Cara Membuat Game untuk Pemula

Cara Membuat Game untuk Pemula–Belajar bermain adalah proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Dengan semakin populernya game Android, banyak orang di seluruh dunia ingin menjual dan membuat game sendiri. Ada banyak video game untuk berbagai platform dan sistem operasi. Game-game ini dibuat dengan cara yang berbeda, tetapi konsepnya sama.

Sebelum membuat game, Anda perlu mempelajari cara memprogram setidaknya dalam satu bahasa pemrograman, terutama jika Anda ingin mempelajari cara menyesuaikan tampilan dan nuansa game. Bahasa pemrograman adalah landasan pembuatan game, dan mempelajari cara membuat game dari awal membutuhkan pengetahuan pemrograman.

Cara Membuat Game untuk Pemula

Dalam tutorial ini kami akan menjelaskan dasar-dasar membuat video game. Juga, ada langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membuat game Anda. Anda juga dapat mengetahui bahasa pemrograman yang perlu Anda gunakan untuk membuat game di berbagai platform. Terakhir, berikut adalah beberapa tip dan trik untuk mempelajari hal-hal lain jika Anda benar-benar ingin belajar cara membuat game tanpa merusak template.

Pembuatan Game vs Desain Game

Sebelum membahas langkah-langkah utama yang perlu Anda ikuti untuk membuat game dari awal, sangat penting untuk memahami perbedaan antara membuat game dan mendesainnya. Ingat, Anda perlu memahami keduanya jika ingin belajar cara membuat game sendiri.

Sederhananya, desain game mengacu pada desain artistik video game. Desainer game menghabiskan waktu mereka untuk mengembangkan aspek konseptual game. Mereka merinci bagaimana gim merespons keadaan tertentu dan apa yang perlu dilakukan untuk menjadikannya versi gim terbaik.

Di sisi lain, pembuat game (atau pemrogram game) adalah orang yang bertanggung jawab atas pengkodean untuk membuat video game bekerja sesuai dengan konsep. Dalam tutorial ini, kita akan fokus pada pengkodean video game. Penting untuk mengetahui desain game sebelum mulai membuat kode.

Anda bisa menjadi desainer game dan programmer game pada saat yang bersamaan. Padahal, proses mendesain dan membuat sebuah game bisa berjalan beriringan saat membuat sebuah game sederhana.

Apa Saja Langkah Cara Buat Game?

Pertama, mempelajari cara membuat game Anda sendiri bisa terasa menantang dan menantang. Anda mungkin terintimidasi dan menyerahkan proyek Anda kepada seseorang yang lebih berkualitas. Ini tidak dianjurkan. Anda harus mencoba mempelajari cara membuat game dari awal. Cara ini tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Bersamaan dengan itu, berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda mempelajari cara membuat game sendiri. Perlu diingat bahwa setiap proses juga tergantung pada jenis permainan dan platform yang Anda pilih. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan.

Langkah 1: Lakukan Riset & Konseptualisasi Game Anda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat game adalah memikirkan game seperti apa yang ingin Anda buat. Lakukan riset dan cari tahu keterampilan apa yang Anda butuhkan untuk membuat game ini menjadi kenyataan. Lihat juga fitur apa saja yang akan kamu kembangkan dalam game ini.

Jika Anda serius ingin belajar membuat game, Anda bisa mengikuti beberapa kursus. Misalnya, jika Anda tertarik untuk membuat RPG 2D, kami sarankan Anda mempelajari cara membuat game 2D dalam kursus Unity ini.

Atau, jika Anda adalah penggemar “The Legend of Zelda”, panduan lengkap untuk membuat video game seperti “The Legend of Zelda” sangat direkomendasikan. Kursus ini akan mengajarkan Anda cara membuat RPG sederhana menggunakan Unity dan Blender. Dengan menyelesaikan kursus ini, Anda akan memperoleh keterampilan Unity, C # dan Blender secara bersamaan!

Langkah 2: Buatlah Sebuah Dokumen Desain

Setelah Anda membuat konsep untuk tampilan yang Anda inginkan, Anda perlu membuat dokumen desain. Bagi kebanyakan orang, dokumen desain adalah sketsa singkat dari sebuah game, seperti tampilan konsep, dan apa yang perlu dilakukan untuk membuat game tersebut.

