Cara Membuat Akun Google Scholar dengan Mudah

Di tingkat mahasiswa, akademisi dan fakultas tentunya sudah tidak asing lagi dengan Google Scholar. Aplikasi Google Schoolar menurut definisi adalah layanan yang memungkinkan Anda mencari referensi dalam literatur ilmiah. Misalnya jurnal ilmiah dari berbagai disiplin ilmu. Google Scholar adalah salah satu aplikasi terbaik di bawah naungan perusahaan mesin pencari terbesar, Google. Fitur ini menyediakan literatur ilmiah berupa jurnal dan artikel akademik yang diterbitkan oleh penulis dan berbagai disiplin ilmu. Salah satu keunggulan Google Scholar adalah hanya menyediakan hasil pencarian berupa artikel akademik dan jurnal. Untuk membuat pencarian rujukan lebih efektif karena diperlukan.

Kumpulan artikel dan jurnal ilmiah Google Cendekia bersifat komprehensif dan relevan sebagai dasar penelitian ilmiah. Yang terpenting, semuanya gratis. Mempelajari Panduan Google Cendekia adalah langkah besar untuk menemukan saran berkualitas tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Sebagai permulaan, jangan khawatir tentang kesulitan masuk ke aplikasi. Google Cendekia cukup mudah diakses dengan kata kunci selama alur kerja. Proses pencarian tidak memakan waktu lama, sepersekian detik berikutnya Google Cendekia sudah menawarkan hasil pencarian. Google Cendekia akan memberikan saran dari sumber tepercaya.

Cara Membuat Akun Google Scholar

Meskipun masuk ke Google Cendekia relatif mudah, banyak orang masih belum tahu cara membuat akun Google Cendekia.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah dan cepat membuat akun Google Cendekia sehingga pemilik akun dapat menyetujui publikasi publikasi ilmiah yang telah selesai selain login. Setidaknya Anda dapat melakukan ini sekarang untuk mempermudah pengeposan di masa mendatang. Berikut langkah-langkahnya:

1. Persiapan dari Membuat akun Email

Cara pertama untuk membuat akun Google Cendekia adalah dengan membuat akun email. Meskipun lebih mudah untuk mempertimbangkan akademis, disarankan agar Anda menggunakan email dengan domain. Misalnya, pendidik menggunakan alamat email pribadi yang terdaftar di universitas pendidikan agar lebih formal dan dapat dipercaya.

2. Mulai Membuka Akun di Google Scholar

Langkah selanjutnya dalam membuat akun Google Cendekia setelah membuat email adalah pergi ke Google Cendekia dan klik tombol “Akun Saya” di pojok kanan atas. Ini akan memungkinkan Anda untuk menemukan halaman pengaturan profil.

3. Mengisi Profil Data Diri

Setelah Anda menemukan akun profil Anda, cara membuat akun Google Cendekia selanjutnya adalah dengan mengisi kolom data dengan benar dan tepat. Informasi ini mencakup nama lengkap Anda, nama agensi, alamat email universitas, dan lain-lain. Setelah mengisi informasi, klik tombol “Jadikan profil saya publik” untuk membuat karya tulis tersedia bagi banyak orang.

 4. Tulis Data Diri dengan Lengkap

Saat Anda mengetik, Anda akan dibawa ke halaman profil lengkap, jadi harap lengkapi profil sesuai kebutuhan. Misalnya, mengunggah foto profil atau informasi lainnya. Jika Anda berencana untuk belajar, Anda dapat membuat foto resmi lebih otentik.

Panduan Google Scholar Agar Maksimal dalam Pencarian

  • Pastikan untuk memasukkan kata kunci tertentu saat mencari jamur tiram. Jadi jangan hanya menulis “jamur tiram” tapi “isi jamur tiram”. Semakin spesifik, semakin sesuai rekomendasinya.
  • Gunakan Pencarian Lanjutan untuk memfilter hasil pencarian yang lebih akurat dari Google Cendekia.
  • Jika Anda menemukan banyak link yang relevan, pilih bookmark dengan mengklik gambar bintang untuk menandai artikel. Ini akan memudahkan untuk menemukannya tanpa harus mengingat kata kunci yang Anda masukkan kemarin.
  • Manfaatkan Kutipan Cepat Google Cendekia, yang memudahkan penyalinan teks untuk mendapatkan lebih banyak tautan langsung.

Itulah empat cara membuat akun Google Cendekia yang baik dan benar untuk mencapai potensi belajar yang baik. Selain mencari link, Anda juga bisa mengunggah karya pribadi untuk diterima masyarakat umum.