Cara Melindungi Cata Privasi Agar Terhindar Dari Hacker

Liputanberitaku.com — Di era digital privasi data harus dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Perusahaan besar seperti Facebook hingga Google, begitu paham tentang pentingnya memiliki data pengguna yang tidak hanyak banyak, tapi juga benar. Sehingga kamu perlu lebih waspada dalam memasukkan data pribadi. Mengutip The Conversation

Setidaknya 90% dari responden mengaku dengan mudah memasukkan informasi data pribadi berupa nama ke aplikasi, sedangkan 79% mudah memberikan informasi berupa tempat dan tanggal lahir, bahkan 65% respon lainnya dengan sukarela memasukkan alamat pribadi mereka.

Padahal tidak semua aplikasi mampu terhindar dari serangan hacker. Bocornya 91 juta data pengguna Tokopedia yang dijual dalam akun dark web jadi salah satu contoh, bahwa perusahaan besar sekali pun tidak bisa lepas dari serangan hacker.

Baca juga : Memahami pentingnya perlindungan data pribadi di era digital

Lantas bagaimana cara melindungi data privasi yang bisa kamu lakukan? Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan dikutip dari Kaspersky.

Gunakan otentikasi dua faktor

Sebagai contoh saat kamu menggunakan aplikasi untuk melakukan transaksi, ada baiknya kamu menerapkan metode otentikasi dua faktor, dimana kode tersebut dikirim lewat SMS. Tujuan dari otentikasi dua faktor ini untuk melindungi akunmu dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Tidak mendownload aplikasi sembarang

Sebelum memutuskan untuk men-download aplikasi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Mulailah download dari situs yang terpercaya, pastikan pengembang terverifikasi, dan baca ulasan yang ada dari beberapa sumber. Tujuannya agar aplikasi yang kamu download tidak menyalahgunakan data untuk kepentingan yang negatif.