10 Aplikasi Website Gratis Terbaik Tanpa Coding

Semakin lama, perkembangan teknologi sepertinya semakin menyenangkan. Misalnya dalam hal pembuatan website. Dulu orang harus belajar coding, sekarang sudah banyak aplikasi website gratis dengan berbagai fitur keren yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Menarik bukan?

Nah, jika Anda benar-benar berencana membangun situs web Anda, berikut adalah ulasan dari beberapa tips terbaik untuk digunakan. Simak artikel berikut ini.

Rekomendasi Aplikasi Website

aplikasi website
aplikasi website

Seiring perkembangan internet saat ini membuat penggunaan website semakin populer di kalangan pemilik bisnis dan individu. Perkembangan ini mengakibatkan banyaknya software atau aplikasi untuk membuat website.

Jadi apa itu aplikasi web? Aplikasi situs web umumnya mudah digunakan, aplikasi bebas kode. Artinya setiap orang dapat membuat website sendiri dengan bantuan aplikasi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhannya. Aplikasi Website Gratis

Nah, bagi Anda yang ingin mengembangkan website untuk keperluan bisnis atau portofolio, Anda bisa menggunakan aplikasi yang direkomendasikan oleh Jagoan Hosting berikut ini.

1. Google Sites

Aplikasi pembuat situs web pertama yang direkomendasikan adalah Google Site. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat website tanpa coding. Jadi kamu tidak perlu memiliki skill seperti HTML, CSS, PHP, atau bahkan JavaScript, man.

Menggunakan aplikasi Google Sites juga cukup mudah, lho! Anda cukup drag and drop untuk menyesuaikan tata letak, mendesain situs web, dan lainnya agar sesuai dengan kebutuhan situs web Anda.

Untuk menggunakan aplikasi pembuat situs web, Anda hanya perlu memiliki akun layanan Google, lalu buka sites.google.com untuk membuat laman landas situs web Anda.

2. Adobe XD

Aplikasi pembuat situs web yang dikembangkan oleh Adobe menawarkan fitur yang berguna untuk membuka dan mengedit file dari awal. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan situs web, prototipe aplikasi Android dan iOS.

Kelebihan Adobe XD adalah memiliki fitur cross-platform seperti Android, iOS dan website, kemudian aplikasi berikut akan tertaut ke library Adobe. Bagi yang terbiasa menggunakan aplikasi Adobe lain seperti Adobe Photoshop dan Illustrator, Adobe XD kemungkinan akan mudah dikelola.

3. WordPress

WordPress merupakan salah satu aplikasi website yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Namun, pada kenyataannya, WordPress tidak seperti sebuah aplikasi, melainkan sebuah file dan layanan website instan.

Sobat, mengembangkan website menggunakan WordPress juga cukup sederhana. Anda hanya perlu menggabungkan plugin pembuat halaman seperti Divi dan Elementor.

4. Bluefish

Bluefish adalah aplikasi pembuat situs web dengan panel pengeditan yang sangat canggih. Panel ini biasanya digunakan oleh programmer dan pengembang web untuk mengembangkan antarmuka dasar.

Aplikasi Bluefish lebih fokus pada bahasa pemrograman HTML, tetapi juga mendukung bahasa pemrograman lain seperti Java, Javascript, SQL, XML dan CSS. Keunikan Bluefish adalah aplikasi web terkecil, tetapi dapat berjalan di berbagai platform.

5. Wix

Selain WordPress, Wix juga merupakan aplikasi pembuat situs web yang paling banyak digunakan saat ini. Hal ini dikarenakan pengoperasian Wix cukup sederhana mulai dari pengaturan tampilan atau desainnya, serta memiliki berbagai widget yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, Wix memiliki keuntungan karena memiliki banyak pilihan template yang tersedia secara gratis. Dengan Wix, Anda dapat dengan mudah membuat situs web profil perusahaan, portofolio, atau toko online.

6. Kompozer

Contoh aplikasi website builder selanjutnya adalah Kompozer. Kompozer juga bisa mengembangkan website tanpa coding. Saat Anda menggunakan Kompozer, Anda mendapatkan banyak pilihan desain situs web yang dapat Anda pilih berdasarkan kebutuhan dan persyaratan Anda.

7. Adobe Dreamweaver

Sebagai aplikasi pembuat situs web, Adobe Dreamweaver menawarkan banyak fitur yang sangat berguna untuk desainer dan programmer. Aplikasi situs web tunggal ini juga dibuat untuk membantu siapa saja yang mengembangkan situs web.

Adobe Dreamweaver adalah contoh aplikasi yang direkomendasikan secara luas untuk pengembangan situs web. Salah satu alasannya adalah Dreamweaver dapat menghemat waktu Anda merancang situs web untuk desktop, tablet, dan perangkat seluler.

8. InVision Studio

InVision Studio adalah salah satu aplikasi pembuat situs web yang jarang digunakan saat ini. Namun, beberapa pengembang situs web masih menggunakannya untuk membuat situs web bergaya tradisional menjadi lebih modern dan kontemporer.

Ini karena InVision Studio memiliki sejumlah fitur yang lebih memudahkan pengembang situs web, serta tampilan dan nuansa yang lebih intuitif daripada aplikasi lain.

9. Zyro

Zyro adalah aplikasi yang memudahkan pengembangan situs web tanpa pengkodean manual. Aplikasi Zyro juga hadir dengan lebih dari 160 template yang variatif dan siap pakai sesukamu, sob!

10. Squarespace

Squarespace juga menawarkan fitur yang memungkinkan Anda membuat situs web tanpa harus membuat kode secara manual. Aplikasi Squarespace dapat dikelola melalui platform Android. Aplikasi website ini cukup sensitif dalam pengoperasiannya.

Squarespace mendukung kenyamanan kustomisasi template, memiliki kemampuan SEO dan fitur toko online untuk mendukung proses jual beli.

Komponen untuk membuat website

Nah, itulah beberapa aplikasi website persembahan yang disusun oleh Jagoan Hosting. Sebelum membuat website, Anda harus terlebih dahulu memahami komponen-komponen yang membentuk sebuah website. Berikut adalah 2 komponen utama yang harus dimiliki sebuah website agar dapat berfungsi dengan baik. Aplikasi Website Gratis

1. Domain

Komponen pertama dari sebuah situs web adalah domain. Domain dianalogikan dengan alamat rumah. Dengan adanya domain, website mudah diakses dan tidak mempersulit pekerjaan pengunjung dibandingkan dengan menggunakan alamat IP.

Komponen ini juga penting untuk situs Anda karena Anda dapat menggunakan sch.id untuk sekolah untuk menentukan kategori situs yang berguna, .COM untuk tujuan komersial, dll.

2. Hosting

Komponen website selanjutnya adalah hosting. Hosting itu sendiri digunakan untuk menyimpan berbagai data seperti CMS, foto, artikel dan lain sebagainya. Komponen ini sangat penting untuk website karena memungkinkan website untuk online dan diakses dari jarak jauh.

Anda bisa mendapatkan hosting dengan menyewanya dari penyedia hosting. Usahakan untuk memilih penyedia hosting terbaik karena kualitas hosting mempengaruhi kinerja website yang sedang dikembangkan.

Itulah beberapa rekomendasi Aplikasi Website Gratis yang dapat Anda gunakan. Jadi Anda tidak harus pandai pemrograman untuk membuat website Anda? Eits, tetap jangan lupa komponen utama pembuatan website ya!