Top Free Monitoring Server Tool

Top Free Monitoring Server Tool–Pemantauan server sangat penting untuk mengetahui apakah server berfungsi dengan baik. Anda dapat memenuhi semua permintaan klien dengan memantau kinerja server dengan alat pemantauan server. Dimulai dengan penyediaan sumber daya, penyimpanan, dan prosesor berperforma tinggi untuk setiap kebutuhan. Sampai Anda mengetahui apa yang terjadi di jaringan Anda dan mengotomatiskan berbagai pemeriksaan jaringan.

Komputer server memonitor server selama 24 jam selama 7 hari. Komputer Anda digunakan untuk menjaga server Anda stabil dan efisien. Layanan monitoring ini dilakukan secara online dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Ada banyak aplikasi monitoring server gratis yang bisa Anda gunakan untuk memonitor performa server. Namun, Anda harus terlebih dahulu membaca apa itu pemantauan dan apa masalahnya dengan pemantauan server.

Apa itu Monitoring Server?

Monitoring server adalah tugas memonitor resource sistem server, seperti: CPU usage (penggunaan CPU), penggunaan memori (penggunaan RAM), jaringan, penggunaan disk (penggunaan disk), dan lain-lain. Karena kinerja suatu aplikasi atau website sangat bergantung pada kinerja server. Jadi, Anda memerlukan server pemantauan yang memastikan server Anda memenuhi semua kebutuhan situs Anda dan mengelola aplikasi Anda dengan benar.

Pemantauan server memberi Anda akses ke informasi tentang sistem operasi Anda. Misalnya, lihat cara kerja sistem Anda. Hal lain yang tidak kalah penting adalah Anda juga dapat memantau keamanan server Anda. Anda harus menggunakan alat pemantauan server untuk memastikan bahwa server berfungsi dengan benar. Setelah bagian di bawah ini, kami akan membahas alat pemantauan server terbaik yang dapat Anda gunakan.

Persoalan yang Sering Ditemukan dalam Monitoring Server

Mengelola sejumlah besar server dengan sumber daya terbatas adalah tantangan terbesar dalam pemantauan kinerja server. Karena server yang berbeda biasanya memiliki sistem operasi yang berbeda.

Ini membutuhkan metode otomatis dan lanjutan untuk menerapkan, mengelola, dan mengelola server. Oleh karena itu, pemantauan server penting untuk meningkatkan layanan sistem. Untuk meningkatkan cakupan layanan server Anda secara penuh dan komprehensif, Anda, sebagai pengembang, perlu mengenali lima masalah utama dalam manajemen server:

1. Kapasitas disk space yang minim.

Karena peningkatan konstan dalam jumlah aplikasi komputer, file dan ERP yang digunakan, kebutuhan ruang disk terus meningkat.

Dengan bertambahnya jumlah data, demikian pula waktu respons. Ini karena aplikasi yang bertanggung jawab untuk membaca dan menulis data tidak bekerja secara efisien ketika ruang disk hampir habis.

2. Pemakaian CPU yang berlebih.

Sebagai otak dari sebuah server, CPU memiliki batas kapasitas tertentu. Ini berarti bahwa CPU memiliki kemampuan terbatas untuk menangani permintaan pemrosesan untuk aplikasi yang membutuhkan sumber daya.

Penggunaan CPU yang berlebihan dan terus-menerus dapat merusak bahkan server terbaik. Ini biasanya karena:

  • Aplikasi ditulis dengan buruk dan menghabiskan banyak waktu CPU.
  • Malware yang menginfeksi server.
  • “Kebocoran memori” dari program gagal yang menghapus data yang tidak lagi memperlukan.
  • Ada sejumlah gangguan signifikan yang menyebabkan oleh proses pertukaran halaman yang tidak efisien.

3. Kerusakan pada hard drives.

Program pemantauan jaringan biasanya memperingatkan administrator jika perangkat berpotensi rusak. Tim IT kemudian akan memutuskan langkah apa yang harus mengambil. Apakah akan menggunakan hard drive pengganti atau menggantinya.

4. Database dan aplikasi yang tidak bekerja.

Ruang disk yang rendah dan penggunaan CPU yang berlebihan dapat membuat database dan aplikasi tidak dapat menggunakan.

