5 Rekomendasi Teleskop Ruang Angkasa Terbaik

Teleskop Ruang Angkasa — Teleskop diperlukan untuk mengamati benda-benda langit di malam hari untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas. Namun, tingkat ketajaman gambar yang diambil oleh teleskop luar angkasa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pengaturan aperture dan zoom menjadi pertimbangan yang mempengaruhi apakah hasil pengamatan lebih jernih atau tidak.

Jika Anda ingin mengamati benda-benda di langit pada malam hari, Anda bisa menyediakan teleskop luar angkasa sendiri. Dengan teleskop kita dapat mengamati rasi bintang, planet Venus, bintang Antares dan benda langit lainnya. Untuk mendapatkan gambar terbaik dari pengamatan Anda, pastikan Anda menggunakan teleskop luar angkasa yang berkualitas.

Cara memilih teleskop ruang angkasa yang Bagus

Teleskop Ruang Angkasa
Teleskop Ruang Angkasa

Meskipun kelihatannya sederhana, teleskop memiliki komponen lain yang memainkan peran lebih penting. Sedangkan bagian utama dari setiap teleskop biasanya berupa badan utama berupa teleskop memanjang, portal yang merupakan elemen penghubung antara teleskop dan penyangga yang bergerak ke segala arah, dan penyangga yang merupakan kaki penyangga teleskop. teropong dan portal.

Biasanya, ketika membeli teleskop luar angkasa, pabrikan membuat satu set lengkap bagian-bagian utama ini. Selain itu, teleskop dapat diatur menggunakan komputer dengan menentukan variabel numerik kunci seperti konstelasi dan pengaturan portal. Saat membeli teleskop, Anda dapat menemukan beberapa jenis. Di bawah ini adalah beberapa jenis teleskop luar angkasa.

1. Pilihlah teleskop berdasarkan tipe dan perhatikanlah karakteristiknya

Jika dibedakan, teleskop antariksa terbagi menjadi dua jenis, yaitu teropong refraktor dan teropong reflektif. Kedua jenis teropong ini adalah yang paling umum digunakan. Namun ada jenis teleskop lain yang menggabungkan fungsi teleskop bias dan teleskop pantul, yaitu teleskop katadioptri. Apa ciri-ciri dari masing-masing jenis teleskop tersebut?

  • Teleskop Refraktor

Teleskop ini banyak digunakan oleh para astronom, dari pemula hingga profesional. Kemudahan penggunaan membuat teropong ini cocok bagi mereka yang baru pertama kali mengamati benda angkasa dari teleskop.

Dengan teropong ini Anda dapat mengarahkan teropong ke berbagai sudut. Bidang pandang yang relatif stabil juga mengurangi kebutuhan untuk melakukan perubahan saat melihat.

  • Teleskop Reflektor

Lampu sorot memungkinkan Anda mengamati benda langit yang lebih kecil dari planet atau bintang, seperti nebula, galaksi, dan komet. Kemampuannya untuk menangkap bayangan benda langit dengan intensitas cahaya rendah membuat gambar subjek menjadi lebih jelas.

Teleskop reflektor memiliki satu atau lebih cermin cekung untuk mendeteksi benda langit dengan memantulkan cahaya dan bayangannya. Berbeda dengan jenis refraktor, teleskop reflektor menempatkan jendela bidik di sisi bodi. Anda mungkin ingin mempelajari cara kerja mesin telusur sebelum Anda terbiasa dan menggunakannya dengan lancar.

  • Teleskop Katadioptrik

Teleskop katadioptri merupakan gabungan dari jenis refraktor dan reflektor atau refleksi. Perangkat ini memiliki lensa cekung dan cermin untuk menonjolkan citra benda langit. Secara umum fungsi dari model teleskop ini adalah untuk mengoreksi warna dan kelengkungan bayangan objek selama pengamatan.

Beberapa contoh teleskop katadioptrik adalah Schmidt-Cassegrain dan Maksutov. Teleskop ini sangat mudah digunakan. Ukurannya yang ringkas juga fleksibel untuk dipindahkan. Tergantung pada produsen apakah teleskop jenis ini dapat menangkap pantulan cahaya dan bayangan dari benda langit. Pilih produk dari produsen terkemuka sehingga Anda tidak kecewa dengan kualitas teropong Anda yang buruk.

2. Periksa ukuran diameter lensa

Setiap teleskop ruang angkasa memiliki dua lensa atau cermin, yaitu lensa objektif dan lensa okuler. Posisi depan lensa disebut lensa, fungsinya untuk memfokuskan bayangan. Sedangkan okuler atau okuler terletak di bagian belakang dan berfungsi sebagai pembesar gambar.

Kemampuan menangkap cahaya dipengaruhi oleh besar kecilnya diameter lensa objektif, hal ini disebut aperture. Semakin besar diameter lensa objektif, semakin baik kemampuan menangkap cahaya. Hasilnya, bayangan benda langit tampak lebih jelas dan tajam. Jika Anda ingin memblokir lebih banyak cahaya di malam hari, pilihlah teleskop ruang angkasa bukaan besar.

