10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda (Cycling Shoes) Terbaik

Rekomendasi Sepatu Bersepeda — Sepatu bersepeda dirancang khusus untuk meningkatkan performa bersepeda. Dibandingkan dengan sepatu olahraga tradisional, sepatu bersepeda menawarkan sejumlah fungsi dan mekanisme khusus untuk membawa pengalaman bersepeda ke tingkat berikutnya.

Ada banyak merek sepatu bersepeda, seperti Shimano, Santic dan Giro. Untuk menghindari kebingungan, lihat percakapan kami tentang memilih sepatu bersepeda yang tepat. Di akhir artikel, kami juga membuat sepuluh sepatu yang direkomendasikan. Ikuti sampai habis, ya!

Cara Memilih Sepatu Bersepeda

Rekomendasi Sepatu Bersepeda
Rekomendasi Sepatu Bersepeda

Setelah Anda yakin membutuhkan sepatu bersepeda, kini Anda dapat mengetahui aspek mana yang perlu dipertimbangkan saat memilih. Ini termasuk jenis stopper, kekakuan sol, ukuran, sistem penjepitan dan sistem ventilasi udara.

Sesuaikan Tipe Cleat dengan Pedal Sepeda Anda

Berhenti dapat dibagi menjadi empat jenis: SPD, Delta, SPD-SL dan non-stop. Pastikan sepatu yang Anda beli memiliki jenis penjepit pedal sepeda yang benar. Anda dapat menyesuaikannya dengan spesifikasi sepeda Anda atau memeriksa pedal secara langsung.

Perbedaan masing-masing jenis pinset adalah sebagai berikut:

  • SPD (sistem pedal Shimano). Ini adalah area kecil dua lubang steker. Klem ini dapat digantung di kedua sisi pedal. Biasanya digunakan pada sepeda gunung (MTB).
  • Delta. Tiga lubang yang lebih besar berhenti. Itu hanya bisa dipasang di satu sisi pedal. Biasanya digunakan untuk roadbike.
  • SPD-SL. Ini mirip dengan Delta karena memiliki tiga lubang dan hanya bisa dipakai di satu sisi pedal. Namun, implementasi keduanya tidak serta merta dapat dipertukarkan.
  • Non-cleat. Sepatu bersepeda yang tidak memiliki gesper. Ditujukan untuk pemula.

Pastikan Outsole-nya Kaku

Kami telah menjelaskan sebelumnya bahwa sol luar sepatu bersepeda yang kaku dan tahan lama menghasilkan transmisi daya yang lebih besar.

Karena itu, pastikan sol sepatu bersepeda yang Anda pilih memenuhi kriteria tersebut. Penting juga agar kaki Anda tidak merasakan sakit yang terkonsentrasi di satu titik (hotspot).

Kekakuan sol sepatu bersepeda bervariasi tergantung bahannya. Pada prinsipnya, semakin mahal produk, semakin kaku bahan dasarnya. Pada kelas entry level hingga intermediate, material yang umum digunakan adalah plastik dan nilon. Di kelas atas kami menemukan sol yang seluruhnya terbuat dari karbon.

Pilih Ukuran yang Pas dengan Kaki

Beberapa orang mungkin lebih nyaman memilih sepatu yang ukurannya lebih besar daripada ukuran sepatu yang pas dengan kakinya. Prinsip yang sama tidak boleh diikuti saat memilih sepatu bersepeda.

Ini karena sepatu bersepeda dirancang agar pas dengan kaki. Jika terlalu besar, kaki di dalam sepatu bisa bergerak dan menyebabkan lecet atau ketidaknyamanan lainnya.

Namun, jangan memilih potongan yang terlalu kecil. Pada dasarnya, hanya menyesuaikan ukuran sesuai dengan ukuran sepatu biasa, kecuali secara khusus ditunjukkan oleh produsen atau penjual.

Tali, Strap, atau Dial? Pilih yang Lebih Nyaman!

Ada tiga jenis sistem pengikat sepatu yang ada di pasaran, yaitu korset, tali pengikat (velcro) dan dial (BOA). Ketiganya sama-sama pandai menjaga sepatu tetap kencang, jadi Anda tinggal memilih yang menurut Anda paling nyaman.

Namun, jika Anda tertarik dengan penyesuaian yang mudah, Anda dapat memilih sepatu dengan tali dan klem. Berbeda dengan strap yang ikatannya harus dilonggarkan kemudian diikat kembali agar kencang kembali, strap dan dial tension bisa langsung disesuaikan.

Biar Tidak Gerah, Pastikan Sistem Ventilasinya Memadai

Bagi orang yang baru pertama kali memakai sepatu bersepeda, keluhan yang umum terjadi adalah kaki terasa panas. Untuk menghindari panas berlebih, pilih sepatu dengan ventilasi yang memadai. Ini memungkinkan udara segar masuk saat mengemudi dan membuat kaki Anda tetap sejuk.

Namun, perlu diperhatikan bahwa medan yang biasa Anda lalui juga harus dipertimbangkan saat mempertimbangkan sistem ventilasi Anda. Jika Anda bersepeda di jalan yang berlumpur atau basah, ventilasi yang terlalu terbuka justru akan membuat bagian dalam sepatu Anda lebih mudah kotor. Sebagai alternatif, Anda bisa memakai kaus kaki tahan air.

