Pengertian Wilayah Menurut Para Ahli

Pengertian Wilayah Menurut Para Ahli–Mungkin kata “wilayah” sudah cukup sering muncul atau terdengar di kalangan masyarakat apalagi pelajar, yang bermakna daerah otonom. Namun belum tentu semua kalangan mengetahui pengertian wilayah menurut para ahli sesuai pandangan masing-masing. Untuk tahu lebih lanjut, silahkan simak ulasan berikut.

Ciri Ciri Wilayah

Setelah melihat beberapa pengertian wilayah menurut para ahli, rasanya kurang lengkap kalau tidak mengetahui ciri-ciri. Siapa tau dengan sedikit mengetahui, bisa membantu nantinya apabila diperlukan.

  • Pertama, dicirikan dengan tunggal yang mana digolongkan pada salah satu permukaan geografi.
  • Kedua, dicirikan dengan wilayah majemuk, dimana suatu area digambarkan dalam berbagai elemen geografi.
  • Ketiga, wilayah memiliki ciri keseluruhan dengan mengaitkan unsur-unsur baik segi alam, sosial, hingga biotik.

Selain ciri-ciri dari wilayah terdapat jenis yang membedakan, dimana untuk uniform region (berdasarkan kesamaan seperti model perekonomian). Sementara nodal region atau wilayah fungsional lebih ke perbedaan, misal perkotaan.

Ciri yang dibarengi jenis-jenis wilayah kiranya dapat membantu dalam memenuhi target, salah satunya pembangunan berkelanjutan pada daerah yang dimaksud. Tidak hanya itu saja, pertumbuhan, keberimbangan, penguatan unsur terkait, dan kemandirian juga bisa dicapai untuk penyusunan wilayah.

Pembahasan

 Pengertian wilayah menurut para ahli:

  • M.M. Fenneman: Wilayah merupakan daerah tertentu yang seluruhnya dicirikan oleh fitur permukaan yang serupa atau terkait erat serta dapat dibedakan dengan daerah sekitar.
  • A.J. Herbertson: Wilayah merupakan suatu kompleks tanah, air, udara, tumbuhan, hewan dan manusia yang dilihat memiliki hubungan khusus dalam membentuk bagian permukaan bumi yang pasti dan khas.
  • B.A. Botkin: Wilayah merupakan istilah geografi yang mengacu pada tipe lingkungan di mana unsur-unsur geografis dikombinasikan dalam hubungan tertentu yang pasti dan konstan.
  • Richard Hartshorne: Wilayah adalah lahan di lokasi tertentu yang agak berbeda dari lahan-lahan yang lain dan membentang sejauh pembedaan itu ada.
  • Bintarto dan Hadisumarno: Wilayah merupakan permukaan bumi yang dapat dibedakan dalam hal-hal tertentu dari daerah di sekitarnya.
  • Rustiadi, dkk.: Wilayah merupakan suatu unit geografis dengan batas-batas spesifik tertentu. Komponen-komponen wilayah tersebut saling berinteraksi satu sama lain secara fungsional.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka ahli yang mengemukakan pengertian wilayah sebagai permukaan bumi yang dapat dibedakan dalam hal-hal tertentu dari daerah di sekitarnya adalah Bintarto dan Hadisumarno.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.