5. Lonjakan tidak terduga pada trafik jaringan.

Pencadangan terjadwal melalui LAN, penggunaan alat pencadangan jarak jauh, dan pembaruan antivirus dapat menyebabkan lonjakan lalu lintas jaringan yang signifikan. Wabah tak terduga, seperti masalah server surat, wabah malware, atau upaya peretasan, perlu memantau dan menyelidiki. Jika tidak, serangan tersebut dapat memiliki efek negatif yang luas pada sistem TI.

Top Free Server Monitoring Tool

Untuk menghindari lima masalah teratas di atas, Anda memerlukan aplikasi pemantauan server yang andal. Apa saja alat pemantauan server gratis yang dapat Anda gunakan? Berikut daftarnya untuk Anda!

1. Ganglia

Ganglia adalah sistem manajemen sumber terbuka (lisensi BSD) yang merancang khusus untuk sistem komputasi kinerja tinggi seperti cluster dan grid. Alat ini menghasilkan data analitik yang terukur dan mudah menyebarluaskan.

Sistem pemantauan ini menggunakan teknologi yang banyak menggunakan seperti XML untuk visualisasi data dan XDR untuk transmisi data. Salah satu tujuannya adalah merancang struktur data dan algoritma untuk memaksimalkan efisiensi.

Keunggulan:

  • Menjadi platform pemantauan yang solid, Ganglia mendukung beberapa sistem operasi dan prosesor. Cluster besar di seluruh dunia menggunakan platform ini, terutama di lingkungan universitas.

2. Nagios Core

tools networking
tools networking

Nagios® adalah alat sumber terbuka yang banyak menggunakan untuk pemantauan kinerja server dan jaringan. Nagios® juga sering digunakan untuk memantau sistem, aplikasi, layanan, dan berbagai proses bisnis dalam proyek DevOps (pengembangan dan operasi). Menurut banyak pakar TI, Nagios adalah alat yang paling mudah menyesuaikan dan paling terjangkau.

Keunggulan:

  • Nagios® dengan cepat memberi tahu staf teknis jika ada masalah dengan sistem, aplikasi, layanan, server, atau jaringan. Dengan begitu, proses perbaikan bisa segera melakukan. Jadi masalah ini tidak berdampak pada pengguna akhir, pelanggan, dan cara perusahaan beroperasi.
  • Nagios menyediakan alat untuk memantau status aplikasi dan aplikasi. Berisi aplikasi Windows, Linux, UNIX dan Web.

3. CollectD

CollectD adalah server pemantauan sumber terbuka yang populer. Alat ini mengumpulkan statistik kinerja sistem dasar dari waktu ke waktu. CollectD juga menyimpan data yang mengumpulkannya dalam berbagai format. Salah satunya seperti file RRD yang dapat digunakan Cactus untuk merepresentasikan data.

Alat pemantauan server ini sering menggunakan dalam proyek DevOps sebagai pengumpul data sumber terbuka. CollectD biasanya terintegrasi dengan berbagai alat grafis seperti Graphite, Grafana atau Cactus.

Keunggulan:

  • CollectD menulis dalam bahasa pemrograman C++ dan tersedia untuk banyak sistem operasi. Ada berbagai plug-in untuk sistem berbeda yang memungkinkan Anda mengumpulkan data di luar metrik sistem yang penting, seperti CPU dan memori.
  • Mencakup lebih dari 100 ekstensi dari kasing standar hingga kasing lanjutan dan lanjutan.

Alat pemantauan server ini menyediakan kemampuan jaringan yang kuat dan dapat memperluas dengan banyak cara.

4. Spiceworks

tools networking
tools networking

Spiceworks memiliki sejumlah alat TI gratis selain solusi manajemen server unggulan kami. Alat manajemen gratis Spiceworks memberikan informasi terperinci tentang banyak aspek infrastruktur Anda, termasuk server, sakelar, perangkat SNMP, dan layanan.

Keunggulan:

  • Menyiapkan Dasbor Konektivitas Spiceworks sangat sederhana. Anda dapat menginstal alat pemantauan ini di server mana pun, mengonfigurasi URL aplikasi, dan kemudian mulai memantau.
  • Perhatikan peringatannya. Anda akan menerima email peringatan instan jika pengguna tidak dapat mengakses aplikasi situs Anda.
  • Spiceworks selalu membuat Anda up to date dan mengingatkan Anda ketika jaringan lambat atau aplikasi kelebihan beban. Bahkan sebelum crash dan keluhan pengguna.