Rekomendasi Aplikasi Remote PC Gratis dan Aman

Rekomendasi Aplikasi Remote — Akses jarak jauh atau aplikasi komputer jarak jauh memungkinkan Anda mengakses komputer rumah atau kantor dari lokasi lain. Anda juga dapat mengizinkan orang lain untuk mengakses beberapa atau semua file Anda seolah-olah mereka benar-benar duduk di depan komputer Anda, bukan di tempat lain. Beberapa aplikasi jarak jauh bahkan disesuaikan untuk penggunaan pribadi, sementara yang lain, dengan protokol keamanan yang terperinci dan kompleks, lebih cocok untuk lingkungan perusahaan.

Remote PC Remote sendiri adalah perangkat lunak atau layanan yang mengizinkan lingkungan desktop sistem lokal untuk berjalan dari jarak jauh pada satu sistem saat sebenarnya berada di sistem lain. Kata di sini mengacu pada koneksi lokal. Sederhananya, aplikasi komputer jarak jauh ini membantu pengguna untuk mengakses mesin pengguna lain di sistem lokal mereka melalui perangkat lunak di jaringan yang sama untuk tujuan bisnis apa pun seperti berbagi desktop, kendali jarak jauh, transfer file, dll.

Selain digunakan secara luas oleh meja bantuan organisasi untuk memecahkan masalah pelanggan, ini menghemat waktu dan mengurangi kerumitan, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan. Berikut adalah beberapa kiat aplikasi desktop jarak jauh yang dapat Anda gunakan dan unduh secara gratis saat aman.

Memahami Apa Itu Aplikasi Remote PC

Perangkat lunak atau aplikasi akses jarak jauh memungkinkan komputer untuk melihat atau mengontrol komputer lain, tidak hanya melalui jaringan, tetapi dari mana saja di dunia. Anda dapat menggunakannya untuk masuk ke komputer klien Anda dan menunjukkan kepada mereka cara menjalankan program atau memperbaiki kesalahan. Plus, Anda bahkan dapat menggunakannya untuk mengundang teman atau pelanggan untuk memeriksa desktop Anda saat Anda menjalankan demo untuk mereka.

Anda dapat menggunakan layar sebagai papan tulis sementara, menggambar garis dan lingkaran untuk membantu teman atau pelanggan Anda memahami apa yang Anda lakukan di komputer atau mesin Anda. Aplikasi akses jarak jauh memungkinkan Anda untuk mentransfer file antara dua mesin tanpa menggunakan email atau layanan berbagi file. Anda juga dapat menggunakan akses jarak jauh untuk mencetak file yang disimpan di komputer orang lain ke printer yang terhubung ke komputer Anda.

Kerabat Anda yang paham teknologi mungkin menggunakan perangkat lunak akses jarak jauh untuk mengakses komputer Anda sehingga mereka dapat memperbaikinya atau menghapus malware. Jauh lebih mudah untuk mengambil kemudi sendiri daripada mencoba berbicara dengan seseorang melalui proses pemecahan masalah komputer. Dengan bantuan rekan teknologi tinggi Anda, mereka dapat bekerja sama dalam proyek yang kompleks secara real time, melalui obrolan teks, atau berkolaborasi dengan beberapa aplikasi dan suara.

Rekomendasi Aplikasi Remote PC Gratis

Memilih aplikasi komputer jarak jauh bisa jadi agak sulit bagi pemula. Tetapi inti dari komputer jarak jauh adalah untuk dapat mengakses dan mengelola satu atau lebih komputer dari perangkat lain. Akses jarak jauh dimungkinkan melalui jaringan lokal dan Internet, yang berarti bahwa dengan perangkat lunak yang tepat, siapa pun dapat mengakses perangkat apa pun, di mana pun di dunia. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin ingin Anda pertimbangkan:

1. Chrome Remote Desktop

sebagai salah satu penawaran koneksi desktop jarak jauh dasar gratis, tetapi aplikasi ini dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan nyaman. Satu-satunya persyaratan adalah Anda harus memiliki Chrome di komputer Anda (klien) dan komputer yang Anda akses dari jarak jauh (host).

Opsi ini berfungsi melalui plugin yang diinstal. Dengan membuat PIN unik, Anda dapat masuk ke host itu sendiri dan memeriksanya dengan masuk ke Chrome di sisi klien. Anda juga dapat masuk ke host meskipun Chrome tidak berjalan atau jika Anda tidak masuk ke akun Anda dengan fungsi yang agak terbatas. Tidak ada opsi obrolan jika Anda perlu berkomunikasi dengan cepat dengan seseorang di sisi lain, dan platform saat ini tidak mendukung berbagi file, jadi opsi ini lebih cocok untuk pemula.

2. Microsoft Remote Desktop

Terlepas dari aplikasi dasarnya, Microsoft Remote Desktop mirip dengan Chrome dan menawarkan fungsionalitas dasar yang berguna jika Anda adalah tipe pengguna tertentu. Tetapi itu juga mencakup sejumlah batasan yang mungkin bukan pilihan terbaik untuk semua orang. Platform gratis yang disediakan oleh Microsoft memungkinkan Anda untuk mengakses PC Windows dari jarak jauh dari komputer Windows lainnya, ponsel, perangkat, dan komputer Mac.
Namun, perhatikan bahwa Anda tidak dapat masuk ke Mac dari PC Windows. Dengan Microsoft Remote Desktop, Anda dapat bekerja dengan versi Windows apa pun yang dimulai dengan Windows 7, selama Anda menjalankan Enterprise, Ultimate, atau Professional. Itu tidak meminta izin untuk terhubung ke komputer Anda, yang merupakan nilai tambah, tetapi tidak mendukung berbagi file dan tidak menawarkan banyak dukungan TI.

