Hal Menyebabkan Terjadinya Kepunahan Hewan

Hal Menyebabkan Terjadinya Kepunahan Hewan–Melindungi hewan dan tumbuhan dari kepunahan adalah tanggung jawab manusia. Tahukah kamu hal apa saja yang dapat menyebabkan hewan dan tumbuhan punah? Simak penyebab kepunahannya di bawah ini! Dampak asteroid Jutaan tahun yang lalu, sebelum manusia ada, hewan besar seperti dinosaurus dan pohon purba besar hidup di permukaan bumi. Laboratorium Propulsi Jet NASA melaporkan bahwa 65 juta tahun yang lalu,

Bumi ditabrak oleh asteroid besar dan menyebabkan kepunahan massal di Bumi. Sekitar 70 persen spesies di Bumi punah saat asteroid menghantam, salah satunya adalah dinosaurus. Tumbukan asteroid tersebut menimbulkan banyak debu yang menyebar ke seluruh atmosfer bumi. Debu menutupi bumi dari sinar matahari untuk waktu yang lama, akibatnya organisme yang tidak terpengaruh mati dan punah.

Perubahan Iklim

Lihat Foto Beruang Kutub Kelaparan(livescience) Pemanasan global dapat menyebabkan perubahan iklim di Bumi. Satu belahan Bumi akan mudah banjir sedangkan belahan Bumi lainnya mengalami kekeringan. Perubahan iklim akibat pemanasan global juga meningkatkan aktivitas badai tropis. Badai tropis dapat membunuh fitoplankton dan hewan. Jika terus-menerus terjadi akan mengakibatkan kepunahan makhluk hidup yang terkena dampaknya.

Pembahasan

Apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya kepunahan hewan yaitu bencana alam dan penyebab aktivitas manusia. Penyebab alam seperti kebanjiran, gunung meletus dan kebakaran hutan. Aktivitas manusia juga dapat menyebabkan kepunahan pada hewan yaitu :

  1. Perubahan hutan menjadi tempat pemukiman, pertanian, pertambangan,pabrik, dan jalan raya. Pembukaan hutan ini secaraotomatis  akan  mengurangi keanekaragaman  hayati  karena  hutan  yang merupakan rumah bagi jutaan organisme menjadi lenyap.
  2. Perburuan liar, penangkapan ikan dengan menggunakan pukat harimau, penangkapan ikan dengan bom, dan perusakan terumbu karang  merupakan  kegiatan-kegiatan manusia yang secara langsung dapat merusak keanekaragaman  hayati.
  3. Industrialisasi, selain  menyebabkan  polusi,  juga mengambil  lahan  yang  cukup  besar untuk aktivitas manusia sehingga mengurangi habitat hewan dan tumbuhan.

Jadi, penyebab terjadinya kepunahan pada hewan yaitu bencana alam dan aktivitas manusia seperti perubahan hutan menjadi tempat pemukiman, perburuan liar, dan industrialisasi.