16 Tanaman Kaktus yang Bisa Berbunga akan Menjadi Trend di Tahun 2021

liputanberitaku.com– Dahulunya kaktus cuman persamaan kata dari gurun pasir dan tumbuhan menjemukan, tetapi rupanya ada pil tumbuhan kaktus yang dapat mekar, hingga percantik ruang. Kondisi pandemi Covid-19 mewajibkan warga kurangi kegiatan di luar rumah, hingga menggerakkan kecondongan untuk menjaga dan mengumpulkan tanaman hias di dalam rumah.

Pada akhirnya beberapa macam tanaman hias alami harga tinggi karena tingginya keinginan.

Tetapi, menjaga tanaman kaktus berbunga tidak gampang. Apa lagi bila ditanamkan dalam ruang dalam pot kecil, akan makin susah untuk keluarkan bunganya.

Tanaman Meksiko ini harus mempunyai keadaan bagus supaya wilayah aslinya dapat mengalami perkembangan. Cuaca panas dan kering benar-benar memberikan dukungan proses pembungaan.

Tanaman kaktus yang direferensikan dapat berbunga

Bila Anda berminat untuk mengganti kaktus berbunga jadi tanaman hias untuk percantik rumah, berikut referensi tipe kaktus yang sudah kami kumpulkan:

Kaktus mini Astrophytum

Tanaman kaktus ini, yang kemungkinan mekar tipe Astrophytum pertama, terlihat seperti belimbing atau belimbing.

Bunganya warna kuning, merah dan merah muda. Batangnya seperti bola. Tipe kaktus mini ini lumayan gampang berbunga.

Untuk memperbesar bunga, Anda dapat menempatkan kaktus hias ini di ruang bersuhu sekitaran 40 ° C, tetapi tidak boleh terlampau terkena cahaya matahari.

Kaktus mini Gymnocalycium

Tanaman kaktus berbunga ke-2 ini dari tipe Gymnocalycium mempunyai wujud yang seperti labu rusa sebagai tanaman berbunga.

Lucunya pada bagian sundul tempat timbulnya bunga tidak penuh duri. Bunga-bunga mekar dengan cantik di sejumlah segi dengan warna yang paling ceria.

Untuk yang ribet pilih tanaman hias, Gymnocalycium bisa saja opsi untuk percantik ruang Anda!

Kaktus Ariocarpus mini

Kaktus berbunga ke-3 ialah kaktus hias Ariocarpus, yang umumnya berlainan dengan kaktus berduri.

Orang ini tidak mempunyai paku sama sekalipun. Daun kaktus mini ini berupa prisma. Beberapa mempunyai ujung meliuk, pijakl, atau lancip.

Simak juga : Selainnya Sebagai Tanaman Hias, Ini Ia Faedah Kaktus !

Bunganya memiliki ukuran besar, nyaris seukur tangkai dan ada dalam beragam warna seperti ungu, putih, merah muda, kuning dan merah.

Kaktus mini Echinofossulocactus

Kaktus mini Echinofossulocactus ini sebagai tanaman kaktus yang bisa berbunga tetapi bisa memberinya perkembangan yang lamban.

Perlu waktu sekitaran tiga tahun untuk melepas bunganya. Bunganya sendiri warna putih, merah dan kuning.

Kaktus mini ini kelihatan unik karena batangnya yang warna hijau tua dikitari duri memiliki ukuran besar.

Kaktus mini Lobivia Oganmaru

Tanaman kaktus yang bisa berbunga ialah Lobivia oganmaru yang mempunyai wujud yang aneh dibanding dengan kaktus mini yang lain.

Batangnya tidak bundar atau memanjang tetapi gepeng. Antiknya, di ujung tangkai gepeng ada sisi yang lain warna kuning seperti simbol.

Kaktus dengan tinggi capai 10 cm ini dapat ditempatkan dimana saja Anda dapat membuat dekorasi ruang Anda, misalkan sebagai dekor ruangan tamu.

Kaktus mini Mammillaria elongata

Kaktus mini tipe Mammillaria elongata sebagai tanaman kaktus yang dapat berbunga.

Spesies ini terbagi dalam banyak tangkai yang semua permukaan atasnya tertutupi duri-duri lembut warna kuning.

Kaktus tipe ini dapat tumbuh sampai 20 cm dan hasilkan bunga warna putih.

Tetapi harus diingat jika salah satunya langkah menjaga tanaman tipe ini dengan menempatkannya pada tempat teduh dan sedikit cahaya matahari supaya berusia panjang.

Kaktus mini Mammillaria fraileana

Tanaman kaktus berbunga ini dapat disebut cukup semarak performanya. Tangkai khusus tertutupi dengan duri bundar warna coklat kemerahan.

Saat bunganya telah besar, ukuran lumayan besar dan tidak cuma satu. Tangkai kecil ada disekitaran tangkai khusus.

Kaktus Ariocarpus mini

Kaktus tipe Ariocarpus ini sebagai tanaman kaktus yang dapat berbunga. Memiliki bentuk unik dengan beragam jenis warna floral yakni kuning, pink, putih dan merah.

Daunnya meliuk cantik berbentuk prisma. Kekhasan yang lain, tipe kaktus ini tidak berduri hingga terbebas kemungkinan dari ditusuk.

Supaya bunganya mekar prima, tempat tanam khusus harus dipakai untuk kaktus. Disamping itu, tempatkan di lokasi yang terserang cahaya matahari dan tidak di lokasi yang lembab.

