Alat Ukur Jumlah Zat

Alat Ukur Jumlah Zat

 

Jawaban pendek:

Alat ukur jumlah tidak ada yang mengukur jumlah zat langsung, melainkan jumlah zat atau molaritas diukur secara tidak langsung dengan menggunakan massa zat dan massa molar zat tersebut, atau dengan menggunakan konsentrasi zat dalam larutan.

 

Jawaban panjang:

Jumlah zat dinyatakan dalam mol, di mana satu mol adalah jumlah zat sebanayk 6,022 x 1023 partikel zat tersebut (bilangan Avogadro). Namun tidak ada alat khusus yang langsung bisa mengukur berapa mol suatu zat atau berapa jumlah partikel dari zat itu.

Untuk mengukur jumlah zat tersebut, kita harus melakukan pendekatan tidak langsung.

Salah satu cara adalah dengan menggunakan massa molar. Massa molar adalah massa unsur kimia tertentu atau senyawa kimia (dalam satuan gram) dibagi dengan jumlah zat (mol). Massa molar senyawa dapat dihitung dengan menjumlahkan massa relatif dari atom-atom penyusunnya.

Contohnya emas murni memiliki massa molar 196 gram per mol. Bila kita memiliki suatu batangan emas 24 karat (murni) dengan berat 10 gram maka jumlah zat emas dalam batangan tersebut adalah:

n = m/M

= 10/196

= 0,05 mol

 

Cara lainya adalah dengan menghitung konsentrasi larutan. Dari konsentrasi larutan kita akan mendapatkan massa zat terlarut dan kemudian kita akan bisa menghitung jumlah zat terlarut.