Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Rumah dan Kantor

Cara Mempercepat Koneksi Wifi — Di era digital, ketika semuanya dilakukan dengan internet, wifi adalah solusi yang tepat. Jika Anda menggunakan wifi, jangan khawatir jika tiba-tiba kehabisan kuota karena wifi tidak terbatas. Pembayaran untuk Wi-Fi dilakukan setiap bulan dan jumlahnya tergantung pada pilihan kecepatan Wi-Fi. Tak heran jika Wi-Fi telah digunakan di berbagai fasilitas umum seperti sekolah, restoran, rumah sakit, terminal, dan lainnya. Banyak orang sekarang memasang Wi-Fi di rumah mereka untuk penggunaan pribadi juga.

Di balik semua kenyamanan yang ditawarkan saat menggunakan Wi-Fi, ada hal yang membuat pengguna Wi-Fi tidak nyaman, yaitu koneksi yang lambat. Terkadang kecepatan wifi menjadi lambat dan tidak stabil. Seperti yang Anda ketahui, wifi memiliki jangkauan terbatas. Jadi jika koneksi Wi-Fi Anda lebih lambat dari biasanya, itu bisa disebabkan oleh beberapa hal dan sebenarnya tidak sulit untuk memperbaikinya. Untuk memperbaikinya, Anda harus dapat mengidentifikasi hal-hal yang memperlambat wifi Anda.

Keterbatasan Wi-Fi yang lambat mengganggu aktivitas yang berhubungan dengan internet, terutama di masa pandemi seperti saat ini ketika Anda harus bekerja dan belajar dari rumah. Alasannya bukan hanya jarak, yang mempengaruhi kecepatan Wi-Fi, tetapi terkadang juga penyedia Wi-Fi itu sendiri. Cara mempercepatnya adalah dengan me-restart router Anda atau, jika Anda mengalami kesulitan, hubungi layanan pelanggan. Jika metode ini tidak mengarah pada perubahan, langkah-langkah lain perlu diambil.

Faktor Penghambat Kecepatan Wifi

Sesuatu yang terjadi di sana harus menjadi faktor yang berkontribusi dan kecepatan wifi tidak terkecuali. Banyak orang mungkin tidak mengenali faktor penghambat ini. Dengan mengetahui faktor pemblokiran, Anda dapat lebih mudah menemukan solusi untuk mempercepat koneksi Wi-Fi Anda. Berikut beberapa faktor yang menghambat wifi:

  • Penempatan Router yang Tidak Tepat

Salah satu masalah yang sering mempengaruhi kecepatan wifi adalah jarak perangkat dari router. Lokasi router wifi menentukan fluiditas sinyal wifi. Router WiFi yang diarde, misalnya, tidak mengoptimalkan sinyal yang diterima. Router Wi-Fi yang terlalu jauh juga dapat memperlambat sinyal, karena router memiliki beberapa kapasitas jangkauan. Juga, jangan letakkan router di dekat jendela karena wifi mengirimkan sinyal ke luar jendela, yang berarti sinyal internet terpecah.

  • Bandwith yang Rendah

Kurangnya bandwidth disebabkan oleh terlalu banyak pengguna yang terhubung ke wifi secara bersamaan. Sebagian besar aplikasi streaming video dan audio menghabiskan banyak data. Dengan kondisi ini, Internet tersebar dan digunakan bersama oleh semua perangkat. Anda akan menemukan bahwa kecepatan internet sangat lambat di tempat-tempat ramai pada jam sibuk, terutama di daerah perkotaan. Dalam beberapa kasus, Anda akan memiliki sedikit atau tidak ada koneksi internet meskipun area tersebut sangat sibuk. Solusi untuk masalah ini adalah mencoba untuk menghindari penggunaan Internet selama jam sibuk.

  • Masalah Pada Kabel LAN

Kemungkinan lainnya adalah Anda salah menyambungkan kabel LAN atau mungkin Anda belum menyambungkan kabel LAN wifi. Kabel LAN juga bisa rusak, seperti terputus atau terlepas. Namun, jika Anda tidak memahami cara menyambungkan kabel LAN, hubungi penyedia layanan Anda untuk mendapatkan bantuan.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Ada beberapa cara mempercepat koneksi Wi-Fi yang bisa Anda terapkan jika mengalami masalah ini. Meningkatkan kecepatan wifi dapat digunakan sesuai dengan kondisi Anda. Contoh cara mempercepat wifi tanpa aplikasi atau software apapun yang berhubungan dengan router dan ISP yang anda gunakan adalah mempercepat koneksi wifi di android atau mempercepat koneksi wifi di laptop. Di bawah ini adalah penjelasan lebih rinci tentang ini:

  • Mengubah Letak Router

Kebanyakan orang memasang router di dekat stopkontak. Juga, kebanyakan orang meletakkannya di mana saja, seperti di atas meja, di lemari atau bahkan di lantai. Memang, lokasi wifi adalah salah satu hal yang paling penting. Jika Anda salah satu yang menempatkan router di lokasi ini, pindahkan lokasi router tersebut.

