idm adalah
idm adalah

Mengenal IDM : Fungsi, Keunggulan, Fitur, dan Cara Downloadnya

Pengguna internet yang sering mendownload file dari internet tentu mengerti apa itu Internet Download Manager. Dengan menggunakan IDM, pengguna dapat membantu menyelesaikan proses download dengan cepat. IDM memiliki fitur-fitur canggih seperti perangkat lunak pengunduhan file. Sejauh ini, belum ada software yang mengungguli IDM.

IDM memungkinkan Anda untuk mengunduh melalui situs web. Selain itu, unduhan IDM memiliki keunggulan untuk melanjutkan atau melanjutkan ketika unduhan terputus karena masalah teknis atau non-teknis. Dengan ini tentunya anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba berhenti setelah mendownload file dalam jumlah banyak, karena IDM akan langsung membantu anda untuk mendapatkan kembali file yang sudah di download sebelumnya.

Layanan yang ditawarkan oleh IDM juga beragam, Internet Download Manager menawarkan banyak layanan unggulan. IDM dikembangkan oleh Tonec Inc. Yang dirilis pada tahun 2011. IDM adalah program yang dibuat di New York, AS. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang Internet Download Manager, artikel ini menjelaskan arti, fitur, manfaat, fitur dan cara mengunduhnya.

Mengenal Apa Itu Internet Download Manager (IDM)

Internet Download Manager adalah program atau perangkat lunak yang berguna untuk mengunduh file dan dokumen dari Internet dan memiliki fitur lanjutan untuk melanjutkan (resume). Program IDM dibuat di New York (AS) dan saat ini dikembangkan oleh Tonec Inc. IDM menempati urutan pertama dalam pengoptimalan kecepatan unduhan. Ditambah dengan antarmuka dan grafis IDM yang sederhana dan intuitif.

Fungsi IDM yang paling menguntungkan dan canggih adalah fungsi restore yang membantu pengguna untuk mengunduh ulang file atau file yang sebelumnya terputus karena masalah non-teknis atau teknis. IDM memiliki fitur fast download, hal ini dikarenakan IDM dapat melakukan segmentasi file secara otomatis dan didukung oleh teknologi yang aman.

Software IDM memiliki kemampuan yang lebih dari software sejenis saat ini. Kelebihan IDM adalah IDM memiliki fungsi membagi data yang diunduh menjadi beberapa bagian, yang disatukan kembali di akhir proses pengunduhan. Nah, proses ini disebut multipart. IDM mengklaim bahwa kecepatannya 500% lebih cepat daripada alat serupa lainnya.

Fungsi Internet Download Manager

Seperti yang telah dijelaskan di atas, IDM merupakan software yang dapat digunakan untuk melakukan proses download melalui web browser. IDM adalah alat unduh terbaik saat ini. IDM memiliki banyak fitur yang dapat digunakan pengguna, terutama pada saat proses pengunduhan. Download via IDM cepat dan bisa dilanjutkan kembali jika terjadi error.

Beberapa fungsi dapat dicapai dengan menggunakan IDM, yang pertama adalah untuk menyederhanakan pekerjaan dan mengurangi waktu. Misalnya, jika Anda mendapatkan tugas dari sekolah dan perlu mengunduh file, IDM sangat berguna. Anda juga dapat membuat video atau lagu YouTube dalam format MP3, MP4 dan lainnya. Nah, itulah bentuk fungsi IDM yang bisa kamu maksimalkan.

Baca Juga  Kumpulan Filter Snapchat yang Bagus

Keunggulan Internet Download Manager

Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan software IDM ini. Faktanya, tidak ada perangkat lunak yang sebanding dengan IDM dalam hal kinerja. Rating tertinggi untuk software tersebut masih dipegang oleh IDM. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan melalui IDM, antara lain kemampuan untuk meningkatkan kecepatan hingga 5 kali lipat, melanjutkan download tanpa takut download gagal, kemampuan mengatur waktu download dan komputer atau laptop akan terinfeksi virus. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat IDM.

