Kaktus yang Berbunga: Jenis dan Tips Perawatannya

Hai Sobat Liputan Mania. Apakah kamu ingin mendapatkan tanaman unik untuk menghiasi rumah kamu? Mungkin kamu bisa memilih tanaman kaktus yang bisa berbunga. Tanaman kaktus yang bisa berbunga memiliki banyak varian rupa yang unik dan cantik. Tak hanya menarik, tanaman ini juga mudah diperhatikan dan tidak membutuhkan banyak perawatan. Yuk, simak artikel mengenai kaktus yang berbunga: jenis dan tips perawatannya.

Kaktus yang Berbunga: Jenis dan Tips Perawatannya

kaktus yang berbunga

Apa Itu Kaktus yang Berbunga?

Kaktus yang berbunga adalah jenis kaktus yang memiliki tulang duri tapi bisa berbunga. Para ahli memanggilnya sebagai cactaceae. Kaktus yang berbunga termasuk dalam jenis kaktus yang tahan terhadap panas dan sangat cocok untuk tinggal di dataran tinggi. Mereka sengaja diperbudak untuk memiliki mekar yang indah di tengah dataran tinggi. Selain itu, kaktus yang mekar juga tahan terhadap kekeringan dan perbedaan cuaca yang drastis.

Kaktus yang berbunga terkenal dengan bentuk uniknya. Beberapa jenis kaktus yang mekar umumnya berbentuk bulat, pipih, menyempit, melengkung, berongga, atau pun lonjong. Walaupun berapa mempunyai bentuk tubuh yang unik, kaktus yang mekar juga memiliki duri yang bisa membahayakan.

Jenis-Jenis Kaktus Berbunga

Astrophytumbut Natans (Kaktus Perdu)

Kaktus Astrophytumbut Natans adalah kaktus dari daerah desert di Amerika Selatan. Sama seperti jenis kaktus lainnya, kaktus Astrophytumbut Natans memiliki tulang Duri. Kaktus ini memiliki nama lain yakni kaktus Perdu. Bentuknya yang bulat dan datar membuatnya nyaman ditaruh di rak tanaman atau lemari. Walaupun kecil, kaktus ini bisa memiliki warna bunga berwarna merah dan ungu. Namun, perlu diingat bahwa kaktus Astrophytumbut Natans bisa rapuh apabila terkena sinar matahari secara terus menerus.

Cephalocereus Senilis (Kaktus Janggelan)

Cephalocereus Senilis adalah contoh kaktus kerdil yang bisa mekar . Ia juga dikenal dengan sebutan kaktus janggelan. Sama seperti jenis kaktus lainnya, kaktus janggelan punya bunga yang berwarna indah. Yang membuatnya unik adalah warna bulunya yang berwarna putih. Warna bulu ini berasal dari cangkang luarnya yang berparameter tebal, sehingga mudah dilekatkan banyak debu dan serangga.

Mammillaria (Kaktus Labu)

Mammillaria adalah kaktus yang memiliki tubuh yang berbentuk pipih seperti labu. Kaktus ini sangat khas dengan duri-durinya yang sangat jelas. Dulunya di Eropa, kaktus ini hanya biasa ditemukan di gurun pasir dekat Sire dan Mesir. Namun, kini kaktus Mammillaria mudah ditemukan di Indonesia dan berbagai penjuru dunia.

 

Tips Perawatan Kaktus yang Berbunga

Cahaya

Kalau ingin menanam tanaman yang berbunga, pastikan itu bisa mendapatkan cahaya dari matahari di sore hingga tengah malam. Beberapa kaktus yang mekar membutuhkan waktu untuk mengadaptasikan diri dengan sinar matahari saat baru ditanam. Jadi, awasi tanaman kaktus yang Anda tanam, terutama pada masa peralihan dari matahari terik ke hari yang lebih panjang.

Pemupukan

Kaktus yang Memiliki Bunga memerlukan nutrisi yang terutama berasal dari pupuk. Pupuk ini berfungsi untuk mempercepat pertumbuhannya dan melapisi permukaan duri yang kecoklatan. Biasanya duri berwarna kecoklatan ini bisa menjadi bukti bahwa tanaman kaktus yang Memiliki Bunga Anda tidak mendapatkan cukup pupuk. Pupuk yang baik yang bisa dipakai untuk tanaman kaktus yang mekar adalah pupuk alam yang berbahan dasar kotoran hewan.

Pemangkasan

Beberapa jenis kaktus yang Memiliki Bunga tidak memerlukan perawatan yang terlalu mendalam. Namun, ada juga jenis kaktus yang berbunga yang sangat memerlukan perawatan yang teliti, salah satunya adalah pemangkasan. Pemangkasan kaktus yang tepat dapat meningkatkan produksi bunga dan membuat kaktus terlihat lebih rapi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemangkasan kaktus antara lain memilih alat pemangkas yang bersih dan tajam, memangkas pada waktu yang tepat, serta memperhatikan bentuk kaktus yang diinginkan. Selain itu, setelah pemangkasan, sebaiknya potongannya diobati dengan bahan pengering dan dihindarkan dari paparan sinar matahari langsung untuk menghindari infeksi.

Dengan pemangkasan yang tepat, kaktus yang berbunga akan tumbuh dengan sehat dan indah. Namun, jangan lupa untuk tetap memberikan perawatan yang baik seperti penyiraman yang cukup dan pemupukan teratur.

Ă—