. Efeknya rambut Anda menjadi lebih sehat dan tidak tumbuh.
Cara mengendurkan rambut secara alami dengan cuka sari apel: Campurkan 1/3 cangkir cuka sari apel dan 1/4 cangkir air hangat.
Kemudian oleskan pada rambut yang lembut, diamkan selama 1-3 menit. Kemudian bilas rambut Anda dengan air dingin.
Jika Anda alergi terhadap cuka sari apel, hindari menggunakan produk tersebut.

2. Minyak kelapa
Cara mencairkan rambut lembut dengan minyak kelapa. Minyak kelapa mempertahankan protein rambut dengan asam laurat
Tahukah Anda bahwa manfaat minyak kelapa pada rambut dapat digunakan untuk merawat rambut lembut dengan bantuan bahan-bahan alami?

Asam laurat dalam minyak kelapa mudah diserap oleh rambut. Asam laurat dapat mencegah kerontokan protein rambut, terutama saat terkena sinar matahari atau jika Anda menggunakan pelurus rambut atau pengering rambut.
Yang perlu Anda lakukan adalah melumasi rambut dan kulit kepala Anda dengan minyak kelapa. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Nantinya, rambut Anda akan lebih lembut.

3. Minyak argan
Cara melarutkan rambut keriting dengan minyak argan. Minyak argan mencegah pertumbuhan rambut
Efek menguntungkan dari minyak argan pada rambut karena mengandung bahan alami dalam perawatan rambut lembut seperti kondisioner.

Berkat kandungan asam oleat dan linoleat dari minyak argan dan antioksidannya, seperti vitamin E, ia mampu mempertahankan dan menutrisi rambut.
Anda bisa mengoleskan minyak argan sebelum menyisir rambut. Biarkan kondisioner menyala dan Anda tidak perlu membilasnya sampai Anda menggunakannya terlalu banyak.

4. Alpukat
Cara merilekskan rambut kaku dan halus dengan alpukat. Kalium dan magnesium dalam alpukat membuat rambut halus. Alpukat juga bisa digunakan untuk merawat rambut lembut dengan bahan alami.

Manfaat alpukat untuk rambut lembut adalah karena kandungan kompleks biotin dan vitamin B. Alpukat juga mengandung potasium dan magnesium. Kedua bahan tersebut melindungi kutikula rambut dengan baik, menjadikannya halus, berkilau dan tidak mudah berjumbai.

Menggunakan alpukat, rambut dapat dilonggarkan dengan menghaluskan 1 ampas alpukat matang.
Kemudian campurkan dengan 2 sendok makan gel lidah buaya dan 2 sendok makan minyak kelapa. Aduk rata dan masker siap digunakan.

5. Madu
Madu dapat digunakan untuk mengendurkan rambut. Madu mengikat bahan-bahan yang berguna untuk rambut. Efek menguntungkan madu pada rambut dapat digunakan untuk membuat rambut lembut dan halus. Madu bertindak sebagai pengikat.

Artinya, jika Anda menggunakan bahan-bahan alami untuk mencegah rambut Anda mengembang, madu digunakan untuk mengikat bahan-bahan bergizi tersebut agar rambut Anda menyerapnya. Anda bisa memanaskan 2 sendok makan madu dan minyak kelapa secara bersamaan. Diamkan hingga dingin, lalu tambahkan telur yang sudah dikocok. Oleskan ke rambut selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air dingin.