Hari Musik Nasional
Hari Musik Nasional

Hari Musik Nasional: Sejarah dan Cara Merayakannya

Musik adalah sarana ekspresi yang memungkinkan Anda untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan Anda. Musik di Indonesia beragam mulai dari musik tradisional hingga musik modern. Semakin deras arus globalisasi, semakin banyak pula musik asing yang mewarnai dunia musik di Indonesia. Hal ini semakin meminggirkan musik tradisional. Namun, dengan Hari Musik Nasional, hal itu seringkali masih merupakan upaya melestarikan keragaman musik Indonesia.

Setiap 9 Maret adalah Hari Musik Nasional. Hari Musik Nasional di Indonesia merupakan momen penting dalam pengakuan musik. Tanggal 9 Maret bukanlah peringatan biasa Hari Musik Nasional, karena merupakan hari ulang tahun Wage Rudolf Soepratman, guru, jurnalis, pemain biola, dan komposer Belanda asal India Timur yang menggubah lagu Indonesia Raya “Indonesia Raya”.

Kami merangkum lengkap sejarah Hari Musik Nasional dan cara merayakannya:

Sejarah Hari Musik Nasional

Seperti yang kami tulis sebelumnya, 9 Maret 1903 adalah hari ulang tahun W. Soepratman, pencipta lagu Indonesia Raya. Definisi hari itu dibuat oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di n. 1. dengan keputusan presiden. 2013. 10.

Keppres yang diluncurkan oleh kemdikbud.go.id menyebutkan bahwa musik adalah istilah budaya universal dan multidimensi yang mewakili nilai-nilai kemanusiaan yang luhur dan memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Memang, rencana untuk mendeklarasikan Hari Musik Nasional 9 Maret telah dikembangkan sejak tahun 2003 di bawah kepemimpinan Presiden Megawati Soekarno Putri, atas saran dari Persatuan Seniman dan Artis Rekaman Indonesia (PAPPRI). Hanya butuh satu dekade untuk rencana dibuka pada 9 Maret 2013.

Namun perlu diketahui bahwa tanggal 9 Maret sebagai hari lahir WR Soepratman didasarkan pada putusan Pengadilan Negeri Purworejo 04/Pdt/P/2007/PN PWR tanggal 29 Maret 2007. Putusan pengadilan tersebut disetujui oleh pihak keluarga. dari WR Supratman.

Baca Juga  Kisah Richard Garriott, Penjelajah yang Berhasil Capai Titik Terdalam Bumi

Sebenarnya W.R. Soepratman lahir pada 19 Maret 1903, sehingga penetapan Hari Musik Nasional menjadi bahan perdebatan. Namun, mengacu pada Keppres n. 10 Republik Indonesia Tahun 2013, Real Music Day merupakan bentuk apresiasi terhadap bangsa Indonesia oleh masyarakat Indonesia serta meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi para musisi Indonesia. untuk meningkatkan prestasi dunia musik.

Jadi, meski tanggalnya berbeda dengan tanggal lahir W. R. Soepratman yang asli, namun esensi peringatan hari musik itu tetap harus diterima.

Cara Merayakan Hari Musik Nasional

Cara terbaik untuk merayakan Hari Musik Nasional adalah menghabiskan hari dengan mendengarkan berbagai musik Indonesia dan belajar tentang alat musik tradisional, dan jika Anda ingin benar-benar berjiwa petualang, mulailah menelusuri musik dari berbagai budaya Indonesia di YouTube.

Berbagi artikel tentang musisi tua Indonesia juga merupakan kesempatan menarik untuk berbagi pengetahuan tentang tokoh-tokoh terkemuka kehidupan musik Indonesia dengan lingkungan sekitar.

Anda juga bisa mengcover beberapa lagu dan membagikannya di media sosial untuk membantu masyarakat mengapresiasi dunia musik dan musisi Indonesia.