Cara Membuat Website Gratis dengan Wix

Cara Membuat Website Gratis dengan Wix — Jika Anda mencari tutorial tentang membangun situs Wix, panduan ini cocok untuk Anda. Langkah-langkah untuk membuat situs Wix ini berlaku untuk semua paket yang dipilih. Bahkan jika Anda ingin membuat situs web gratis dengan platform Wix, ikuti tutorial ini. Dalam tutorial ini, saya akan memperkenalkan Anda ke dasbor Wix dan menunjukkan cara kerjanya. Kami juga akan meninjau berbagai pengaturan dan langkah yang diperlukan untuk memublikasikan situs web Wix baru. Siap? Mari kita mulai.

Apa Itu Wix?

Wix adalah platform baru untuk membangun situs web yang semakin disukai pengguna web. Pada dasarnya, Wix adalah basis cloud yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web dengan mudah.

Wix bahkan mengklaim memiliki fitur teknologi yang sangat canggih untuk membantu setiap pengguna membuat situs web profesional dan fungsional impian mereka.

Konsep utama platform ini sederhana, mudah, dan ramah bagi pemula. Berkat keunggulan dan serangkaian peningkatan yang telah diperjuangkannya, Wix telah berhasil mendapatkan lebih dari 150 juta pengguna 13 tahun setelah diluncurkan.

Cara Membuat Website Gratis dengan Wix
Cara Membuat Website Gratis dengan Wix

5 Langkah Membuat Situs Web Wix Pertama Anda

Langkah 1 – Mendaftar akun Wix

Wix menawarkan lima paket premium. Pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebagai permulaan, saya sarankan Anda mulai dengan paket Wix Combo dan kemudian tingkatkan seiring pertumbuhan situs Anda. Untuk bisnis, mulailah dengan paket e-niaga yang layanannya memungkinkan Anda membuat toko online.

Paket Wix Premium (Combo – VIP) selalu disarankan karena menawarkan sejumlah manfaat, termasuk kemampuan untuk bergabung dengan domain Anda, menghapus iklan Wix, dan menyediakan bandwidth dan penyimpanan tambahan.

Berikut adalah beberapa contoh situs yang dibangun menggunakan Wix. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pro dan kontra Wix, baca ulasan kami.

Kami menganggap Wix sebagai salah satu pembuat situs terbaik, tetapi perlu diingat bahwa setiap alat memiliki pro dan kontra. Misalnya, nama cinta sudah ada karena kemudahan penggunaannya dan terlalu terbatas dalam beberapa hal.

Langkah 2 – Buat dengan Wix ADI atau Wix Editor

Wix menawarkan dua cara untuk membuat situs Anda: Wix ADI dan Wix Editor. Keduanya sama-sama bagus, bahkan jika Anda membuat situs web gratis menggunakan Wix.

Wix ADI (atau Wix Artificial Design Intelligence) adalah alat unik yang memanfaatkan kecerdasan buatan. – Anda hanya perlu memasukkan beberapa informasi dasar (seperti jenis bisnis dan nama situs Anda) dan informasi ini akan digunakan untuk membuat situs dari awal menggunakan drag and drop.

Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan cara membuat situs web bisnis menggunakan kedua opsi tersebut.

Opsi # 1: Membuat website menggunakan Wix ADI

Jika Anda ingin membangun dengan Wix ADI, klik tombol “Mulai dengan Wix ADI”.

Wix kemudian menanyakan jenis situs web bisnis apa yang ingin Anda buat dan menyarankan beberapa opsi dasar. Jika Anda tidak yakin jenis situs apa yang ingin Anda buat, cukup ketik beberapa kata kunci dan Wix ADI akan melakukan sisanya. Setelah Anda menentukan tema untuk situs web bisnis Anda, Wix ADI akan meminta set fitur di situs web Anda. Di sini Anda harus memikirkan apa yang ingin Anda lakukan di sebuah situs

Setelah mempelajari fitur yang Anda inginkan di situs Anda, Wix ADI akan menanyakan nama situs Anda. Untuk lebih jelasnya dalam hal ini, saya menyebut situs saya “Membangun Pemasaran Digital Ini”. Wix ADI kemudian akan meminta informasi bisnis tambahan, seperti alamat bisnis Anda dan detail lainnya.

Berikan informasi sebanyak mungkin tentang Wix ADI karena informasi ini digunakan untuk mengisi bagian yang sesuai dari situs Anda (seperti footer situs dan halaman kontak). Terakhir, setelah semua preferensi dan informasi fitur dipilih, Wix ADI siap membuat situs web Anda.

