Cara Membuat Localhost Menjadi Online (ke Hosting / Server VPS)

Cara Membuat Localhost Menjadi Online — Mempelajari cara meng-host situs web Anda bisa tampak seperti tugas yang menakutkan, terutama jika Anda seorang pemula yang tidak mengerti bahasa pemrograman. Untungnya, ada sejumlah opsi untuk dipilih dalam hal mencari tahu di mana harus menyimpan dan mengikuti perkembangan online di mana-mana.

Sama seperti pilihan untuk pembuat situs web mulai dari pembuat situs web yang sangat sederhana hingga pengkodean tangan, pembuatan hosting situs web bisa mudah atau sulit untuk diikuti. Itulah mengapa ada banyak tutorial dan artikel yang bisa Anda pelajari dan ikuti. Hosting situs web Anda masih disertai dengan masalah serius, termasuk alamat IP dinamis, batasan bandwidth, biaya listrik, dan banyak lagi.

Jadi, apakah Anda berencana untuk pindah dari shared hosting ke server VPS? Jika demikian, Anda berada di tempat yang tepat. Tutorial ini akan memandu Anda melalui proses pemindahan situs WordPress Anda dari shared hosting ke VPS untuk kinerja dan keamanan yang lebih baik. Yuk simak semua penjelasan dan langkah-langkahnya di bawah ini.

Mengapa Anda Membutuhkan VPS Hosting

Sebelum masuk ke langkah-langkahnya, Anda harus tahu dulu mengapa Anda harus mengupgrade dari shared hosting ke VPS. Ada banyak alasan mengapa orang memindahkan server lokal mereka ke hosting online atau server VPS:

  • Anda bisa mendapatkan lebih banyak sumber daya server. VPS menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam CPU, RAM, dan manajemen penyimpanan daripada shared hosting. Dengan cara ini, situs web Anda dapat menangani lebih banyak lalu lintas dan menyimpan lebih banyak data dengan sedikit kerumitan.
  • VPS memiliki partisi khusus untuk server itu sendiri. Artinya, jika pengguna lain mengalami lonjakan lalu lintas atau masalah keamanan, situs Anda tidak akan terpengaruh karena Anda sudah memiliki area yang tidak terganggu.
  • Anda memegang kendali penuh atas mesin Anda. Misalnya, Anda mendapatkan akses root penuh, yang memungkinkan Anda untuk memodifikasi sistem dengan lebih bebas. Selain itu, VPS menyediakan alamat IP khusus, stabilitas dan kinerja yang lebih baik.

Meskipun server pribadi mungkin lebih mahal dan secara teknis lebih mahal, ini adalah pilihan yang sempurna jika Anda memiliki situs web yang tumbuh cepat dengan lalu lintas harian yang tinggi. Agar tutorial ini berfungsi, Anda harus masuk ke akun hosting bersama, VPS, dan panel kontrol domain Anda. Jika Anda belum memiliki VPS, Anda dapat melihat paket VPS IDCloudHost, yang menawarkan berbagai paket terjangkau yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Menghosting Server Anda Sendiri

Cara Membuat Localhost Menjadi Online. Kumpulan langkah-langkah selanjutnya akan dirangkum sedemikian sederhana sehingga bisa Anda ikuti dan terapkan. Langkah-langkah ini dapat diterapkan pada dua sistem operasi yang umum digunakan seperti Windows dan Linux. Berikut cara meng-host situs web Anda di PC sebagai server WAMP. Padahal sebagian besar pengguna komputer memilih sistem operasi Windows. Kurang dari sepertiga dari semua situs web di dunia menggunakan Windows, yang berarti opsi hosting Anda mungkin sedikit lebih terbatas daripada pengembang Linux.

Memulai Dengan WAMP

Untuk membuatnya sangat sederhana, disini kita bisa menggunakan installer WAMP yang bernama WampServer. Ini berlaku untuk Windows, Apache, MySQL dan PHP. Anda juga dapat memilih untuk menginstal paket individual secara manual, tetapi proses ini lebih melelahkan dan rawan kesalahan.