Saat membuat dokumen desain, pertimbangkan hal berikut:

  • Keterampilan yang Anda miliki. Anda mungkin harus membayar banyak uang untuk mempekerjakan orang lain karena Anda tidak memiliki keterampilan yang diperlukan.
  • Bahasa yang ingin Anda gunakan. Poin-poin ini membantu menentukan proses pembuatan game.
  • Penampilan dan karakteristik permainan.
  • Apakah Anda ingin menambahkan pembaruan dan fitur baru di masa mendatang? Jika demikian, Anda perlu memperkirakan apa yang perlu dilakukan.

Setelah Anda mengumpulkan dokumen desain, saatnya untuk mendalami bahasa pemrograman!

Langkah 3: Menentukan Software

Langkah terakhir yang diperlukan agar game berfungsi dengan baik adalah mendefinisikan perangkat lunak. Beberapa game Android tidak memerlukan software khusus. Anda mungkin hanya memerlukan editor dan kompiler. Di sisi lain, beberapa game memerlukan perangkat lunak khusus untuk membuat gambar dan gambar 3D. Perangkat lunak ini mahal, jadi Anda perlu mengatur ulang anggaran Anda.

Anda juga membutuhkan komputer dengan prosesor yang berkualitas dan RAM yang besar untuk menjalankan software yang dibutuhkan untuk membuat game.

Langkah 4: Memulai Pemrograman

Setelah Anda mengunduh perangkat lunak yang diperlukan, saatnya untuk memulai pengkodean! Sementara beberapa game kompleks memerlukan aplikasi pembuatan game, ada game seluler yang tidak. Putuskan bahasa pemrograman mana yang akan digunakan dan mulailah membuat!

Jika Anda ingin membuat banyak variasi, seperti RPG, lihat Kursus ini mencakup diskusi 28 jam tentang cara membuat video game dengan Unity Editor.

Anda juga dapat membuat game dengan aplikasi pembuatan game yang lebih sederhana seperti PhoneGap. Anda dapat membuat aplikasi game mobile tanpa membuang banyak waktu. Cari tahu cara membuat game seluler dalam tutorial ini oleh PhoneGap. PhoneGap memungkinkan Anda membuat game sederhana menggunakan JavaScript, HTML, dan CSS. Bayangkan jika Anda bisa melakukannya!

Langkah 5: Tes Game Anda & Mulailah Memasarkannya!

Setelah Anda selesai bermain, ikuti tes dan mulailah menjual! Langkah pertama adalah menjalankan tes untuk menghilangkan kesalahan. Proses ini bisa memakan waktu lama, jadi pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk fokus menjalankan tes.

Proses pemasarannya sendiri tidak terlalu sulit. Anda mungkin ingin menyewa konsultan pemasaran, terutama jika Anda tidak memiliki pengalaman pemasaran sebelumnya. Langkah tersulit adalah membuat orang membeli game, jadi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Buat situs web bagi orang-orang untuk membeli dan mengunduh game Anda.
  • Buat salinan non-digital dan distribusikan melalui toko mainan dan pengecer lainnya.
  • Jika Anda membuat game seluler, pastikan untuk mendaftarkannya di Apple App Store atau Google Playstore.

Langkah-langkah di atas adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan. Carilah konsultan pemasaran jika Anda tidak yakin dengan strategi penjualan Anda.

Kesimpulan

Belajar bermain bisa menjadi proses yang menyenangkan dan bermanfaat, tetapi ini adalah tantangan besar. Jika Anda tertarik untuk belajar coding dan membuat game, tantangan ini layak untuk dilakukan. Mulailah dengan memahami proses pembuatan game. Bahkan permainan yang paling sederhana pun membutuhkan imajinasi dan konsep. Konsep ini perlu diubah menjadi dokumen desain untuk memulai proses pengkodean untuk membuat game yang Anda inginkan.

Jika Anda belum tahu cara membuat kode bahasa pemrograman, dibutuhkan beberapa bulan sebelum Anda memutuskan untuk memulai permainan. Juga, Anda harus memiliki pengetahuan tentang penggunaan aplikasi pembuatan game seperti Unity. Jadi Anda juga perlu memastikan ada orang yang bisa Anda andalkan saat merencanakan permainan.

Di atas segalanya, jangan terintimidasi oleh cita-cita Anda. Mulailah dengan permainan sederhana seperti permainan kartu, coretan, atau sesuatu yang sederhana. Pilih dari kursus pengembangan game BitDegree dan mulailah.

Ingat, mempelajari cara membuat game dari awal bukanlah sesuatu yang bisa Anda lakukan hanya dalam satu minggu. Proses ini sangat berharga jika Anda memberikan yang terbaik!

Ă—