Panduan Cara Login ke Cpanel Website dan Blog dengan Mudah

Cara Login ke Cpanel Website — Ketika Anda membeli paket penyedia hosting dan layanan domain, Anda secara otomatis menerima bonus dalam paket tersebut berupa link yang mengarahkan Anda ke cPanel. Tautan ini adalah tautan untuk mengkonfigurasi dan mengontrol panel yang dapat Anda kelola untuk semua masalah teknis yang terkait dengan kontrol sdan dan pengembangan situs web Anda.

Hanya saja mungkin tidak semua orang tahu atau tidak mengerti cara mengkonfigurasi pengaturan cPanel. cPanel sering membingungkan bahkan pemula karena banyak fungsi yang tidak diketahui atau disalahgunakan. Namun, sebenarnya cPanel memiliki antarmuka yang terlihat cukup intuitif dengan fitur yang bagus.

cPanel sendiri adalah landasan untuk mengedit dan mengembangkan situs web pribadi dan bisnis yang merupakan bagian dari paket yang Anda gunakan. Penyedia hosting menyediakan fitur ini dalam hal kemudahan penggunaan dan fitur yang ditawarkan sangat efisien, praktis, fungsional dan membuat website lebih menarik.

Mengenal Apa itu cPanel

cPanel adalah panel kontrol hosting web (perangkat lunak yang memfasilitasi pengelolaan server web hosting) yang dikembangkan oleh cPanel, L.L.C., sebuah perusahaan Amerika. Perangkat lunak ini menyediakan antarmuka pengguna grafis (GUI) dan alat otomatisasi yang dirancang untuk menyederhanakan proses hosting situs web untuk pemilik situs web atau pengguna akhir.

cPanel juga merupakan bagian dari rangkaian perangkat lunak yang disebut cPanel & WHM, yang memungkinkan administrator, pengecer, dan pemilik situs web pengguna akhir untuk mengontrol berbagai aspek administrasi situs web dan server melalui browser web standar dalam struktur tiga tingkat. Sementara cPanel terbatas untuk mengelola satu akun hosting, cPanel dan WHM memungkinkan Anda untuk mengelola seluruh server.

Kegunaan cPanel

cPanel dirancang dengan banyak fitur dari cPanel, tetapi berikut adalah beberapa fitur utama yang bisa Anda dapatkan dari cPanel:

  • Pemasangan sistem manajemen konten (CMS) yang dapat digunakan untuk mengelola konten situs web seperti Joomla, Joomla, WordPress, dan platform lainnya.
  • Ini membantu untuk menambahkan nama domain dan subdomain ke akun hosting.
  • Unggah file langsung ke server.
  • Membantu mengelola akun File Transfer Protocol (FTP) saat mengunggah file melalui FTP.
  • Buat dan kelola database pengarsipan konten di situs web Anda.
  • Mendiagnosis masalah di situs web Anda.

Cara Mengakses cPanel Website

cara login cpanel
cara login cpanel

Semua pengguna yang membeli paket hosting akan diberi tahu melalui email tentang detail akun cPanel mereka. Dengan hanya mengklik link yang telah disediakan, pengguna akan dibawa ke halaman cPanel, sehingga mereka hanya perlu memasukkan username dan password. Anda juga bisa langsung masuk ke login cPanel dengan memasukkan nama domain Anda, misalnya “(nama domain): 2083. Jika Anda telah menginstal SSL, itu akan menjadi “https” dan “: 2082” jika situs web Anda dimulai dengan “http”. Kemudian masukkan username dan password seperti biasa.

Setelah Anda memiliki akun hosting, Anda juga memerlukan aplikasi web untuk mengelola konten situs web Anda. Tergantung pada jenis web, pengguna dapat menginstal beberapa aplikasi CMS seperti WordPress, Drupal atau Joomla. Pilih CMS yang Anda inginkan dan klik tombol untuk menginstal. Metode ini sangat praktis berkat cPanel sebelumnya dan memandu pengguna melalui langkah-langkah yang dapat dipahami sepenuhnya.