3. Periksa juga kemampuan lensa melakukan perbesaran

Benda-benda di luar angkasa begitu jauh sehingga dimensinya tampak sangat kecil sehingga sulit dijangkau oleh mata kita yang bebas. Perangkat seperti teleskop diciptakan untuk mendapatkan gambar objek yang lebih tajam. Tingkat kemurnian ini dipengaruhi oleh lensa objektif dan lensa mata.

Perbesaran lensa teleskop dapat disesuaikan untuk pengamatan yang lebih baik. Ada korelasi antara pembesaran dan diameter lensa untuk mencapai pembesaran maksimum untuk bidikan yang lebih tajam dan lebih tajam.

Perbesaran efektif masing-masing teleskop adalah 1,5 sampai 2 kali diameter lensa objektif. Misalnya, jika bukaan lensa adalah 60mm, perbesaran sebenarnya akan antara 60 dan 120 kali. Ketika bukaan lensa 200mm, perbesaran efektif adalah antara 300 dan 400 kali.

Rekomendasi teleskop ruang angkasa terbaik

Sekarang Anda sudah mengetahui jenis-jenis teleskop dan ciri-cirinya masing-masing. Apakah Anda siap untuk mengamati benda langit? Berikut adalah teleskop luar angkasa terbaik dari merek terkemuka. Selamat memilih!

1. Land and Sky Astronomical Telescope

teropong bintang terbaik
teropong bintang terbaik

Dengan diameter lensa 50mm dan panjang fokus hingga 360mm, pembesaran ini memberi Anda gambar objek luar angkasa yang lebih jelas. Dengan teropong ini Anda dapat mengamati banyak benda angkasa, bahkan yang kecil sekalipun.

Sedangkan kedua lensa okuler 6 mm dan 20 mm diperbesar masing-masing 60x dan 18x. Produsen memasok teleskop dengan dudukan aluminium. Dudukannya cukup kuat untuk memuat tabung teleskopik, sementara portalnya mudah diputar dan disetel.

2. Visionking Reflector Telescope

Anda dapat memberikan teropong ini kepada anak Anda di pesta ulang tahunnya. Bayi Anda pasti akan menghargai bentuknya yang unik. Didesain agar mudah digunakan, bahkan anak-anak pun bisa menggunakannya tanpa belajar lama.

Visionking menyediakan dua lensa okuler yang dapat diganti pada perbesaran yang diinginkan, yaitu 12x dan 19x. Bahan konstruksi aluminium dan plastik tidak hanya membuat perangkat ini praktis untuk dipelajari anak-anak, tetapi juga ringan dan tahan lama.

3. Celestron EclipSmart Travel Solar Scope 50

teropong bintang terbaik
teropong bintang terbaik

Alat ini biasanya dibawa oleh para traveler yang hobi berburu gerhana. Ukurannya yang ringkas dan bobotnya yang ringan membuatnya portabel. Celestron merancang perangkat ini tidak hanya untuk mengamati benda langit di malam hari, tetapi secara khusus untuk mengamati matahari.

Lensa memiliki diameter 50mm dan dilengkapi dengan tabir surya standar ISO. Jendela bidik teropong dilengkapi dengan brankas surya untuk melindungi mata Anda saat melihat matahari. Dengan perangkat ini, juga dimungkinkan untuk mengamati dengan jelas terjadinya gerhana.

4. Maede Polaris Telescope

Maede Polaris adalah teleskop ruang angkasa tipe reflektor dengan aperture yang cukup besar yaitu 114mm. Dengan panjang fokus 1000mm, lensa teleskop ini dapat menjangkau planet dan objek terdekat lainnya dengan lebih detail, termasuk keberadaan galaksi, nebula, dan bintang.

Teleskop ini telah menjadi landasan sekering astronomi tingkat menengah. Dalam perangkat ini, lensa mata terdiri dari tiga bagian dengan tingkat perbesaran yang berbeda, dari rendah (6,3mm), sedang (9mm), dan tinggi (26mm).

5. Celestron Cometron FirstScope 21023

Dengan Celestron Cometron FirstScope 21023, Anda dapat dengan mudah mengamati objek luar angkasa. Produk ini memungkinkan Anda untuk meletakkannya di atas meja karena mengusung gaya Dobsonian. Dengan aperture 76mm dan panjang fokus 300mm, perangkat ini mampu mencapai bidang pandang yang panjang dan lebar.

Amati objek spasial dengan gambar yang lebih tajam dan jelas dengan teleskop reflektor ini. Dengan perbesaran minimal 11x dan perbesaran maksimal 118x, teleskop ini semakin ideal untuk mengamati objek luar angkasa favorit Anda!

Kesimpulan

Anda sekarang dapat melihat benda-benda langit menggunakan teleskop luar angkasa. Pastikan produk yang dipilih mampu menampilkan objek spasial dengan cukup jelas. Untuk alasan ini, penting untuk memeriksa perbesaran maksimum lensa objektif teleskop. Dengan zoom yang kuat, Anda dapat melihat bayangan objek di langit dengan lebih jelas.