hit counter

Cara Main UNO dan Jenis Kartu serta Fungsinya

Cara Main UNO — Pastinya sebagian besar dari kita sudah tidak asing lagi dengan permainan yang satu ini. Uno adalah permainan kartu warna-warni yang berisi angka dan simbol. Dulu, Uno didirikan oleh pemilik barber shop bernama Merle Robbins di Ohio, Amerika Serikat, pada tahun 1971.

Permainan ini cukup seru karena bisa dimainkan secara berkelompok, biasanya 2-10 orang. Anak-anak hingga orang dewasa dapat memainkan permainan ini.

Pada artikel ini kita akan berbicara tentang prosedur yang dapat ditiru untuk bermain Uno. Karena dengan game ini kita bisa mengisi waktu liburan bersama keluarga atau teman. Sebelum kita masuk ke dalam detail tentang Uno, dibawah ini kita akan membahas tentang jenis-jenis kartu dalam permainan Uno.

cara main uno
cara main uno

Jenis-Jenis Kartu Yang Ada Dalam Permainan UNO

Sebelum memulai permainan dan mempelajari cara bermain Uno, pertama-tama kita perlu mengetahui nama-nama kartu Uno. Jadi ada empat warna dalam satu set Uno, yaitu kuning, merah, hijau dan merah. Setiap set berisi 112 kartu, terdiri dari 76 kartu normal dan 36 kartu spesial. Di bawah ini adalah penjelasan lebih rinci tentang kartu-kartu tersebut, antara lain:

1. Kartu Biasa

Kartu komunitas ini memiliki empat setelan dan nomornya terdaftar dari 0 hingga 9. Angka 1 hingga 9 berisi dua kartu dari setiap setelan. Sedangkan angka 0 hanya memiliki satu kartu per suit. Jadi masing-masing warna ada 19 total, yaitu 19 merah, 19 biru, 19 kuning dan 19 hijau.

2. Kartu Aksi

Pada set kartu UNO terdapat berbagai jenis kartu aksi yaitu +2, +4, skip, reverse, free suit dan kartu kosong. Penjelasan lengkapnya menyusul.

Masing-masing warna ada 2 buah. Kartu ini dapat digunakan untuk:

  • Kartu ini digunakan jika suit kartu pertama cocok dengan suit kartu +2, atau keduanya adalah kartu +2.
  • Agar pemain berikutnya terkena kartu (dia tidak memiliki kartu +2 saat pemain sebelumnya membagikan kartu), dia harus menerimanya dan tidak memiliki kesempatan untuk bermain.
  • Jika kartu muncul di awal permainan, orang pertama yang bermain harus mengambil dua kartu dan tidak dapat mengambil kartu dan segera beralih ke pemain berikutnya.

3. Kartu Reverse Atau Putar Balik

Kartu ini adalah 8 dan setiap suit memiliki dua kartu ini termasuk:

Fungsi:

  • Kartu ini dapat dikeluarkan dengan mengubah warna kartu sebelumnya atau kartu lain yang menghadap ke atas.
  • Kartu berguna untuk mengubah arah permainan, misalnya putaran pertama dibagikan searah jarum jam, saat dibagikan putaran permainan berubah berlawanan arah jarum jam.
  • Jika hanya ada dua pemain, kartu tersebut menjadi kartu lewati, yang berarti Anda dapat bermain lagi setelah mengeluarkan kartu.
  • Jika kartu keluar di awal permainan, pemain pertama adalah yang duduk di sebelah kanan pengocok, atau dia bisa menjadi yang pertama dan permainan berlanjut di sisi kanan.

4. Kartu Skip

  • Seperti sebelumnya, kita harus mengganti suit atau simbol jika kita ingin mengeluarkan kartu ini.
  • Fungsi kartu ini adalah untuk menghentikan pemain berikutnya berdasarkan jumlah kartu yang dilewati yang dibagikan.
  • Jika kartu ini muncul di awal permainan, pemain pertama di sebelah kiri pengocok tidak dapat bermain terlebih dahulu dan kemudian langsung ke pemain kedua.

5. Kartu +4 (Wild Draw Four)

Satu set UNO berisi 4 kartu +4 (Wild Draw Four) yang dapat digunakan untuk semua suit. Fungsi itu sendiri adalah:

  • Kartu ini hanya boleh digunakan jika tidak ada kartu lain di tangan untuk dimainkan.
  • Kartu ini memiliki arti yang hampir sama dengan +2, namun kali ini kamu hanya perlu mengambil 4 kartu saja.
  • Kita juga bisa mendapatkan suit yang dimainkan saat kartu berikutnya dikeluarkan.
  • Kartu ini tidak berlaku jika dikeluarkan di awal permainan. Jadi, jika kartu ini muncul, disarankan untuk meletakkannya kembali di deck dan menggantinya dengan kartu lain.
  • Penting bahwa pemain dapat menantang orang yang mengeluarkan kartu jika dia tidak percaya bahwa pemain yang mengeluarkan kartu tidak memiliki kartu lain untuk dimainkan. Tantangannya adalah orang yang membagikan kartu harus menunjukkan kartu mana yang dia pegang. Jika ternyata Anda memiliki kartu lain, Anda harus mengambil 4 kartu. Namun, jika ternyata dia tidak memiliki kartu lain, penantang harus mengambil 4 kartu dan 2 kartu tambahan. Orang yang bisa melempar tantangan ini adalah orang yang terkena joker bergambar empat. Jadi hanya pemain berikutnya setelah penerbit kartu.