Cara login ke cPanel Website dan Blog

Ada dua cara yang bisa Anda coba untuk mengakses cPanel, yang jika lebih sederhana, adalah sebagai berikut:

Cara login ke cPanel secara langsung

  • Ketik [NamaDomainAnda] / cpanel ke browser Anda. Jika Anda tidak dapat menjangkau alamat ini, silakan coba alamat alternatif lain, yaitu: cpanel.[NamaDomainAnda]
  • Masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda di email aktivasi.

Cara login cPanel jika nameserver domain belum mengarah

Jika pesanan hosting Anda menggunakan transfer domain saja atau pesanan hosting saja, untuk mengakses cPanel dari nama domain Anda (nama domain/cpanel), Anda harus mengarahkan server nama domain terlebih dahulu agar sesuai dengan server nama di email aktivasi. Namun, dibutuhkan setidaknya 6 jam untuk mengaktifkan nama domain sebelum domain benar-benar berkembang. Jadi, untuk saat ini, Anda dapat masuk ke cPanel dengan http: // IPAddress / cpanel atau http: // IPAddress: 2082.

Cara keluar atau logout dari cPanel

Anda harus keluar setiap kali Anda selesai menggunakan cPanel, karena ini memberi tahu server web bahwa Anda telah mengakhiri sesi Anda. Jika Anda tidak logout, server akan secara otomatis menutup sesi setelah waktu yang ditentukan. Mungkin juga penyerang menyusup ke koneksi terbuka dan mengeksploitasinya sebelum pemutusan otomatis terjadi. Untuk keluar dari cPanel, cukup klik tombol EXIT di pojok kanan atas.

Panduan Cara cPanel untuk meningkatkan keamanan website dan cPanel

Selain digunakan untuk menginstal aplikasi, mengunggah file, menambah domain, membuat email dengan akhiran nama domain, Anda juga dapat meningkatkan keamanan situs web Anda dengan cPanel. Ada banyak alat keamanan yang dapat digunakan, seperti:

Privasi Direktori adalah alat yang dapat membantu pengguna membuat kata sandi untuk folder tertentu di server.
IP Blocker adalah alat yang membantu pengguna memblokir lalu lintas dari alamat IP tertentu yang mereka yakini menyebabkan masalah atau masalah.

Sedangkan jika Anda ingin menambahkan password pada direktori cPanel Anda, pilih Directory Privacy pada bagian File, lalu tentukan direktori mana yang ingin Anda tambahkan security password. Namun, jika Anda ingin memblokir alamat IP tertentu, klik Pemblokir IP di bagian Keamanan, lalu masukkan alamat IP yang ingin Anda blokir.

Kesimpulan Cara Login ke Cpanel Website

Selain untuk melindungi website dan memblokir website yang dianggap ancaman, cPanel juga dapat digunakan untuk menyimpan dan mengakses data di layanan Database atau di perangkat. Jika Anda adalah pengguna platform web WordPress, semua data di situs web Anda disimpan dalam database terpisah.

Namun, alat database ini jarang digunakan, seperti cPanel untuk melihat log kesalahan. Berkat fitur cPanel ini, ia muncul dan menjalankan fungsinya hanya ketika pengguna mengalami masalah dengan situs web mereka. Log kesalahan server akan membantu Anda mengetahui apa yang terjadi atau menyerang situs Anda dan Anda dapat mengakses bagian Kesalahan di bagian Metrik.

Di antara banyak hal dan layanan yang ditawarkan cPanel kepada pengguna, mungkin kedua alat yang baru saja disebutkan tidak banyak digunakan, karena selain dari sifat teknis, biasanya ada sistem otomatis yang langsung menanganinya ketika ada masalah. Tetapi fitur dan alat cPanel lainnya bisa sangat menarik tanpa memerlukan pengetahuan pengkodean apa pun, dan Anda dapat menyesuaikan pengaturan sesuai keinginan Anda.