Cara Penyerbukan Bunga Mawar

Cara Penyerbukan Bunga Mawar

 

Cara penyerbukan pada bunga mawar dilakukan dengan cara penyerbukan Entomofili (enthomophilie) yakni sebuah proses penyerbukan pada bunga yang dibantu oleh serangga, seperti kupu-kupu.

Umumnya, bunga mawar memiliki bunga dengan jumlah helai 5 mahkota, kecuali pada bunga mawar jenis Rosa sericea yang hanya memiliki 4 mahkota. Bunga mawar termasuk ke dalam golongan bunga sempurna atau hermaprodit, dimana bunga ini memiliki putik dan benang sari dalam satu bunga. Bunga ini juga termasuk ke dalam jenis bunga lengkap karena memiliki seluruh bagian-bagian bunga, seperti kelopak, mahkota, benang sari, dan putik.
  • Bunga mawar yang telah siap melakukan penyerbukan akan memperlihatkan ciri-ciri tertentu. Ciri-ciri tersebut antara lain, sebagai berikut:
  • Bunga mawar dewasa, dimana serbuk sari dan putik telah terbentuk secara sempurna.
  • Bunga mawar yang telah mengeluarkan aroma khas dan menyebar.
  • Bunga mawar yang di dekatnya banyak terbang serangga, seperti lebah dan kupu-kupu.
  • Bunga mawar yang memiliki kelopak bunga yang besar.
Seperti apa proses penyerbukan pada bunga mawar? Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang cara bunga mawar melakukan penyerbukan. Semoga setelah membaca uraian ini, pembaca bisa mengetahui proses penyerbukan yang dilakukan bunga mawar ini.

Adapun apabila berhasil melakukan penyerbukan entomifili maka akan didapatkan bunga mawar yang sempurna dan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki mahkota yang indah dan ukurannya cukup besar
  2. Memiliki aroma yang harum atau wangi
  3. Memiliki mahkota yang berwarna merah atau putih
  4. Mengandung mawar pada bunganya