 

Kaktus Natal

Kaktus yang sama dengan berlibur natal ini berisikan tanaman kaktus yang dapat mekar cantik saat musim natal.

Country Living memberikan laporan jika tipe tanaman ini memerlukan semakin banyak air dibanding kaktus biasa serta lebih pas untuk cuaca yang sedikit lembab.

Bunga tanaman warna merah muda ceria, hingga menjadi ornament natal yang semarak.

Kaktus natal termasuk juga dalam kelompok perawatan gampang karena tak perlu diminum tiap hari. Sepanjang tanah tidak kering, tak perlu disiram.

 

Kaktus mini Cereus tetragonus

Tanaman kaktus berbunga Cereus tetragonus ini sebagai tanaman asli Amerika dan disebutkan kastil peri karena memiliki bentuk yang seperti kastil dan bisa tumbuh tinggi.

Bunga kuning atau putih selanjutnya akan ada di salah satunya kuncup. Tetapi, ini jarang ada . Maka hati-hatilah supaya tidak tertipu beli kaktus kastil peri yang direkatkan dengan bunga palsu.

Tanaman ini pas untuk pemakaian dalam ruang dan gampang diatasi untuk yang baru memulai. Sayang, perlu waktu yang lama untuk tanaman untuk berbunga kembali sebelumnya setelah berbunga.

Dengan memakai pot yang dibuat dari tanah liat, tanaman ini jadi lebih berbunga. Disamping itu, hati-hatilah supaya tidak tuangkan kebanyakan supaya akar tidak membusuk.

Kaktus Mini Gymnocalycium Mihanovichii Star Fire

Tanaman kaktus berbunga varietas ini umumnya mekar di bulan Maret dan Mei. Warna bunganya juga berbagai macam yakni kuning, jingga dan merah.

Ciri-ciri pembanding lain dari tanaman ini ialah skema bintik putih tempat duri tumbuh.

Seperti tipe kaktus yang lain, penyiraman terlalu berlebih akan berpengaruh negatif pada tanaman ini.

Kaktus mini ini berupa bundar dan kelihatan menggemaskan di sudut rumah. Sepatu boot dengan kombinasi tone hijau dan coklat.

Kaktus Parodia nivosa

Tanaman kaktus berbunga ini mempunyai penampilan yang lucu yakni Parodia nivosa.

Tanaman hias ini dikenal juga bernama kaktus tepung. Badan bundar tertutupi dengan rambut lembut dan padat seperti bedak.

Bunganya yang imut dan warna merah jambu bersebaran disekitaran tanaman. Tanaman ini memerlukan semakin banyak air dan semakin sedikit sinar dibanding dengan tipe kaktus yang lain.

Kaktus mini Wijayakusuma

Sedikit yang ketahui jika bunga Wijayakusuma sebagai salah satunya tipe tanaman kaktus yang bisa berbunga secara baik.

Tanaman hias yang dikenal juga dengan panggilan ratu malam atau lady of the night memiliki ukuran kecil dan besar.

Sama dengan namanya, bunga yang dibuat akan mekar saat malam hari dan kuncup kembali pada pagi hari.

Kaktus Mammillaria

Mammillaria sebagai salah satunya tipe kaktus yang rajin berbunga, khususnya pada musim panas. Memiliki bentuk umumnya bundar dan tumbuh bergerombol.

Beberapa spesies yang pantas dikoleksi ialah Mammillaria guelzowiana, yang bunganya wangi, dan Mammillaria zeilmanniana (Kaktus Bantalan Rosy), yang bunganya mekar selama setahun.

Kaktus Astrophytum myriostigma

Astrophytum myriostigma ialah tanaman hias yang dikenal juga sebagai Kaktus Topi Episkopal.

Disebutkan begitu karena memiliki bentuk seperti topi uskup. Berlainan dengan kaktus yang lain, tanaman kaktus berbunga ini tidak berduri.

Saat bunganya warna kuning atau kuning, berwarna jadi merah.

Kaktus laba-laba

Gymnocalycium oehnanthemum x horstii ialah nama ilmiah untuk kaktus laba-laba.

Kaktus berbunga ini mekar pada musim panas. Ciri-ciri uniknya ialah duri keriting dan bunga merah muda besar.

 

Panduan menjaga kaktus di dalam rumah

Diambil dari account Instagram Departemen Pertanian, mereka membagi lima panduan perawatan kaktus di dalam rumah, berikut langkah gampangnya:

Yakinkan tanaman kaktus memperoleh cahaya matahari yang cukup. Tanaman ini bisa ditaruh di dekat jendela minimal sepanjang empat jam tiap hari.
Tuangkan kaktus tiap dua sampai tiga minggu. Dianjurkan untuk memakai air hangat saat pagi hari.
Lihat temperatur ruang, tanaman bisa tumbuh subur bila ditempatkan di lokasi yang sejuk dan teduh dan yakinkan tidak lembab!
Lihat media tanamnya, dapat memakai tempat tanam dengan formasi tanah, pasir kasar dan debu batubara. Susunan debu batubara yang memiliki rongga dan terbuka bisa membuat kaktus tumbuh dengan sehat. Juga bisa dipertambah tepung tulang dan bubuk jeruk nipis untuk perkuat fisik kaktus dan kurangi keasaman media.
Kajin untuk memberinya pupuk. Penggunaan kaktus ekonomis karena pemupukan untuk tanaman cuman dipakai satu tahun sekali, seperti kompos.

Nach, demikian rangkuman referensi tanaman kaktus yang dapat berbunga buat kamu buat tanaman hias di dalam rumah, pakai panduan perawatannya!