Apa Itu Customer Retention? Keuntungan & Strateginya

Apa Itu Customer Retention–Untuk membangun loyalitas pelanggan, perusahaan melakukannya dengan beberapa cara. Misalnya dengan menggunakan teknik konservasi. Oleh karena itu, retensi pelanggan merupakan upaya untuk menjaga loyalitas pelanggan agar mereka tetap menggunakan produk atau jasa Anda.

Ya, menarik pelanggan baru itu penting. Namun, menjaga agar pelanggan lama tetap setia membeli produk kita juga bukan hal yang mudah lho sobat! Untuk melakukannya, lihat artikel berikut tentang cara meningkatkan retensi pelanggan. Simak baik-baik, ya!

Pengertian customer retention

customer retention adalah
customer retention adalah

Retention adalah kata yang berasal dari kata retensi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Melestarikan artinya memelihara atau melestarikan. Dalam pembahasan ini, retensi pelanggan adalah program atau kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan atau mencegah pelanggan beralih ke perusahaan saingan. Apa Itu Customer Retention

Terkadang perusahaan terlalu sibuk berusaha menarik pelanggan baru hingga melupakan pelanggan setia lama yang menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, customer retention merupakan program yang berlaku untuk bisnis lama karena bisnis baru akan sangat membutuhkan pelanggan baru untuk bisnisnya.

Retensi pelanggan adalah program yang sangat menguntungkan, karena jika Anda dapat mempertahankan pelanggan lama, perusahaan dapat menghemat 5-25 kali biaya untuk mendapatkan pelanggan.

Mengapa bisnismu perlu retention?

Ini, teman-teman, adalah alasan mengapa loyalitas pelanggan penting bagi bisnis Anda.

1. Menarik hati customer lama

Seperti dijelaskan di atas, retensi pelanggan adalah program yang dirancang untuk mempertahankan pelanggan lama. Oleh karena itu, program ini dibuat untuk mendorong pelanggan agar tetap menggunakan barang atau jasa perusahaan dengan banyaknya program yang ditawarkan.

2. Memberikan pelayanan serta kepuasan

Retensi pelanggan adalah layanan yang diberikan kepada pelanggan agar mereka tetap setia pada produk Anda. Sehingga pelanggan lama dapat membandingkan layanan sebelumnya dengan yang sekarang. Oleh karena itu, dengan membangun loyalitas pelanggan, perusahaan selalu memberikan pelayanan prima kepada pelanggannya.

3. Menjalin kedekatan dengan pelanggan

Retensi pelanggan membuat pelanggan merasa lebih dekat dengan perusahaan karena keluhannya diperhitungkan dan perusahaan akan memberikan pelayanan yang terbaik.

Keuntungan customer retention

Di bawah ini adalah manfaat dan manfaat dari retensi pelanggan untuk bisnis Anda.

1. Meningkatkan profit

Mencari pelanggan baru tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mengiklankan produk atau jasa Anda. Inilah sebabnya mengapa banyak perusahaan besar mempertahankan pelanggan lama mereka yang tetap setia.

Dengan mempertahankan pelanggan lama, perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak uang, bahkan dapat menjadi strategi pemasaran melalui umpan balik pelanggan lama yang dapat menarik pelanggan baru.

2. Menciptakan loyalitas pelanggan

Loyalitas pelanggan erat kaitannya dengan retensi pelanggan, karena loyalitas merupakan upaya untuk mempertahankan pelanggan agar tidak berpindah ke perusahaan lain.

Jika perusahaan yang Anda miliki menjalankan program ini dengan baik, pelanggan akan memberikan umpan balik yang baik tentang kemajuan perusahaan. Strategi yang tepat sangat diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan.

3. Menguntungkan kedua belah pihak

Pelanggan juga orang biasa yang ingin dihargai dan dihargai, apalagi pelanggan adalah pelanggan setia.

Melalui program loyalitas pelanggan, pelanggan mendapatkan keuntungan dari program penghargaan yang diberikan dan perusahaan Anda menerima umpan balik atas kemajuan produktivitas perusahaan untuk membangun hubungan simbiosis antara perusahaan dan pelanggan.

Komponen utama retention

Apa Itu Customer Retention, Ada beberapa komponen retensi utama yang dapat digunakan untuk menghitung tingkat retensi pelanggan. Bahan utama yang terlibat adalah:

1. Program customer loyalty

Pelanggan setia yang menggunakan produk layak mendapatkan banyak rasa hormat. Dengan menyediakan program loyalitas pelanggan, pelanggan dapat memperoleh manfaat dari program hadiah saat menggunakan produk.

Misalnya, perusahaan dapat memberikan penghargaan ketika konsumen membelanjakan lebih banyak dan menunjukkan kartu keanggotaan untuk suatu produk. Program reward bisa berupa poin yang bisa ditukarkan dengan kupon atau produk gratis, diskon langsung dan masih banyak jenis lainnya.

