Uraian atau Informasi Tambahan Pada Suatu Teks Disebut

Uraian atau Informasi Tambahan Pada Suatu Teks Disebut

Pada artikel ini Mari kita bahas Uraian atau Informasi Tambahan Pada Suatu Teks Disebut : gagasan penjelas.

Teks laporan hasil observasi, gagasan penjelas berupa kalimat-kalimat yang mendeskripsikan objek yang terdapat pada gagasan pokok.

Gagasan penjelas adalah salah satu bagian dari sebuah paragraf. Anda dapat menemukan contoh kalimat penjelasan dalam berbagai jenis teks, seperti artikel, berita, informasi, dan ulasan. Dalam sebuah paragraf, kalimat penjelas memiliki deskripsi dari kalimat utama. Selain itu, terdapat beberapa ciri kalimat penjelas yang melengkapi kalimat utama bagian tersebut.

Pengertian gagasan penjelas adalah kalimat yang menjelaskan ide pokok dari kalimat utama. Untuk membuat paragraf yang baik, kalimat utama digunakan untuk menggambarkan gagasan utama atau gagasan  umum. Ide pokok tersebut kemudian dideskripsikan atau dijabarkan lebih lanjut dengan kalimat penjelas.

Dengan adanya kalimat penjelas pembaca akan lebih mudah memahami gagasan utama dari sebuah kalimat yang diuraikan penulis dalam tulisannya.

Contoh pada teks “Wayang

Wayang wong (bahasa Jawa yang berarti ‘orang’) adalah salah satu pertunjukan ini yang diperankan langsung oleh orang. orang yang dikenal di suku Banjar adalah  gung, sedangkan yang dikenal di suku Jawa adalah topeng. Wayang topeng dimainkan oleh orang yang menggunakan topeng. Tersebut dimainkan dengan iringan gamelan dan tari-tarian. Perkembangan wayang orang pun saat ini beragam, tidak hanya digunakan dalam acara ritual, tetapi juga digunakan dalam acara yang bersifat menghibur.

Kalimat “Wayang wong (bahasa Jawa yang berarti ‘orang’) adalah salah satu pertunjukan yang diperankan langsung oleh orang.” merupakan kalimat utama dengan gagasan pokoknya adalah wong”.

Kalimat berikutnya merupakan uraian atau informasi tambahan mengenai Wayang Wong yang diuraikan dalam gagasan penjelas.