Salah satu alasan koneksi Wi-Fi yang buruk adalah karena router ditempatkan rendah atau terhalang oleh berbagai benda di rumah. Selain itu, jangan letakkan router di tempat yang terhalang tembok atau besi, karena akan menyulitkan penetrasi sinyal wifi. Masalah ini sering ditemui di rumah besar dengan banyak ruangan tetapi hanya satu router dan tidak ada repeater. Biasanya hal ini menyebabkan sinyal wifi menjadi buruk di kamar yang jauh.

  • Reboot Router

Perhatikan bahwa Anda tidak boleh me-restart router jika koneksi internet Anda lambat. Jadwalkan router Anda untuk memulai ulang secara teratur. Atur jadwal otomatis untuk me-restart router Anda sekali atau dua kali seminggu. Ini akan menjadi cara untuk meng-upgrade router Anda agar bekerja lebih optimal.

  • Periksa Penggunaan WiFi dari Perangkat Lain

Ini sering terjadi secara tiba-tiba dan banyak orang terhubung ke wifi. Kecepatan Wi-Fi melambat. Ini karena bandwidth internet dibagi antara perangkat yang terhubung saat ini, membuat koneksi menjadi lambat. Anda juga harus mematikan Wi-Fi dari perangkat yang tidak Anda gunakan, karena aplikasi latar belakang dapat menggunakan bandwidth bahkan saat layar mati.

  • Mengubah Setting DNS Komputer

Istilah DNA masih terdengar asing bagi orang awam. Jadi DNS berarti menu pencarian nama pada komputer yang menggunakan jaringan TCP atau IP. Ubah pengaturan DNS di komputer Anda melalui Google DNS. Jika koneksi internet Anda masih lambat setelah mengubahnya, lakukan reset jaringan dan hapus DNS Anda. Caranya klik kanan > pilih Run as administrator > ketik flushdns > tekan Enter, lalu coba akses internet beberapa kali.

  • Gunakan WiFi adapter

Langkah selanjutnya adalah menggunakan adaptor WiFi. Trik ini khusus untuk mereka yang menggunakan laptop atau komputer yang tidak memiliki adaptor WiFi atau memiliki adaptor WiFi yang sudah ketinggalan zaman. Adaptor Wi-Fi, juga dikenal sebagai dongle WiFi, dapat dihubungkan ke port USB laptop dan komputer. Pastikan dongle WiFi yang Anda beli memiliki teknologi WiFi 802.11n atau 802.11ac untuk kecepatan maksimum.

  • Perhatikan Arah Antena

Sama seperti antena televisi yang perlu dipindahkan untuk mendapatkan jaringan yang jernih, cara ini juga bisa diterapkan pada antena router. Menurut beberapa sumber, antena router harus dalam posisi vertikal. Hal ini dilakukan agar sinyal memancar secara horizontal dan menjangkau seluruh bagian ruangan.

Tetapi juga dikatakan bahwa antena router dapat ditempatkan tegak lurus satu sama lain. Antena menunjuk secara vertikal, sedangkan antena menunjuk secara horizontal. Hal ini dilakukan agar internet dapat menjangkau seluruh pelosok.

Kesimpulan Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Bahkan, koneksi yang lambat akan membuat Anda kesal dan pusing jika Anda memperbaikinya. Mereka telah mencoba banyak cara tetapi belum mendapatkan hasil yang baik. Untuk ini, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan atau memanggil petugas untuk menyelesaikannya. Jangan menunda oleh wifi yang lambat, tetapi Anda membayar banyak untuk itu. Sebelum mendaftar wifi, Anda harus memeriksa apakah layanan wifi memberikan layanan yang baik atau tidak.

Pilih penyedia layanan yang berkualitas baik agar Anda tidak merasa kecewa. Pertama, tanyakan apa kelebihan dan kekurangan penyedia layanan tersebut. Selain harga, pertimbangkan kualitas Wi-Fi itu sendiri. Tidak ada salahnya menambahkan sedikit uang di awal daripada menghabiskan banyak uang di akhir. Namun, faktor penyebab kecepatan wifi bervariasi dan tidak dapat diprediksi, apalagi jika penyebabnya berasal dari penyedia layanan itu sendiri.