Program reward selalu diminati oleh konsumen, karena mereka akan mendapatkan pengalaman menarik dalam menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Referral atau fitur permainan

Komponen retensi selanjutnya adalah referral atau fitur game. Dengan program game ini, pelanggan dapat memanfaatkan program seperti mengumpulkan poin, meningkatkan level keanggotaan, atau mendapatkan keuntungan tertentu ketika mencapai level tinggi.

Selain itu, fungsi rujukan dapat ditambahkan ke program, yang dapat membantu perusahaan memperoleh banyak pelanggan. Pelanggan lama mengundang pelanggan baru dengan memberikan referensi mereka, sehingga pelanggan lama dihargai dan pelanggan baru mendapat manfaat dari penggunaan kode referensi dalam bentuk poin, voucher, atau lainnya.

Dengan strategi program referral, Anda jelas akan menghemat banyak biaya perusahaan, karena pelanggan lebih mudah mempercayai orang-orang terdekat mereka daripada iklan atau influencer.

3. Personalisasi komunikasi

Tidak semua program loyalitas yang disebutkan di atas dapat berhasil karena demografi, frekuensi kunjungan, dan banyak faktor penentu lainnya.

Program hadiah Klien A mungkin tidak cocok atau sesuai untuk Klien B. Oleh karena itu, perusahaan harus menyesuaikan program loyalitas pelanggannya. Hal ini juga berlaku untuk elemen terakhir dari pembahasan, yaitu data pelanggan.

4. Insight data pelanggan

Dengan memiliki data pelanggan mulai dari keinginan, kebutuhan, preferensi dan perilaku pelanggan, membantu perusahaan mengembangkan program loyalitas.

Wawasan pelanggan harus terintegrasi dengan aplikasi analitik untuk dapat memberikan informasi seperti usia dan jenis kelamin, serta wawasan seperti kapan terakhir kali pelanggan menggunakan produk atau layanan dan model apa.

Strategi meningkatkan customer retention

Diperlukan beberapa strategi khusus untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Di bawah ini adalah beberapa strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, seperti yang dirangkum oleh Jagoan Hosting. Langsung saja simak daftarnya!

1. Sediakan banyak pilihan produk

Loyalitas adalah program untuk membangun loyalitas pelanggan. Dengan banyak pilihan produk, pelanggan tidak akan bosan dengan produk yang sama.

2. Ajak pelanggan untuk membuat akun

Strategi selanjutnya adalah mengajak pelanggan untuk membuat akun. Dengan akun tersebut, baik pelanggan lama maupun baru merasa seperti anggota keluarga dalam komunitas produk, sehingga mereka memiliki dan juga bertanggung jawab atas pengembangan produk.

3. Jalin komunikasi secara personal

Komunikasi pribadi dapat menjangkau konsumen dengan demografi, frekuensi kunjungan dan program lain yang menentukan keberhasilan strategi ini. Oleh karena itu, untuk memahami kebutuhan yang berbeda dari setiap pelanggan, perlu berdialog dengan pelanggan secara pribadi.

Anda juga dapat menggunakan email perusahaan untuk menjalin komunikasi pribadi dengan pelanggan. Sekalipun komunikasinya bersifat pribadi, jelas email bisnis juga memberikan tampilan profesional pada bisnis Anda.

4. Siapkan program on boarding

Program pengenalan dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dalam memperoleh layanan dan menggunakan produk dan layanan perusahaan.

5. Sediakan program edukasi

Memiliki presentasi dan pelatihan dapat mengarahkan pelanggan untuk mengenali produk dan layanan perusahaan sehingga mereka dapat memutuskan produk dan layanan mana yang memenuhi kebutuhan mereka.

6. Buat layanan pelanggan yang baik

Memberikan pelayanan yang baik dan prima merupakan strategi yang hebat karena pelanggan merasa diperhatikan, sehingga akan puas dengan apa yang telah diterimanya.

7. Lakukan up selling dan cross selling

Anda juga dapat mengembangkan strategi up-sell dan cross-sell untuk pelanggan, mendorong mereka untuk membeli produk bernilai lebih tinggi. Karena pelanggan lama telah mempercayai dan menerima kupon dari program hadiah Anda, mungkin mereka tertarik dengan produk dan layanan yang Anda tawarkan yang melengkapi produk mereka.

Berdasarkan ulasan di atas, bagaimana Anda semakin memahami bahwa mempertahankan pelanggan lama sangat penting? Jadi, selain menarik pelanggan baru, coba gunakan teknik ini. Untuk lebih memahami bagaimana strategi marketing yang tidak kalah menarik, baca artikel kami selanjutnya ya, sob!