  • Mampu Menaikkan Kecepatan Download hingga 5 kali lipat

Software ini memiliki kecepatan yang luar biasa, IDM dapat meningkatkan download hingga 5 kali lebih cepat dengan dukungan teknologi intelligent dynamic file. Tidak seperti aplikasi lain, IDM melakukan proses download secara dinamis selama proses download. Anda juga dapat menggunakan kembali koneksi yang ada tanpa harus menyambung kembali, sehingga unduhan dapat dijeda atau dijeda dan dilanjutkan kapan saja.

  • Terdapat Fitur Resume Download

Ini mungkin salah satu manfaat favorit yang paling dihargai oleh pengguna IDM, termasuk Anda dan saya. Internet Download Manager dapat melanjutkan unduhan yang terputus karena masalah teknis atau non-teknis seperti penangguhan atau koneksi yang tidak stabil. Fitur ini adalah salah satu yang terbaik jika terjadi masalah yang tidak terduga selama proses pengunduhan. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah selama proses pengunduhan.

  • Dapat Mengatur Waktu Download

Pengguna IDM bebas mengatur kapan mengunduh file, yang dapat dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Anda dapat logout atau membiarkan komputer Anda menyala dan IDM akan menyelesaikan proses pengunduhan. Nah, bonus tambahannya adalah Anda dapat menggunakan penyimpanan cloud untuk menyinkronkan file dari komputer Anda ke lokasi lain. Tidak perlu membayar langganan untuk menggunakan layanan ini.

  • Mengurangi Risiko Komputer Terkena Virus

IDM juga memiliki program antivirus untuk melindungi file Anda. . Sehingga file yang didownload nantinya bebas dari virus seperti trojan, malware, adware for RAT. IDM juga otomatis menjalankan anti virus seperti Spybot, Avast, McAffe, Internet Security, CCleaner, dan lainnya untuk melindungi pengguna dari file berbahaya saat mendownload file atau dokumen.

Apa Saja Fitur Internet Download Manager

Keunggulan-keunggulan yang dijelaskan di atas tidak lepas dari layanan IDM. Fitur-fitur ini membantu IDM menjadi software terbaik yang tersedia saat ini. Sekilas fitur-fiturnya termasuk integrasi dengan berbagai browser, mempercepat kecepatan download, download mudah, resume download, Youtube grabber, pemeriksaan virus otomatis dan multibahasa. Di bawah ini kami sajikan apa itu layanan IDM.

  • Mendukung Semua Browser Populer

Internet Download Manager sekarang mendukung hampir semua browser populer. Semua versi browser juga didukung oleh IDM. Dan IDM juga dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi web apa pun untuk mendeteksi unduhan menggunakan fitur integrasi lanjutan browser. Browser yang didukung IDM seperti Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape dan banyak lagi.

  • Download Speed Acceleration

Internet Download Manager dapat mempercepat proses download hingga 5 kali lipat dengan bantuan teknologi Intelligence Dynamic File Segmentation. Tidak seperti pengelola unduhan lainnya, segmen IDM melakukan unduhan dinamis selama proses pengunduhan dan menggunakan kembali koneksi yang ada tanpa memerlukan koneksi opsional dan pembaruan akses untuk kinerja akselerasi yang baik.

  • Kemudahan Mengunduh lewat satu klik

Download satu klik sederhana adalah salah satu fitur dasar IDM, ketika Anda mengklik tautan unduhan di browser Anda, IDM segera menangani proses pengunduhan dan mempercepatnya. Setelah itu, Anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi, IDM akan bekerja setelah itu. IDM memenangkan unduhan dengan mendukung protokol FTP, HTTP, HTTPS dan MMS.

  • Youtube Grabber

Internet Download Manager juga dapat merekam dan mengunduh video FLV dari situs web terkenal seperti Youtube dan MySpaceTV. Langkah pertama sebelum mengunduh video yang diinginkan adalah menginstal Internet Download Manager. Jika terpasang, tombol “Unduh Video” akan muncul setiap kali Anda menonton video di Internet. Klik tombol untuk mengunduh video.

