apa itu csr
apa itu csr

Mengenal Apa Itu Corporate Social Responsibility (CSR), Manfaat dan Jenisnya

Orang-orang yang bekerja di perusahaan kecil dan besar tentu tidak asing lagi dengan istilah CSR atau Corporate Social Responsibility, yang merupakan alat perusahaan terhadap komunitas sosial yang ada di sekitarnya. Program ini biasanya dilakukan untuk memberikan gambaran tentang kemajuan dan perkembangan perusahaan.

Sudah menjadi hal yang lumrah saat ini untuk mencoba mengembangkan rencana yang berfokus pada tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan berkelanjutan. Langkah-langkah CSR mengintegrasikan aspek lingkungan dan sosial ke dalam kegiatan perusahaan. Mereka fokus pada gagasan bahwa bisnis dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Paling tidak, perusahaan berusaha mengurangi jejak negatif mereka di dunia, dan ide ini biasanya datang dari para pemimpin bisnis yang ingin membantu masyarakat. Perusahaan dengan program CSR yang kuat juga mendapat manfaat dari PR yang lebih baik, pelanggan dan pemangku kepentingan yang lebih bahagia, dan, tentu saja, kinerja keuangan yang lebih baik.

Apa Itu CSR (Corporate Social Responsibility)

Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) adalah sebuah konsep di mana perusahaan memiliki tanggung jawab yang berbeda, termasuk semua pemangku kepentingan, seperti konsumen, karyawan, pemegang saham, masyarakat dan lingkungan, dalam semua aspek operasional, termasuk aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

Oleh karena itu, CSR erat kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan, yaitu dalam segala aktivitasnya, organisasi bisnis harus mengambil keputusan yang tidak hanya berdampak ekonomi (laba atau dividen), tetapi juga harus memperhitungkan dampak sosial dan lingkungan. pada efek jangka pendek dan jangka panjang dari keputusan yang dihasilkan.

4 Jenis CSR Yang Bisa Dilakukan Oleh Perusahaan

apa itu csr
apa itu csr

Setelah menyadari pentingnya upaya tanggung jawab sosial bagi pelanggan, karyawan, dan semua pemangku kepentingan, banyak perusahaan telah berfokus pada beberapa kategori luas CSR, beberapa di antaranya adalah:

  • Upaya lingkungan

Suatu tujuan yang biasanya mencapai tujuan utama adalah tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sekitar dan dunia pada umumnya. Sebuah perusahaan, terlepas dari ukurannya, memiliki jejak karbon dan setiap langkah yang diambil untuk menguranginya dianggap positif bagi citra perusahaan dan masyarakat.

  • Filantropi

Salah satu cara perusahaan mempraktikkan dan menunjukkan tanggung jawab sosial mereka adalah dengan menyumbangkan uang, produk, atau layanan untuk tujuan sosial dan nirlaba. Perusahaan besar biasanya memiliki banyak sumber data yang dapat bermanfaat bagi program amal dan komunitas di sekitarnya. Bisnis pertama-tama harus berkonsultasi dengan organisasi-organisasi ini tentang kebutuhan spesifik mereka sebelum perusahaan mengucurkan dana.

  • Praktek kerja etis

Perusahaan harus selalu memperlakukan karyawannya secara adil dan etis, sehingga perusahaan akan melihat Anda sebagai seseorang yang telah menunjukkan tanggung jawab sosial. Hal ini terutama berlaku untuk perusahaan yang beroperasi di lokasi internasional di mana hukum perburuhan berbeda dari negara masing-masing.

  • Volunter atau sukarelawan

Bisnis dapat menunjukkan niat baik mereka dengan menghadiri acara sukarela dan melakukan perbuatan baik tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Juga baik bahwa perusahaan berbagi keprihatinan mereka tentang isu-isu tertentu dan komitmen mereka untuk organisasi tertentu.

Baca Juga  Hati-hati! Tawaran Investasi Bodong Makin Marak saat Ramadhan

Manfaat- manfaat Program CSR

Setelah mengetahui pengertian CSR, berikut ini adalah keunggulan program CSR.

1. Untuk lingkungan hidup

Isu lingkungan semakin penting dalam hal program CSR, perubahan iklim dan masalah mereka sendiri seperti perubahan cuaca ekstrim, kenaikan permukaan laut atau bencana yang menyebabkan perpindahan.

