Cara Daftar Google Scholar ID dan Pengertiannya

Bagi mereka yang tidak tahu cara mendaftar dengan ID Google Cendekia, kami akan menunjukkan panduan langkah demi langkah ini dengan cara yang sederhana dan terperinci. Akademisi seperti guru, pendidik, dan siswa sepertinya sudah tidak asing lagi dengan Google Cendekia ini. Perlu Anda ketahui juga bahwa mendaftar di Google Cendekia tidaklah sulit.

Namun, masih ada yang belum tahu cara mendaftar Google Cendekia. Sebelum kita langsung ke intinya, mari kita lihat dulu Google Cendekia.

Apa Itu Google Scholar (Google Cendikia) ?

Google Cendekia, sering disebut sebagai “Google Cendekia”, adalah alat untuk mengindeks karya akademis yang diterbitkan.

Nah, Google Scholar sendiri sering dijadikan sebagai acuan oleh para pendidik dan peneliti untuk hasil karya ilmiahnya. Google Scholar juga dapat digunakan untuk referensi atau sumber referensi yang mempermudah penulisan artikel akademik. Menariknya, alat pengindeksan karya ilmiah bernama SINTA oleh Menristekdikti saat ini mulai memperhitungkan H-index Google Scholar bukan Scopus.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa jika ingin meningkatkan indeks SINTA H, Anda dapat memasukkan semua hasil karya ilmiah yang sebelumnya dipublikasikan di Google Cendekia. Terlepas dari semua ini, banyak peneliti dan pendidik masih belum memiliki akun Google Cendekia. Mungkin ada yang belum mengetahui manfaatnya.

Dan ironisnya, ada yang sudah mengetahui manfaatnya namun tidak pernah mendaftar akun Google Cendekia. Padahal, hanya butuh lima menit untuk mendaftar. Sebelum Anda membuat akun Google Cendekia, Anda harus mempersiapkan beberapa hal penting tentang mendaftar. Lihat ke bawah!

Persiapan Sebelum Mendaftar Akun

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan sebelum mendaftar Google Cendekia adalah alamat email terverifikasi dengan ekstensi or.id, org, atau ac.id. Email dengan ekstensi ini merupakan syarat mutlak yang tidak bisa lagi dibagikan. Email tidak seperti Gmail, yang dapat Anda buat sendiri. Jadi Anda harus bertanya pada agensi tempat Anda bekerja. Jika berhasil, lanjutkan dengan langkah-langkah pendaftaran.

Cara Mudah Daftar Akun Di Google Scholar ID

Berikut langkah-langkahnya:

  • Sebagai langkah awal, kunjungi https://scholar.google.co.id/
  • Lihat di pojok kanan atas, lalu klik “Buat Akun”.
  • Isi semua kolom yang tersedia dengan data yang valid
  • Kemudian pilih “Jadikan profil saya publik”.
  • Nah, di sini Anda hanya perlu menambahkan foto dan latar belakang ke profil Anda

Cara Menggunakan Google Scholar

Setelah Anda berhasil mendaftar akun Google Cendekia, langkah selanjutnya adalah mempublikasikan publikasi ilmiah Anda. Anda harus membuat artikel di sini yang ingin Anda posting.

Jika demikian, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Saat menambahkan artikel untuk pertama kalinya, klik “Tambah”.

Karena itu, akan ada tiga pilihan.

-Pilihan pertama “Add Article Groups”,

-Opsi Ke-2 “Add Articles”

-Pilihan Ke-3 “Add Article Manually”

Nah, pilih salah satu dari tiga opsi di sini.Jika Anda memilih “Tambahkan grup artikel”, artikel tersebut akan otomatis muncul di setiap profil.

  • Di sini Anda dapat mengedit dan mengedit informasi artikel secara manual seperti tanggal, volume, judul, edisi, penerbit, dan lainnya.
  • Anda juga dapat menghapus daftar artikel di profil pengguna agar tidak ditampilkan.
  • Jika Anda ingin memeriksa indeks pencarian, Anda dapat memasukkan nama pengguna Anda langsung di kotak pencarian di halaman beranda Google Scolar.

Tips Dalam Penggunaan Akun Google Scholar

Setelah Anda berhasil membuat akun dan mengetahui cara menggunakan akun Google Cendekia, Anda perlu mempelajari beberapa kiat untuk menggunakan akun Google Cendekia. Tujuan dari tips ini adalah untuk memudahkan Anda mendapatkan referensi yang sesuai untuk metode pencarian Anda.

Oke, berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan akun Google Cendekia Anda:

  1. Anda perlu menggunakan kata kunci tertentu untuk memaksimalkan pencarian Anda untuk artikel terkait.
  2. Jika masih belum maksimal, Anda bisa menggunakan fungsi “Advanced Search” di sidebar.
  3. Nah, jika Anda berhasil menemukan artikel terkait, tandai dengan ikon tanda bintang untuk menandainya. Ini akan memudahkan Anda menemukan artikel terkait.
  4. Google Cendekia kini hadir dengan fitur kutipan cepat yang dapat Anda gunakan untuk menyalin kutipan ke dalam artikel Anda.
  5. Berikan reminder atau peringatan agar Anda dapat terus menerima berbagai informasi literatur penelitian yang sedang populer saat ini.

Akhir Kata

Oke, itu saja percakapan kami tentang cara mudah mendaftar akun dengan ID Google Cendekia Anda. Kami harap Anda menemukan artikel ini bermanfaat.

Terima kasih!