  • Download Resume

Fitur selanjutnya ini mungkin menjadi fitur yang paling digandrungi oleh pengguna IDM selama ini. Di mana masalah yang tidak diinginkan umumnya terjadi saat mengunduh bersifat teknis dan non-teknis. Namun, jangan khawatir karena IDM menyediakan fitur yang membuat proses lebih nyaman, yaitu melanjutkan unduhan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melanjutkan unduhan yang sebelumnya tertunda. Sehingga proses yang sedang berlangsung dapat terus berlanjut.

  • Built in Scheduler

Fitur selanjutnya adalah membantu Anda selalu siap untuk proses pengunduhan. IDM secara otomatis akan terhubung ke Internet setiap saat. Pengunduhan file yang diinginkan dapat dilakukan dengan cepat, bahkan shutdown dapat dilakukan dengan cepat. Anda juga dapat menyinkronkan perubahan ke file periode sinkronisasi. Jadi Anda dapat menjadwalkan proses pengunduhan secara bersamaan.

  • Tersedia di berbagai bahasa

Bagi yang tidak bisa menggunakan bahasa Inggris. IDM telah menyediakan fitur bahasa khusus untuk pengguna Indonesia. Faktanya, pengguna masih memiliki banyak bahasa untuk dipilih, termasuk Albania, Arab, Azerbaijan, Bosnia, Bulgaria, Cina, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Persia, Prancis, Jerman, Yunani, Ibrani, Hongaria, Italia, Jepang , Korea, Lituania, Makedonia, Norwegia, Polandia, Portugis, Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Thailand, Turki, dan Uzbekistan.

  • Pengecekan Virus secara Otomatis

Pemindaian antivirus menjaga unduhan pengguna tetap aman dan bebas dari virus, Torjan, malware, adware, dan RAT. IDM juga dapat secara otomatis melakukan pemeriksaan proses download melalui aplikasi antivirus seperti Spybot, Avast, McAffe, Internet Security, CCleaner, dan lainnya untuk melindungi pengguna dari file berbahaya saat mendownload file atau dokumen.

Baca Juga  Cara Daftar NPWP Online

Cara Mengunduh Internet Download Manager (IDM)

Download dan install IDM sangat sulit, sangat memusingkan. Karena Anda perlu mendaftar sebelum digunakan sepenuhnya. Nah, maka dari itu berikut panduan download dan install IDM. Cara pertama tentu saja mengharuskan Anda mengunduhnya dari situs web Internet Download Manager. Anda dapat mengunduhnya dengan mengeklik “Coba Pengelola Unduhan Internet Gratis”. Kemudian tunggu file IDM terdownload. Proses ini cukup cepat karena ukurannya hanya 7 Mb.

Setelah proses download selesai, jalankan instalasi dengan cara double klik pada file berekstensi IDM. Kemudian akan muncul jendela tentang menginstal IDM di komputer atau laptop Anda. Klik Next, halaman selanjutnya akan muncul aturan penggunaan IDM, centang kotak untuk menerimanya, lalu klik Next lagi. Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan file instalasi IDM, secara default file akan disimpan ke drive C komputer Anda, tetapi Anda dapat mengeditnya sesuai kebutuhan. Ketika Anda mengklik Berikutnya lagi. Hal terakhir adalah klik Next lagi dan instalasi akan segera dimulai. Ketika proses instalasi selesai, klik Finish.

 

Kesimpulan

Demikian tadi penjelasan tentang apa itu Internet Download Manager, fitur-fiturnya, manfaat, fitur-fiturnya serta cara mendownload dan menginstalnya. IDM merupakan software yang wajib dimiliki oleh setiap pengguna internet yang ingin mendownload apapun di internet. IDM menawarkan banyak manfaat mulai dari keamanan, kecepatan dan kemudahan penggunaan.

Layanan yang diberikan oleh IDM juga bervariasi tergantung penggunaan oleh pengguna. Dimana semuanya mudah digunakan. Fitur-fitur tersebut dapat membantu pengguna menyelesaikan proses download dengan aman dan cepat. Demikian artikel tentang pengetahuan, fungsi, manfaat, layanan dan fungsi internet download manager.