Pertama, unduh biner WAMP 32-bit atau 64-bit, ikuti petunjuk di layar, dan mulai WampServer setelah selesai. (Catatan: Port 80 mungkin bertentangan dengan perangkat lunak Skype, tetapi ada solusi untuk itu.) Setelah instalasi, direktori www dibuat secara otomatis. Anda mungkin dapat menemukannya di sini: c: wampwww

Dari direktori ini, Anda dapat membuat subdirektori (disebut “proyek” di WampServer) dan memasukkan file HTML atau PHP ke dalam subdirektori tersebut. Mengklik tautan localhost di menu WampServer atau membuka browser Internet dengan URL http: // localhost, membawa Anda ke layar utama WampServer.

Membuat Halaman HTML dan Mengkonfigurasi MySQL

Untuk pengujian WampServer sebelumnya, Anda dapat meletakkan file contoh bernama info.php di direktori www. Langsung ke direktori ini dengan mengklik direktori www di menu WampServer. Dari sana, buat file baru dengan kode sampel dan simpan. Sekarang Anda dapat pergi ke http: // localhost / info (dot) php untuk melihat detail instalasi PHP. Anda dapat menyusun file HTML dan PHP apa pun sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan mengklik opsi menu phpMyAdmin, Anda dapat mulai mengkonfigurasi database MySQL (yang mungkin diperlukan untuk CMS seperti WordPress).

Layar login phpMyAdmin akan terbuka di jendela browser baru. Secara default, nama pengguna admin akan menjadi root dan Anda dapat mengosongkan bidang kata sandi. Dari sini Anda dapat membuat database MySQL baru dan memodifikasi yang sudah ada. Namun, sebagian besar perangkat lunak, seperti WordPress, akan secara otomatis membuat database baru untuk Anda.

Mengubahnya menjadi Situs Publik

Secara default, file konfigurasi Apache diatur untuk menolak koneksi HTTP yang masuk kecuali dari localhost. Untuk membuat situs web Anda tersedia untuk umum, Anda perlu mengedit file konfigurasi Apache (httpd.conf). Anda dapat menemukan dan mengedit file ini dengan mengklik Apache di menu WampServer dan memilih httpd.conf.

Mulai ulang semua layanan WampServer dengan mengklik “Mulai Ulang Semua Layanan” di menu. Situs sekarang harus dapat diakses dari luar localhost. Pastikan firewall komputer Anda tidak memblokir permintaan web. Anda mungkin juga perlu mengatur penerusan porta pada router internet Anda.

Menggunakan Nama Domain

Jika Anda ingin menggunakan nama domain untuk instalasi WAMP Anda, Anda perlu mengkonfigurasi beberapa file terlebih dahulu. Misalnya, jika domain Anda adalah contoh (dot) com A record di DNS dengan alamat IP 100.100.100.100. Kemudian tambahkan baris ke C: Windowssystem32driveversetchhosts dan edit lagi di file httpd.conf yang dapat diakses dari menu WampServer. untuk menambahkan host virtual. Setelah membuka file, cari “Virtual Host” dan batalkan komentar pada baris berikut.

Sekarang tambahkan file secara manual di “C: wampbinapacheapache-VERSIONconfextra” (VERSION adalah versi Apache Anda). Buat file di Notepad atau editor teks apa pun. Tambahkan kode berikut dan simpan file di direktori Apache itu. Klik “Mulai Ulang Semua Layanan” di menu WampServer untuk mengaktifkan perubahan dan memverifikasi bahwa situs Anda dapat diakses melalui nama domain Anda.

Kesimpulan Cara Membuat Localhost Menjadi Online

VPS menawarkan kinerja dan keamanan yang lebih baik kepada pengguna daripada paket hosting bersama. Inilah sebabnya mengapa banyak orang ingin meningkatkan manajemen mereka ketika mereka membutuhkan lebih banyak sumber daya dan kontrol atas situs web mereka. Tidak mengherankan, banyak orang telah beralih dari shared hosting ke VPS, karena ini akan memberi Anda kendali penuh.

Jika Anda berencana untuk bermigrasi sendiri, ingatlah bahwa menghosting situs web Anda mirip dengan membuat komputer Anda sendiri atau membuat mesin. Jadi tidak semua orang bisa melakukannya karena beberapa langkah mungkin membingungkan Anda. Penyedia hosting berpengalaman seperti layanan VPS IDCloudHost akan membantu Anda mendapatkan layanan prima sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.