Karakteristik Wilayah Daratan dan Perairan Indonesia

Karakteristik Wilayah Daratan danPerairan Indonesia–Ciri-ciri daratan Indonesia berupa pulau-pulau dengan relief yang berbeda-beda. Sedangkan perairan Indonesia dicirikan oleh perairan darat dan laut yang bersuhu hangat, sehingga banyak potensi sumber daya alam. Karakteristik wilayah daratan dan perairan Indonesia terkait dengan letak geologis dan maritim Indonesia.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada 6°LU – 11°LS dan 95°BT – 141°BT. Inilah sebabnya mengapa Indonesia memiliki iklim tropis dengan banyak curah hujan.

Secara geografis perairan Indonesia yang kaya akan pulau-pulau lebih luas dibandingkan dengan daratan, yaitu 1:2. Itulah sebabnya Indonesia juga disebut sebagai negara maritim.

Perairan Indonesia dikenal hangat. Tak heran, kekayaan alam laut Indonesia sangat beragam. Perairan Indonesia terdiri dari laut, teluk, selat, sungai dan danau. Ini termasuk Laut Jawa yang merupakan salah satu laut terluas di Indonesia.

Sedangkan nusantara khas daratan Indonesia. Indonesia memiliki sekitar 17.508 pulau dari Sabang sampai Merauke.
Tanah Indonesia juga mencakup fenomena alam seperti pegunungan, dataran tinggi, dataran dan lembah. Sedangkan gunung tertinggi di Indonesia adalah Puncak Jaya (4884m) di Papua.

Karakteristik Wilayah Daratan dan Perairan Indonesia

Diskusi
Indonesia adalah negara kepulauan yang merupakan bagian dari benua Asia. Secara astronomis, Indonesia terletak pada 6°LU – 11°LS dan 95°BT – 141°BT. Konsekuensi dari posisi astronomi ini adalah sebagai berikut:

  • Indonesia memiliki iklim tropis dengan sinar matahari yang intens sepanjang tahun dan curah hujan yang melimpah.
  • Indonesia dibagi menjadi 3 zona waktu yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

Perlu Anda ketahui bahwa selain letak astronomis, letak Indonesia juga dapat dibedakan berdasarkan penjelasan berikut ini:

  • Lokasi Geografis: Sebuah lokasi berdasarkan kondisi sebenarnya di Bumi. Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudra (Hindia dan Pasifik).
    Letak geologis, yaitu lokasi yang didasarkan pada keadaan struktur batuan. Secara geologis, Indonesia dilintasi oleh tiga lempeng (Eurasia, Indo-Australia, dan Samudra Pasifik) dan dua gunung di sekitarnya (Laut Mediterania dan Samudra Pasifik).
  • Letak geomorfologi, suatu tempat berdasarkan bentuk permukaan bumi. Secara geomorfologi, Indonesia memiliki bentang alam yang beraneka ragam yang terdiri dari pegunungan, dataran tinggi dan dataran.
    Keadaan laut, suatu tempat berdasarkan keadaan air laut. Dari segi maritim, Indonesia terletak di antara Laut Cina Selatan, Samudera Hindia, dan Samudera Pasifik.