Pada halaman berikutnya, Wix ADI akan menanyakan tentang pengaturan skema warna. Dengan skema warna pilihannya, Wix ADI siap digunakan di halaman beranda situs web. Dalam beberapa menit, Wix ADI akan siap digunakan di situs Anda.

Opsi # 2: Membuat situs menggunakan Wix Editor

Untuk melihat cara kerja Wix Editor, misalkan kita mencoba membuat situs web yang sama dengan agensi pemasaran digital. Setelah mengklik, Wix akan menanyakan jenis situs apa yang ingin Anda buat.

Namun kali ini, kami telah membuat situs dengan editor Wix karena kami ingin mencoba editornya sekarang. Ini akan membawa kita ke langkah berikutnya;

Langkah 3 – Pilih template situs yang sudah ada dari Wix

Setelah mengklik tombol “Memulai dengan Wix Editor”, Anda akan diarahkan ke berbagai templat. Seperti yang Anda lihat di halaman berikutnya, Wix telah menyoroti beberapa model yang relevan dalam kategori “Bisnis”. Tapi bukan itu saja, beberapa opsi pencarian akan membantu Anda menemukan model yang tepat (lihat model Wix yang ada).

Mengedit template yang sudah ada dari Wix

Setelah memilih template, dasbor Dixer lengkap ditampilkan.

Ada tiga area utama di dasbor Wix (lihat sorotan): 1) Bagian tengahnya adalah situs web Anda – dan setelah Anda membuat perubahan, Anda dapat melihatnya secara real time; 2) di sebelah kanan, ada opsi yang memungkinkan Anda untuk menghapus, menggandakan, memutar, dan memodifikasi elemen situs tertentu; dan 3) blok bangunan dan opsi desain yang dapat digunakan ditampilkan di sebelah kiri.

Langkah 4 – Menambahkan elemen dan fungsi elemen gratis

Mari lihat semua elemen secara mendetail dalam blok bangunan dan pilihan desain.

1. Latar belakang situs web

Untuk mengubah warna latar belakang, cukup klik “Warna” dan Wix akan menampilkan palet warna. Saat Anda mengarahkan kursor ke warna apa pun di palet, Wix menampilkan pratinjau waktu nyata.

Jika Anda lebih suka latar belakang gambar, Anda dapat mengunggah gambar Anda sendiri atau memilih secara gratis dari koleksi gambar indah yang ditawarkan oleh Wix. Tidak hanya gambarnya yang indah, Wix mengaturnya ke dalam kategori yang berbeda.

Demikian pula, jika Anda ingin mencoba latar belakang video, Anda dapat mengunggah video Anda lagi atau memilih dari perpustakaan Wix. Dengan menyediakan kit media premium, Wix benar-benar dapat membantu Anda membuat situs web yang indah dengan gambar atau media beresolusi tinggi.

Jika Anda pernah mencoba membuat ulang demo sebagian besar templat pembuat situs web, Anda mungkin tahu seperti apa rencana Anda. Ini sering kali disebabkan oleh kurangnya kualitas gambar, tetapi bukan Wix.

2. Blok konten dan elemen desain

Opsi “Tambah” memungkinkan Anda menambahkan elemen desain ke situs Anda. Elemen-elemen ini adalah:

  • Teks
  • Gambar
  • Galeri
  • Slideshow
  • Tombol
  • Kotak
  • Garis
  • Bentuk
  • Video
  • musik
  • Sosial
  • Kontak
  • Menu
  • Daftar
  • Kotak lampu
  • Blog
  • Toko
  • Dan banyak lagi

Saat Anda menambahkan tiga elemen, Anda akan melihat bahwa Wix memperhatikan setiap detail kecil.

Misalnya, di situs sampel kami, saya memutuskan untuk menambahkan tombol Ajakan Bertindak (CTA) ke menu utama. Jadi ketika saya mengklik elemen desain tombol, Wix menunjukkan beberapa gaya tombol dan memilih gaya yang disarankan untuk mencocokkan template saya. Lihat “Tombol dengan tema” di halaman berikutnya:

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa elemen desain ini sepenuhnya dapat disesuaikan. Dalam kasus kami, tombol CTA yang ditempatkan di menu tampaknya memakan terlalu banyak ruang karena sedikit lebih besar dan fontnya tidak cocok dengan font menu default.

