Cara Melindungi Cata Privasi Agar Terhindar Dari Hacker

Gunakan VPN

Kebiasaan bekerja atau belajar dari luar memang digemari anak muda. Guna memudahkan proses tersebut, terhubung ke WiFi publik dari solusinya. Agar tetap aman selama berselancar di internet menggunakan WiFi publik, ada baiknya kamu menggunakan VPN.

Biasanya VPN dilakukan dalam menggunakan aplikasi, dimana data dienkripsi oleh aplikasi, kemudian dikirimkan melalui ISP sebelum akhirnya ke server VPN. Cara ini sangat aman karena data kamu akan terhindari dari serangan hacker.

Perbarui Sistem Operasi Secar Berkala

Kamu yang merasa malas untuk memperbaharui sistem operasi, ada baiknya mulai sekarang mulai rajin. Sistem operasi wajib diperbaharui secara berkala agar perangkat kamu terhindar dari serangan virus, karena lewat update terjadi pembaharuan sistem operasi yang lebih baik lagi.

Baca juga : Memahami pentingnya perlindungan data pribadi di era digital

Memasukkan data pribadi saat download aplikasi atau hal lain memang sudah jadi kebiasaan yang tidak bisa dipisahkan dari era digital dalam kegiatan daring, sehingga kamu perlu memerhatikan beberapa tips di atas agar data pribadi kamu tetap aman dan tidak disalah gunakan oleh hacker.

Mengurangi digital footprint

Agar mengurangi rekam jejak digital, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Langkah pertama dan mudah untuk dilakukan dengan menjadikan media sosialmu private. Sehingga dengan begitu kamu bisa mengontrol circle pertemanan kamu dengan benar.Kemudian cobalah untuk Unsubcribe email yang tidak kamu inginkan.

Pasti ada banyak email notifikasi, entah itu dari media sosial atau aplikasi ecommerce yang kamu gunakan. Selain agar tidak menumpuk, mulailah untuk meng-unsubcribe email yang dirasa tidak diperlukan agar mengurangi digital footprint

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli