Cara Menjadi Seorang Software Developer

Cara Menjadi Seorang Software Developer–Pengembangan perangkat lunak adalah salah satu jalur karir TI yang paling penting. Baik itu latar belakang IT atau mata pelajaran matematika, pengembangan perangkat lunak adalah bidang yang sangat menarik. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana menjadi seorang pengembang perangkat lunak, Anda perlu mengetahui berbagai aspek penting yang diperlukan seseorang untuk dapat membuat perangkat lunak. Inilah yang akan kita bahas dalam tutorial ini.

Untuk memulai, mari kita bahas karir pengembang perangkat lunak itu sendiri. Pelajari tentang apa itu pengembang perangkat lunak dan bagaimana membedakan pengembang perangkat lunak dari seorang insinyur perangkat lunak. Jadi mari kita bahas dan uraikan tiga aspek utama yang dibutuhkan untuk menjadi pengembang perangkat lunak yang banyak dicari oleh perusahaan. Terakhir, di bagian penutup, kami membahas beberapa alasan mengapa banyak yang ingin menjadi pengembang perangkat lunak.

Pengantar

Apa itu pengembang perangkat lunak dan apa yang mereka lakukan? Tentu saja, jika Anda ingin belajar bagaimana menjadi seorang pengembang perangkat lunak, Anda sudah memiliki sedikit gambaran tentang aspek-aspek utama yang terkait dengan profesi. Untuk menggunakan konsep yang sama, saya akan membahas poin utama dari profesi ini.

Pengembangan perangkat lunak adalah profesi yang berkaitan dengan pengembangan perangkat lunak (software development). Namun, Anda mungkin tidak tahu bahwa sebenarnya ada beberapa jenis pengembang perangkat lunak profesional. Ada pengembang perangkat lunak yang membuat program desktop, mengembangkan platform situs web, dan sebagainya. Juga, dalam hal pengembangan situs web, Anda dapat berspesialisasi sebagai pengembang perangkat lunak sebagai pengembang front-end, back-end, atau full-stack. Ada begitu banyak pengembang perangkat lunak yang berbeda!

Dengan cara ini, setiap pengembang perangkat lunak bekerja pada platform mereka sendiri dan memiliki setidaknya dua tugas utama, yaitu memelihara dan memperbarui versi platform yang berbeda. Sebagai pengembang perangkat lunak, Anda perlu bekerja sama dengan desainer, insinyur perangkat lunak, pemasar, dan banyak lainnya untuk bergerak maju dalam proses dan menemukan rencana kerja yang bekerja sama.

Singkatnya, jika Anda ingin mempelajari cara membuat perangkat lunak dan menjadi pengembang perangkat lunak, langkah pertama adalah menentukan objek mana yang ingin Anda kembangkan (baik itu platform web, aplikasi desktop, dll.). Setiap detail pekerjaan yang harus dilakukan tergantung pada keputusan yang dibuat.

Sekarang Anda tahu apa itu pengembang perangkat lunak. Hanya saja masih banyak yang terkadang masih bingung antara software developer dengan software engineer. Tanpa terlalu banyak detail, perlu diingat bahwa pengembang perangkat lunak bekerja dengan perangkat lunak itu sendiri, sementara insinyur perangkat lunak bertanggung jawab untuk mengerjakan bagian-bagian penting dari perangkat lunak. Artinya, software engineer membuat fondasi yang menjadi dasar dari software yang akan dikembangkan.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Software Developer?

Sekarang Anda tahu bahwa banyak detail kecil membuat seseorang menjadi pengembang perangkat lunak yang andal. Pada artikel “Cara Menjadi Software Developer” kali ini, kami fokus membahas tiga aspek yang sering dijadikan referensi, yaitu: pendidikan, motivasi dan pengalaman. Setelah Anda menguasai ketiga aspek ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda berada di jalur yang tepat untuk menjadi pengembang perangkat lunak.

Pendidikan adalah kunci untuk karir yang sukses dalam pengembangan perangkat lunak. Pendidikan yang layak akan menjadi faktor kunci dalam memutuskan apakah akan mendapatkan pekerjaan atau tidak, terutama jika Anda ingin melamar pekerjaan di perusahaan besar.

Setelah lulus, taruhan terbaik Anda adalah mencoba untuk mendapatkan pendidikan tinggi di bidang matematika atau ilmu komputer. Berbagai perguruan tinggi dan universitas menawarkan kursus pengembangan perangkat lunak, tetapi mungkin topiknya tidak terlalu populer.

Saat belajar, Anda perlu fokus pada dua hal, yaitu: mendapatkan nilai tinggi dan berpartisipasi sebanyak mungkin dalam berbagai acara yang terkait dengan pengembangan perangkat lunak. Jika kita berbicara tentang nilai yang besar, ini jelas. Karena karir di bidang software development begitu populer, bisa dipastikan akan ada banyak persaingan hanya untuk satu posisi. Ini berarti Anda harus benar-benar menonjol dan dapat menunjukkan kepada calon atasan Anda bahwa Anda telah bekerja sangat keras sejak pertama kali mempelajari bidang ini. Itulah mengapa tiket yang bagus sangat penting. Sebagian besar pemberi kerja akan bertanya tentang nilai Anda dan kemudian mengevaluasi tingkat kualifikasi Anda berdasarkan nilai yang Anda terima dalam transkrip Anda.

Selain itu, dengan menghadiri berbagai acara pengembangan perangkat lunak (seperti seminar, lokakarya, komunitas, dll.), Anda dapat mulai membangun reputasi dan meningkatkan peluang Anda untuk dikenali oleh perusahaan lain.

Setelah menyelesaikan studi sarjana atau pascasarjana saya dan mendapatkan gelar sarjana, saya juga menyarankan Anda melanjutkan studi Anda di tingkat yang lebih tinggi dan mendapatkan gelar master. Semakin tinggi pendidikan Anda, semakin besar kemungkinan perusahaan yang berbeda membaca resume Anda untuk mempertimbangkan Anda. Anda bahkan tidak harus benar-benar fokus pada studi Anda. Banyak orang dengan gelar master ingin mendapatkan pekerjaan pengembangan perangkat lunak tingkat pemula, atau setidaknya mencari untuk mendapatkan magang di sebuah perusahaan (saya akan membahas ini secara lebih rinci di bagian berikutnya).

  • E-learning

Peluncuran metode pembelajaran alternatif dalam pendidikan formal harus memulai dengan memutuskan apa tujuan akhir dari proses pembelajaran. Ini bisa berubah, beberapa ingin menjadi pengembang perangkat lunak dan bekerja untuk perusahaan selama bertahun-tahun, yang lain ingin menjadi pekerja lepas sendiri.

Hal penting lainnya adalah memilih bahasa pemrograman yang akan Anda mulai pelajari. Bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar bahasa ini pada awalnya sangat banyak, dan Anda tidak akan dapat mempelajari banyak bahasa secara bersamaan. Di sisi lain, ketika Anda mempelajari bahasa pemrograman, tidak sulit untuk beralih ke bahasa pemrograman lain. Pada akhirnya, tujuan belajar di sini adalah untuk menguasai sepenuhnya bahasa pemrograman yang menggunakan.

Bagi banyak orang, Python adalah bahasa pemrograman yang menyukai. Ini menganggap sebagai salah satu bahasa pemrograman paling universal dan cukup mudah untuk dipindahkan. Selain itu, bahasa ini menggunakan dalam banyak proses pengembangan perangkat lunak, sehingga Anda dapat berhasil melakukan tugas terkait. BitDegree menawarkan serangkaian kursus Python dalam berbagai tahap. Juga, jika Anda menemukan kursus yang tidak mampu Anda bayar, Anda dapat mencoba mengajukan beasiswa untuk kursus online BitDegree.

Namun, jika Anda tidak memiliki gelar formal, akan cukup sulit untuk mencari pekerjaan di industri ini. Meskipun ada banyak perusahaan yang lebih fleksibel dalam perekrutan daripada 10 tahun yang lalu, kebanyakan dari mereka masih mempekerjakan karyawan dengan kualifikasi “tradisional”. Pilihan ini diambil karena kebanyakan orang yang ingin belajar menjadi seorang software developer meremehkan betapa beratnya pekerjaan itu. Juga, jika Anda otodidak, akan sangat sulit untuk menemukan dan berpartisipasi dalam berbagai acara dan peluang langsung.

  • Motivasi

Bahkan jika Anda berpikir motivasi adalah konsep yang sangat subjektif, sebenarnya itu adalah aspek yang sangat penting untuk menjadi pengembang perangkat lunak. Sebagian besar pemberi kerja dapat menentukan di akhir wawancara kerja apakah Anda seorang pengembang yang termotivasi. Anda harus mengingat hal ini dengan hati-hati jika ingin menjadi pengembang perangkat lunak.

Motivasi dapat mengambil banyak bentuk dan karakteristik. Pertama, jika Anda memilih untuk mengasah keterampilan pengembangan perangkat lunak Anda melalui universitas, Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan “di luar jam kerja”. Saya membicarakannya sebelumnya. Jika Anda benar-benar menyukai tema ini, cinta akan muncul! Orang-orang yang benar-benar mencintai apa yang mereka lakukan menonjol bagi diri mereka sendiri, dan calon majikan mereka akan mengetahuinya sendiri.

Salah satu cara terbaik untuk menunjukkan motivasi (atau motivasi) adalah dengan mengerjakan proyek pribadi. Metode ini bagus karena beberapa alasan. Pertama, ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan pengembangan perangkat lunak. Anda dapat mendengarkan pelajaran teori yang diberikan oleh instruktur Anda, itu adalah cerita yang berbeda ketika Anda harus mencari solusi untuk masalah dalam proyek pribadi Anda. Anda harus dapat menerapkan pengetahuan Anda untuk menemukan solusi untuk masalah ini. Aplikasi ini tersebut “pengalaman lapangan” dan pengalaman itu adalah bukti bagus bahwa Anda sangat menyukai semua topik yang berkaitan dengan profesi pengembangan perangkat lunak.

  • Pengalaman

Memang benar bahwa pengalaman mungkin merupakan aspek yang aneh untuk menyebutkan dalam tutorial menjadi pengembang perangkat lunak. Namun, aspek ini adalah aspek yang paling sering menjatuhkan seseorang. Mereka hanya menafsirkan kata pengalaman terbatas dalam pekerjaan mereka sebelumnya. Memang, aspek pengalaman tidak terbatas pada ini.

Anda tidak perlu “pengalaman kerja sebelumnya” untuk mendapatkan pekerjaan sebagai pengembang perangkat lunak tingkat pemula. Anda mungkin tidak dapat langsung bekerja di perusahaan impian Anda dan mendapatkan gaji yang sangat tinggi sejak awal, tetapi tidak akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan posisi awal. Tentunya akan banyak juga yang akan berusaha untuk mendapatkan posisi yang Anda cari, sehingga suatu perusahaan membutuhkan alasan khusus untuk mempekerjakan Anda. Nah, ini adalah fungsi dari aspek pengalaman.

Dalam pengertian ini, pengalaman berkaitan erat dengan motivasi. Semua yang saya sebutkan di atas, seperti konferensi, seminar sains, dan proyek pribadi, dapat memperkaya resume Anda dengan berbagai pengalaman. Bahkan jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya, calon pemberi kerja Anda mungkin melihat Anda sebagai anggota aktif dari komunitas pengembangan perangkat lunak, sehingga aktivitas ini dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih besar!

Juga, jika Anda ingin belajar bagaimana menjadi seorang software developer, perlu mengingat bahwa Anda harus dapat menunjukkan motivasi sebanyak mungkin setelah mendapatkan pekerjaan. Anda tidak bisa hanya termotivasi sebelum dan selama wawancara kerja. Semakin Anda bersemangat tentang pengembangan perangkat lunak, semakin baik pekerjaan yang akan Anda lakukan. Ini berarti menaiki tangga karier Anda sesegera mungkin!