Tapi ada cara mudah untuk mengatasi masalah ini. Cukup klik pada elemen dan bilah alat desain akan muncul. Setelah mengklik ikon kuas, serangkaian opsi penyesuaian muncul.

Untuk membuat tombol CTA Anda sesuai dengan menu lainnya, Anda dapat dengan mudah mengubah font dan ukuran. Ini cukup untuk membuatnya tampak bahwa elemen yang baru ditambahkan adalah bagian dari desain.

Jika Anda membandingkan alat desain ini dengan alat yang ditawarkan oleh sebagian besar platform lain, seperti Squarespace, Anda akan melihat bahwa ada beberapa elemen dengan gaya XNUMX dan opsi penyesuaian untuk masing-masing. Wix memiliki lebih banyak fitur daripada kebanyakan pembuat situs lainnya.

3. Fungsi website melalui Wix App Market

“Wix App Market” adalah repositori yang mencakup sejumlah aplikasi pihak ketiga dan aplikasi asli Wix yang memungkinkan Anda memperluas fungsionalitas situs web Anda.

Jika Anda hanya ingin membuat website sederhana, Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan karena Wix sudah memiliki semua fitur dan fungsionalitas yang Anda butuhkan.

Namun, ada kalanya Anda membutuhkan fitur yang belum ada di Wix. Entah Anda ingin memperluas situs Anda atau menambahkan dukungan pemasaran. Pada titik ini, cukup kunjungi Wix App Market.

Ini juga memiliki banyak aplikasi gratis dan beberapa aplikasi premium.

Meskipun aplikasi yang Anda tambahkan bergantung pada kebutuhan Anda, saya sarankan satu, ini adalah aplikasi “Wix Get Subscribers”. Anda dapat menggunakannya untuk menambahkan formulir pendaftaran dan pop-up ke situs Anda dan membuat daftar email dengan sangat cepat.

4. Unggahan Saya

Bagian “Unggahan Saya” dari wix seperti galeri gambar pribadi Anda. Bagian ini berisi semua file visual yang Anda unggah ke Wix, seperti gambar, video, audio, dan file lain yang dapat Anda tambahkan ke situs Anda.

5. Wix untuk Menulis Blog

Jika mau, Anda dapat menambahkan lebih banyak artikel ke halaman ini. Cukup gunakan opsi “Tambahkan Postingan Blog” di menu “Manajemen Blog”

Opsi “Tambahkan Item Blog” memungkinkan Anda untuk menambahkan item tambahan ke halaman blog Anda, seperti:

  • Komentar disqus
  • Komentar di Facebook
  • Umpan balik individu
  • RSS
  • Kategori
  • Dan banyak lagi.

Juga, bagian ini menyarankan beberapa aplikasi Wix yang dapat menambahkan dukungan lebih lanjut ke blog Anda. Wix sebelumnya telah mengisi halaman blognya dengan contoh postingan untuk memudahkan Anda membuat konten baru nanti.

6. Pemesanan

Opsi Order bisa sangat berguna jika Anda ingin menawarkan saran atau hal lain yang memerlukan sistem pemesanan.

Ini mencakup semua opsi di panel kiri, serta editor Wix secara umum.

Langkah 5 – Memublikasikan dan Menayangkan

Situs Anda siap dipublikasikan. Sebelum Anda mengklik tombol di sudut kanan atas untuk mempublikasikan situs Wix pertama Anda, Anda dapat mempratinjaunya. Sebelum mengklik tombol “Terbitkan”, pastikan Anda puas dengan setiap bagian situs Anda. Setelah menekan tombol ini, nama domain akan muncul di jendela pop-up. Anda dapat memilih untuk menghubungkan situs Wix Anda ke domain Anda (mengarahkan server nama domain Anda ke Wix) atau membiarkan default.

Situs web Wix Anda tersedia secara resmi!

Kesimpulan

Ini mungkin semua yang perlu Anda ketahui untuk mulai membangun situs web dengan Wix. Saya telah menjelaskan Wix ADI, Wix Editor, dan beberapa pengaturan situs yang tersedia. Anda dapat membuat situs gratis menggunakan Wix dengan mengikuti tutorial di atas. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang <a href=”https://www.webhostingsecrevealed.net/en/blog/web-hosting-guides/make-a-website/”> cara membuat situs web Anda, baca panduan di mana saya berada. Semoga berhasil dengan situs Wix pertama Anda!

Ă—