Kini Pengguna Instagram dan Facebook Bisa Sembuyikan Jumlah “Like”

Liputanberitaku.com – Sejak 2019, Instagram berencana menyembunyikan jumlah “like” secara global. Salah satu pertimbangannya adalah bahwa pengguna tidak akan menuruti jumlah “like” yang dapat mempengaruhi kesehatan mental mereka.

Setelah melewati masa uji coba, akhirnya Instagram resmi meluncurkan fitur untuk menyembunyikan jumlah “like” di platformnya.

Fitur ini juga muncul di jejaring sosial Facebook. Adam Mosseri, CEO Instagram, langsung menyampaikan kabar tersebut dalam foto yang diunggah melalui akun Instagram resminya (Rabu (26/5/2021)).

Mosseri berkata: “Mulai hari ini, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan jumlah suka pada posting orang lain dan posting Anda sendiri, sehingga orang tidak dapat melihat jumlah suka yang Anda dapatkan”.

Menurut Mosseri, fitur ini akan memberi pengguna kontrol lebih besar atas pengalaman mereka saat menggunakan aplikasi milik Facebook.

Dalam keterangan terpisah yang diunggah di blog resminya, Instagram mengungkapkan bahwa, fitur untuk menyembunyikan jumlah likes ini merupakan perubahan besar.

Dengan hadirnya opsi untuk menghilangkan jumlah like ini, Instagram ingin penggunanya bisa lebih fokus pada pada konten yang diunggah, tidak sekadar adu banyak like.

“Tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat kecemasan dan mengurangi komparasi sosial,” ujar pihak Instagram beberapa waktu lalu.

Cara menyembunyikan jumlah “like”

Rindi Tech

Pengguna bisa menyembunyikan jumlah “like” akun yang di-follow melalui “Posts” di opsi pengaturan. Dari ilustrasi di atas, pengguna hanya perlu menyalakan tombol “hide like and view counts”. Selain itu, pengguna juga bisa menyembunyikan jumlah “like” di unggahan miliknya.

“Caranya, ketika membuat unggahan, pergi ke ‘advanced settings’ lalu aktifkan opsi ‘hide like and view counts’,” tulis Instagram.

Menurut pantauan KompasTekno, fitur menyembunyikan hitungan “like” ini belum tersedia pada aplikasi Instagram versi terbaru 189.0.0.41.121 di Android.

Kemungkinan fitur baru ini akan digelontorkan Instagram secara bertahap kepada penggunanya di seluruh dunia. Sedangkan untuk Facebook, fitur ini baru akan hadir dalam beberapa minggu ke depan,

Pengguna bisa menyembunyikan hitungan “like” di Facebook dengan pergi ke menu “settings” > “news feed settings” > “reaction counts” > “hide number of reactions”.

Pengguna nantinya akan diberikan dua opsi yaitu untuk menyembunyikan jumlah “likes” di unggahan orang lain, atau di unggahan miliknya sendiri. Untuk mengaktifkannnya, pengguna tinggal menggeser tombol toggle ke arah on pada opsi yang diinginkan.

 

 

 

Artikel asli