Definisi dan Contoh Software

Definisi dan Contoh Software–Pernahkah Anda mendengar istilah software atau perangkat lunak komputer? Anda pasti sudah familiar dengan istilah ini. Apalagi jika pekerjaan yang Anda lakukan berkaitan erat dengan komputer Anda. Tentunya anda lebih familiar dengan software, sekarang anda bisa memilih dari berbagai macam software. Anda dapat menggunakan alat ini untuk tujuan yang berbeda.

Baik itu pengeditan video, desain, game, dan lainnya. Para pengembang sendiri selalu melakukan pengembangan secara berkala untuk memberikan lebih banyak fitur yang memudahkan pengguna dalam menggunakan perangkat lunak. Bagi yang ingin mengetahui lebih jauh tentang definisi software, fitur dan contohnya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Pengertian Software

Perangkat lunak adalah data yang diprogram, disimpan, dan diformat secara digital dengan fungsi tertentu. Perangkat ini sendiri tidak memiliki bentuk fisik dan dapat mengoperasikan melalui komputer. Untuk pembuatannya, perangkat ini membutuhkan bahasa pemrograman yang dikenal oleh seorang programmer / orang yang ahli di bidangnya. Juga, perangkat dikompilasi menggunakan kompiler untuk membuat kode dikenali oleh mesin perangkat keras. Yang kami maksud dengan perangkat keras/hardware adalah komputer/komputer pribadi.

Oleh karena itu, perangkat lunak pada perangkat keras adalah kehidupan komputer itu sendiri. Ini mencegah komputer bekerja tanpa menginstal sistem operasi. Ini karena perangkat lunak menjadi skrip yang mengeksekusi kebutuhan komputer Anda. Jadi fitur apa yang memiliki perangkat lunak? Berikut adalah beberapa fitur yang mungkin Anda kenal?

Apa Fungsi Software atau Perangkat Lunak Komputer

Bahkan, Anda sudah dapat mengetahui fitur perangkat lunak apa saja yang tersedia di sistem operasi komputer Anda dari definisi perangkat lunak yang menjelaskan di atas. Namun, untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak beberapa fitur utama dari software lengkapnya di bawah ini:

  • Perangkat lunak ini memenuhi kebutuhan dasar komputer Anda agar berfungsi dengan baik.
  • Perangkat lunak memiliki fungsi dalam mengelola perangkat keras/hardware komputer. Dengan cara ini, komputer yang Anda gunakan dapat berfungsi dengan baik tergantung pada jenis pekerjaan yang membutuhkan.
  • Perangkat lunak ini juga dapat digunakan sebagai penghubung antara banyak perangkat lunak dan perangkat keras komputer lainnya.
  • Perangkat lunak ini juga dapat bertindak sebagai cangkang di atas perangkat lunak bahasa mesin lainnya. Dengan cara ini, perangkat keras komputer memahaminya dan menerimanya dengan baik.
  • Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak komputer ini untuk mengidentifikasi program di komputer Anda.

Pembagian Software Berdasarkan Jenisnya

Jika melihat secara umum, perangkat lunak terbagi menjadi tiga jenis. Di bawah ini beberapa jenis tersebut:

  • Sistem Operasi (Operating System)

Jenis perangkat lunak ini menggunakan untuk mengelola semua perangkat keras yang terhubung ke CPU komputer Anda. Ini juga menerjemahkan tugas dan mengelola semua proses yang dipesan pengguna pada CPU sehingga komputer dapat menjalankan perintah pengguna dengan benar.

  • Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Jenis perangkat lunak ini adalah bahasa pemrograman. Jika Anda mencari misalnya, Anda mungkin tahu beberapa bahasa. Contohnya termasuk JAVA, PHP, HTML, C, C ++, dan banyak lagi. Namun, pembuatan bahasa pemrograman ini akan membutuhkan perangkat lunak khusus untuk merancang program sesuai dengan metode dan struktur yang ada dalam bahasa pemrograman itu sendiri.

  • Program Aplikasi

Program aplikasi di sini adalah perangkat lunak yang biasa menggunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Dalam hal ini, perangkat lunak dapat bekerja seperti yang mengharapkan. Contohnya antara lain Excel, Microsoft Word, Kalkulator, dan lain-lain.

Jenis Software/Perangkat Lunak Berdasarkan Distribusinya

Selain berbagai jenis perangkat lunak yang menjelaskan di atas, Anda harus mengenal berbagai jenis perangkat lunak yang dibedakan berdasarkan distribusinya. Berikut beberapa pengelompokannya:

  • Firmware

Ini adalah jenis penyimpanan perangkat lunak hanya-baca. Properti ini tidak dapat mengubah, jadi tidak diperlukan perubahan atau peningkatan lebih lanjut, bahkan jika ada masalah dengan fungsinya.

  • Freeware

Ini adalah jenis perangkat lunak yang tidak memiliki batas waktu tertentu. Namun kebanyakan dari jenis software tersebut memiliki fitur yang tidak begitu lengkap sehingga tidak optimal untuk menggunakan.

  • Adware

Jenis perangkat lunak ini tersedia dan menggunakan secara gratis. Namun, perangkat lunak ini tetap akan memberikan kompensasi kepada Anda untuk iklan yang menampilkan di perangkat komputer yang Anda gunakan.

  • Opensource

Ini adalah perangkat lunak yang dapat membuka dengan kode sumber. Anda juga dapat memodifikasi, meningkatkan, dan mendistribusikannya. Jenis perangkat lunak ini umumnya memperoleh secara gratis dan mengembangkan oleh orang lain di bawah lisensi yang tersebut General Public License (GPL).

  • Malware

Jenis perangkat lunak yang menganggap berbahaya dan dapat berbahaya jika digunakan secara tidak benar. Setiap perangkat lunak yang sengaja dirancang untuk merusak komputer, server, klien, atau jaringan komputer. Ada berbagai jenis malware, termasuk virus komputer.

  • Shareware

Shareware adalah perangkat lunak yang dapat menggunakan untuk tujuan tertentu. Anda dapat menggunakannya secara gratis. Biasanya, perangkat lunak jenis ini digunakan sebagai demonstrasi dengan fungsionalitas dan waktu penggunaan yang terbatas.

  • Spyware

Teknologi informasi mengacu pada bentuk malware yang, ketika menginstal pada suatu sistem, mencuri data pengguna atau merusak sistem pengguna.

Manakah dari jenis perangkat lunak di atas yang merupakan spesifikasi perangkat? Berikut beberapa spesifikasi yang mungkin sudah Anda ketahui.