3. Rekomendasi Aplikasi Remote Mikogo

Apakah Anda mencari alat desktop jarak jauh yang memungkinkan Anda berbagi desktop dengan sebanyak mungkin peserta, dengan kualitas yang lebih baik? Jika demikian, Mikogo adalah pilihan terbaik untuk Anda. Pergantian speaker, remote control, papan tulis, berbagi file, dan perekaman sesi adalah beberapa fitur luar biasa yang ditawarkan Mikogo kepada penggunanya. Jadi, jika Anda mencari alat berbagi layar yang lengkap, Mikogo layak untuk dicoba.

4. Splashtop

Dengan lebih dari 15 juta pengguna di seluruh dunia, Splashtop adalah salah satu alat desktop jarak jauh terbaik dalam rekomendasi ini. Apa yang membedakan remote ini dari yang lain adalah kecepatan refresh layar dan kemampuan streaming audio / video yang mengesankan. Jika Anda bekerja di industri pendidikan, ada versi khusus yang dapat menghidupkan kelas Anda dan ada pilihan lain yang berbeda untuk penggunaan pribadi, bisnis, dan perusahaan.

5. pcAnywhere

Sebuah produk dari merek keamanan Internet Symantec yang terkenal, pcAnywhere memungkinkan Anda mengakses dan mengontrol komputer lain dari jarak jauh dari komputer Anda. Di sini, Anda dapat mengambil dokumen, melihat data yang diarsipkan, dan bahkan memecahkan berbagai masalah dari jarak jauh melalui koneksi satu-ke-satu yang aman. pcAnywhere sangat mudah digunakan dan mendukung banyak sistem operasi dan platform termasuk Windows, Linux, Mac dan MS Pocket PC.

6. TightVNC

Virtual Network Computing (VNC) adalah sistem berbagi desktop grafis yang menggunakan protokol buffer bingkai jarak jauh untuk mengontrol komputer lain dari jarak jauh. TightVNC menggunakan sistem ini untuk menyediakan layanan manajemen desktop jarak jauh tingkat tinggi. Berkat dukungannya yang memadai untuk beberapa sistem operasi, alat desktop jarak jauh ini sangat populer di kalangan pengguna bisnis dan manajer TI. Jika Anda mencari paket perangkat lunak remote control gratis, ini adalah salah satu opsi terbaik.

7. TeamViewer

Selanjutnya adalah aplikasi, tersedia dalam versi premium dan gratis, TeamViewer adalah alat kolaborasi online yang cukup mengesankan yang digunakan untuk rapat virtual dan berbagi presentasi. Ini menyediakan fitur seperti akses penuh waktu ke komputer dan server jarak jauh, pertemuan online dengan dukungan hingga 25 peserta, dan banyak fitur berguna lainnya. Selain itu, presentasinya sangat sederhana dan intuitif. Jika Anda seorang pengusaha yang merencanakan pertemuan atau sesi pelatihan online, TeamViewer mungkin merupakan pilihan yang baik.

Manfaat Manajer Remote PC untuk Desktop

Ada banyak perangkat lunak akses jarak jauh yang tersedia di pasaran, beberapa di antaranya adalah beberapa aplikasi yang disarankan di atas. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun secara umum, kelebihan remote control PC untuk komputer desktop adalah:

  • Keuntungan dari teleworking adalah memvirtualisasikan konsep, sehingga meningkatkan produktivitas karyawan.
  • Perangkat lunak koneksi desktop jarak jauh menawarkan perlindungan data dan informasi yang hebat karena ada tim yang melindungi server dari kerentanan keamanan.
  • Penghematan biaya meningkat karena bisnis tidak perlu berinvestasi dalam server atau karyawan baru.
  • Akses mudah ke data di seluruh dunia dalam hitungan menit, meningkatkan produktivitas.
  • Mengelola akses untuk tim Anda kini menjadi jauh lebih mudah.

Kesimpulan Rekomendasi Aplikasi Remote 

Perangkat lunak akses jarak jauh mudah digunakan. Penginstalan biasanya tidak lebih dari beberapa menit, dan Anda biasanya perlu menginstal perangkat lunak di komputer atau perangkat lain yang ingin Anda gunakan untuk mengakses komputer jarak jauh. Banyak program juga perlu diinstal pada komputer jarak jauh, sementara yang lain terhubung melalui tautan web atau kode sandi. Beberapa versi Windows memiliki perangkat lunak desktop jarak jauh bawaan, tetapi alat pihak ketiga sering kali bekerja jauh lebih baik dan menyertakan lebih banyak fitur.

Tentu saja, ini bisa menjadi sangat penting jika Anda ingin menggunakan perangkat lunak secara teratur. Perangkat lunak desktop jarak jauh terbaik memiliki banyak kegunaan populer lainnya. Misalnya, Anda dapat mengelola tugas-tugas kompleks dari laptop dengan menghubungkan dari jarak jauh ke komputer yang lebih canggih. Selain itu, staf pendukung TI secara teratur menggunakan program akses jarak jauh untuk memeriksa komputer klien dan memecahkan masalah potensial.