6. Kartu Wild

Ada 4 pelawak gratis atau kartu berwarna yang dapat digunakan untuk setelan apa pun. Fitur Termasuk:

  • Kartu ini dapat dilihat kapan saja dan dalam warna apa saja.
  • Fungsinya hanya untuk pemilihan warna. Ini biasanya digunakan ketika pemain tidak memiliki setelan pada kartu yang dibuang.
  • Jika kartu muncul di awal permainan, pemain yang duduk di sebelah kiri pengocok dapat dengan bebas memilih setelan mana yang ingin ia mainkan. Kemudian Anda dapat mengeluarkan kartu pertama.

6. Kartu Blank

Kartu blank atau kartu kosong biasanya berisi total 4 kartu. Ini adalah kartu tambahan yang tidak berarti apa-apa. Tapi kartu ini bisa menjadi kartu khusus, misalnya:

  • Kartu ini dapat digunakan untuk mengganti kartu yang hilang. Misalnya kartu kuning nomor 7 hilang, jadi kita bisa menggantinya dengan kartu putih ini.
  • Juga, kita dapat membuat kartu lain dari kartu ini sesuai dengan aturan yang kita buat. Misalnya, dapat digunakan sebagai kartu keberuntungan yang dapat digunakan pemain sesuka hati ketika terjebak, atau sebagai kartu cermin yang dapat menduplikasi kartu sebelumnya.

Cara Main UNO

Sebenarnya, bermain UNO cukup sederhana. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti oleh pemula yang ingin bermain dengan kartu UNO.

1. Kocok kartu dan keluarkan 7 kartu untuk setiap pemain

Cara bermain Uno yang pertama tentu saja dengan mengocok set kartu UNO yang sudah disiapkan. Kemudian bagian dengan total 7 kartu untuk setiap pemain. Kartu dibagikan terbalik.

2. Simpan sisa kartu di tengah meja

Cara kedua untuk memainkan Uno adalah dengan menyimpan sisa kartu di tengah meja. Setelah kesepakatan, kartu UNO yang tersisa dapat ditempatkan menghadap ke bawah atau menghadap ke bawah. Dek kemudian digunakan oleh para pemain untuk menggambar kartu baru.

3. Ambil dan buka kartu teratas dari tumpukan kartu untuk memulai permainan

Setelah itu, ambil kartu teratas dan letakkan di sisi deck yang terlihat posisi terbuka atau angka dan suit. Sebuah kartu digunakan untuk memulai permainan dan, saat permainan berlangsung, kartu tersebut menjadi tumpukan atau dapat dibuang.

4. Keluarkan kartu sesuai warna, nomor, atau simbol pada kartu yang dibuka

Kemudian para pemain harus memberikan kartu dengan warna, kata, angka, dan simbol yang sama dengan kartu di tengah meja. Misalnya, jika kartu menghadap ke atas di tengah meja adalah 8 hijau, Anda dapat memberikan kartu nomor hijau atau kartu 8 warna apa pun.

5. Ambil kartu dari tumpukan kartu jika kamu tidak memiliki kartu yang bisa dikeluarkan

Ketika ada putaran dan tidak ada kartu di tengah meja dengan nomor, warna, atau simbol yang sama dengan kartu yang sudah dibuka, maka kita dapat mengambil kartu dari dek dan menyimpannya.

6. Perhatikan antara kartu aksi dengan kartu biasa

Selama permainan, perhatikan kartu mana yang bisa dibagikan. Ini adalah kartu promosi atau kartu biasa. Kartu umum adalah kartu yang hanya berisi angka umum, sedangkan kartu tindakan adalah kartu yang memiliki tindakan seperti yang dijelaskan di atas. Keluarkan semua kartu berdasarkan apa yang dibuang.

Perhatikan hal-hal berikut tentang kartu ketika pemain pertama membagikan kartu aksi sebagai berikut:

  • Skip= Maka kita tidak bisa bermain, artinya pemain ketiga langsung mendapat putaran.
  • Wild = Maka kita harus memberikan kartu yang sesuai dengan warna yang ditentukan oleh pemain pertama.
  • Draw two (+2) = kita harus mengambil 2 kartu dan kita tidak bisa mengambil satu kartu.
  • Wild draw four (+4) = Oleh karena itu kita harus menggambar 4 kartu atau memberikan challenge atau challenge kepada pemain pertama (seperti yang dijelaskan di atas).

7. Katakan “UNO” saat kartu tersisa satu di tangan

Permainan berlanjut sampai tidak ada pemain yang hanya memiliki satu kartu di tangan. Pada titik ini, pemain dengan hanya satu kartu di tangan harus mengatakan “UNO“. Jika Anda tidak mengatakan ini, Anda akan dihukum jika pemain lain mengetahuinya.

8. Mainkan kartu terakhir untuk memenangkan permainan

Setelah hanya ada satu kartu yang tersisa dan kami mengatakan “SATU”, kami dapat menangani kartu di babak berikutnya. Jika kita bisa mengeluarkan kartu terakhir sebelum orang lain habis, kita memenangkan permainan ini.

9. Menghitung score

Skor permainan ini dihitung ketika salah satu pemain telah memenangkan permainan ini atau kehabisan kartu. Kemudian pemain lain yang masih memiliki kartu dihitung skornya dan pemenang putaran itu diberikan. Rekam poin di setiap putaran permainan dan terus bermain sampai pemain mencetak 500 poin. Pemain yang mencapai 500 poin menang.

Berikut cara menghitung sisa skor kartu:

Kartu umum berdasarkan nomor yang tercantum: 1 bernilai 1, 5 bernilai lima, 8 bernilai 8
Kartu tindakan memiliki skor yang berbeda:

– +2, melompat dan mundur bernilai 20 poin
– +4 dan kartu liar bernilai 50 poin

Demikian penjelasan singkat tentang game UNO yang bisa ditiru di rumah. Coba mainkan bersama teman atau keluarga di rumah sekarang juga.