Ketahui Perbedaan Karakteristik antara Sepatu Road Bike dan MTB

Di pasaran, sepatu bersepeda dapat dibagi menjadi dua kategori berdasarkan jenis sepeda yang digunakan: sepatu bersepeda jalan raya dan sepatu MTB.

Meski sama-sama untuk bersepeda, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih jenis yang benar.

  • Road bike shoes. Dilengkapi dengan terminal Delta atau SPD-SL. Lebih keras, sol lebih kaku dan bobot yang lebih ringan untuk stabilitas dan transmisi daya tinggi. Hasilnya adalah sepatu yang tidak nyaman untuk dipakai berjalan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membawa sepasang sepatu jika ingin melakukan aktivitas lain setelah bersepeda.
  • MTB shoes. Biasanya dilengkapi dengan terminal SPD. Solnya tidak kaku seperti sepatu roadbike, sehingga kaki lebih nyaman. Ada juga bantalan di bawah sol untuk kenyamanan berjalan. Alhasil, Anda tidak perlu mengganti sepatu jika ingin melakukan aktivitas lain setelah bersepeda.

Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik

Apakah penjelasan kami di atas mudah dipahami? Jika sudah paham, Anda bisa langsung memilih produk yang ada di pasaran. Sebelum melanjutkan, Anda dapat melihat beberapa sepatu bersepeda yang kami rekomendasikan di bawah ini.

1. Shimano SH-RC300

sepatu untuk bersepeda
sepatu untuk bersepeda

Shimano SH-RC300 adalah sepatu bersepeda yang menyeimbangkan kenyamanan dan performa. Berkat sol yang masih sedikit fleksibel, kenyamanannya melebihi rata-rata sepatu bersepeda sejenis.

Anatomi Shimano Dynalast yang diterapkan di sini juga meminimalkan timbulnya kehilangan energi. Alhasil, Anda bisa terus mengayuh tanpa cepat lelah.

3 alasan untuk membeli produk:

  • Lampu.
  • Nyaman untuk pemula.
  • Desain yang fantastis.

2. Shimano SH-XC300

Shimano SH-XC300 adalah sepatu MTB berperforma tinggi. Transmisi daya yang baik memastikan bahwa tidak ada energi yang hilang dalam satu langkah.

Sol karet menjamin cengkeraman yang aman dan stabil bahkan saat berjalan. Hasilnya, Anda bisa turun dari sepeda dan melihat lebih dekat keindahan alam bersepeda Anda.

4 alasan untuk membeli produk:

  • Pengencangan yang mudah.
  • Tidak mudah tergelincir bahkan di permukaan basah.
  • Nyaman.
  • Cocok untuk balap off-road.

3. Santic York Men Road Cycling Shoes

sepatu untuk bersepeda
sepatu untuk bersepeda

Seperti yang dijelaskan di bagian pemilihan, sepatu bersepeda jalan bukanlah sepatu bersepeda yang nyaman untuk berjalan. Hal yang sama tidak berlaku untuk produk Santic ini.

Meski produk ini berjenis sama, namun cukup nyaman untuk diinjak berkat bantalan di bawah sol. Anda tidak perlu lagi khawatir memakai dua sepatu.

4 alasan untuk membeli produk:

  • Pengencangan yang mudah.
  • Desain yang fantastis.
  • Baik untuk penggunaan jalan.
  • Nyaman.

4. Santic Diana Women Road Cycling Shoes

Secara umum, wanita memiliki kaki yang lebih ramping daripada pria. Oleh karena itu, yang terbaik bagi pengendara sepeda wanita untuk memilih sepatu bersepeda yang dirancang untuk wanita. Misalnya, ini adalah produk Santic.

Tidak hanya itu, sepatu ini juga bukan tipe penutup. Tanpa klip, pengendara sepeda wanita pemula dapat memakainya dengan lebih nyaman. Selain itu, sistem pengikat Velcro juga meningkatkan kepraktisannya.

3 alasan untuk membeli produk:

  • Ini keren berkat banyak asupan udara.
  • Sistem pengukurannya lebih akurat dibandingkan kaki wanita.
  • Harga bersaing.

5. Fizik Tempo Overcurve R5

Fizik Overcure R5 adalah sepeda jalan raya dengan anatomi yang dirancang untuk membuat bersepeda nyaman sepanjang hari. “Overcure” dalam namanya mengacu pada desain khusus yang bisa mengikuti bentuk pergelangan kaki. Desainnya yang cerdas membuat pengalaman bersepeda menjadi lebih nyaman.

3 alasan untuk membeli produk:

  • Sangat nyaman.
  • Desain bergaya dan bergaya.
  • Lampu.

Kesimpulan Rekomendasi Sepatu Bersepeda 

Apakah Anda siap untuk sepatu bersepeda baru Anda? Yang jelas, sebelum menghubungi penjual, pastikan untuk mempertimbangkan pertimbangan yang dituangkan di bagian pemilihan.

Bagi yang masih pemula dan masih awam, kami sarankan untuk memilih sepatu MTB saja. Karena pakaian berjalan yang nyaman sangat memudahkan perjalanan. Saya harap Anda akan segera menemukan sepatu bersepeda yang tepat!