Oleh karena itu, perusahaan dengan program CSR tahu betul betapa pentingnya membantu melindungi manusia, keanekaragaman hayati, dan jasa ekosistem. Tidak jarang banyak perusahaan memasukkan isu lingkungan ke dalam sistem manajemen internal burung merak untuk mengurangi konsumsi sumber daya, pengelolaan limbah, dan penggunaan energi yang lebih efisien.

Berikut beberapa contoh manfaat CSR lingkungan:

  • Implementasi program untuk mengurangi konsumsi kertas perusahaan.
  • Penggunaan sistem digitalisasi.
  • Pengembangan rencana perjalanan bisnis untuk mempromosikan transportasi yang tidak menimbulkan polusi.
  • Tinjauan rantai perusahaan yang bertanggung jawab atas 90% pencemaran lingkungan.
  • Menggunakan produk ramah lingkungan yang dapat digunakan kembali atau didaur ulang
  • Mengembangkan rencana untuk mengurangi konsumsi energi dan menggunakan energi terbarukan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

2. CSR dan masalah- masalah social

Pada saat yang sama, perusahaan tidak dapat dipisahkan dari bagaimana seharusnya mempertimbangkan untuk membantu pengembangan masyarakat. Ini termasuk karyawan mereka dan mereka yang bekerja dalam rantai nilai perusahaan, manfaat CSR dalam masalah sosial, seperti yang ditunjukkan pada contoh di bawah ini:

  • Membangun etika anti korupsi dan membangun sistem pemerintahan yang baik.
  • Tetapkan rantai pasokan yang etis, seperti mempekerjakan anak di bawah umur atau membayar upah yang tidak biasa atau adil.
  • Tingkatkan kompensasi karyawan perusahaan Anda dengan berbagai program yang menguntungkan.
  • Integrasi CSR ke dalam strategi sumber daya manusia.
  • Penetapan program pencegahan dan kesehatan dan kesejahteraan di tempat kerja.
  • Hal ini memungkinkan karyawan untuk berbagi cerita pribadi mereka, berbagi keterampilan, pengetahuan dan waktu mereka secara bebas.
  • Meningkatkan ergonomi karyawan di tempat kerja.
  • Meningkatkan kesadaran konsumen terhadap konsumsi yang bertanggung jawab.
  • Bantuan keuangan, dukungan untuk asosiasi sosial atau organisasi sipil.
  • Berpartisipasi dalam program inklusi lokal atau lokal.
  • Ikut serta dalam program kemanusiaan.
Baca Juga  Keuntungan menjadi reseller Jersey Bharashakti

Kesimpulan

Meskipun fokus utama perusahaan adalah fokus pada pengembangan dan keuntungan, banyak juga kasus di mana penting bagi mereka (perusahaan) untuk tetap menjadi warga korporat yang baik. Hal ini karena ada bukti bahwa komitmen terhadap tanggung jawab sosial perusahaan sebenarnya dapat berpengaruh positif terhadap keuangan perusahaan.

Investor dapat mengambil keputusan berdasarkan apakah perusahaan mewakili nilai-nilai yang sama dan dapat mengevaluasi kesejahteraan perusahaan secara keseluruhan berdasarkan komitmennya terhadap program CSR. Jika Anda ingin meningkatkan tanggung jawab sosial perusahaan atau bisnis Anda dan mengurangi jejak karbon Anda, atau jika Anda ingin berinvestasi di perusahaan yang memiliki program CSR, pelajari dulu profil dan program yang termasuk dalam daftar CSR, yang tentu saja memiliki banyak poin seperti keberlanjutan dan keberlanjutan investasi yang bertanggung jawab.

Program CSR sendiri dapat diimplementasikan dalam berbagai bentuk dan tujuan, tidak hanya dalam kegiatan sosial, karena bersifat luas dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun terdengar sulit dan membutuhkan banyak sumber daya anggaran, setiap perusahaan memiliki dana tersendiri dan pemerintah juga telah mengesahkan undang-undang tentang CSR.

Sederhananya, setiap CSR merupakan ajang dimana perusahaan mencari nama dan citra baik di hati masyarakat agar produknya dikenal lebih luas.