Apa itu Blogspot? Ini Fungsi & Cara Membuatnya

Apa itu Blogspot — Sepertinya sudah banyak yang mengetahui bahwa blogspot merupakan salah satu platform penyedia akun website gratis terpopuler di kalangan pecinta tulisan. Sejak awal, blogspot telah dirancang untuk mereka yang ingin berbagi apa saja secara bebas di Internet.

Selain blogspot, Anda mungkin pernah mendengar layanan blog gratis lainnya seperti WordPress. Lalu apa saja manfaat blogspot? Daripada bertanya-tanya pada diri sendiri, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

Pengertian Apa itu Blogspot

Blogspot adalah kependekan dari “web-log”, yang merupakan media pembawa data online yang mampu mengunggah konten berupa tulisan, gambar, video, dll. modul untuk mendukung kebutuhan Anda di berbagai sektor.

Anda dapat membuat berbagai konten menarik untuk diunggah ke blogspot Anda, baik itu fashion, gaya hidup, teknologi, atau bahkan penjualan. Blog adalah solusi yang tepat untuk meningkatkan brand awareness dari produk yang Anda jual.

Sebagai tambahan, Google sudah mengakusisi blogspot. Jadi jika Anda ingin membuat blogspot, Anda menggunakan akun google yang sudah ada untuk daftar blogspot.

Dengan kerjasama blogspot dan Google, kini blog telah dilengkapi dengan Google Adsense, yang menyediakan Google Pay per Click, yang berarti Google membayar Anda ketika seseorang mengklik blog Anda.

Sejarah blogspot

Apa itu Blogspot ? Blogspot pertama kali diperkenalkan pada tanggal 23 Agustus 1999, awalnya dimiliki oleh Pyra Labs. Media online yang terkenal dengan domain blogspot.com ini kemudian dibeli oleh Google pada Februari 2003, sehingga lebih nyaman digunakan oleh pengguna.

Google telah melakukan berbagai perubahan untuk perkembangannya dan menjadikan blogspot sebagai salah satu produk andalannya. Blogspot adalah tempat di mana penulis dapat berbagi ide dengan aplikasi open source.

Sebelumnya, blogspot adalah salah satu alat berbayar yang didistribusikan oleh Pyra Labs, tetapi setelah diakuisisi oleh Google, blog menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Google terus meningkatkan layanan blogging untuk menjadikannya seperti sekarang ini.

Pada tahun 2010, Google memperkenalkan beberapa template blogspot baru yang memudahkan pengguna untuk menggunakannya. Kemudian, pada Februari 2013, blogspot mulai mengintegrasikan penggunanya dengan domain negara mereka. Misalnya dari blogspot.com ke blogspot.co.id.

Fungsi blogspot

Setelah membahas tentang pengertian dan sejarah blogspot, tentu anda semakin penasaran dengan blogspot ini bukan? Itu sebabnya mari kita lihat lebih dekat fitur blogspot!

1. Sarana branding

Pertama, blogspot berfungsi sebagai alat branding. Membangun kesadaran merek melalui blogging bisa sangat efektif. Khusus untuk Anda para pebisnis dan profesional. Ini karena semakin sering blog Anda dikunjungi, semakin banyak calon konsumen yang akan memperhatikan dan mempercayai produk atau karya Anda.

Misalnya, untuk seorang profesional, semakin sering Anda mengunggah posting yang menarik, semakin Anda menjadi ahli di bidang yang Anda minati. Jadi pembaca tidak perlu ragu untuk menggunakan layanan Anda.

Blogspot juga merupakan alat yang cocok untuk pebisnis. Dengan mengunggah berbagai konten menarik ke blog Anda, produk Anda akan semakin dikenal oleh calon pelanggan. Dan jika Anda dapat memprosesnya dengan benar, Anda akan memiliki pelanggan tetap untuk bisnis Anda.

2. Portofolio online

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dengan mengunggah berbagai konten dari pengalaman Anda, kesadaran merek layanan Anda meningkat. Artinya, fitur blogspot adalah Anda dapat menggunakannya sebagai profesional, sebagai teman, sebagai tempat untuk portofolio online layanan Anda!

Portofolio online ini dapat menjadi tempat di mana Anda dapat “menunjukkan” berbagai pekerjaan dan proyek yang telah Anda kerjakan di masa lalu, sehingga calon klien akan tertarik dengan layanan Anda.

3. Media promosi produk dan jasa

Sekitar 70% pelanggan potensial lebih suka melihat produk di artikel daripada iklan. Karena itulah blogspot menjadi solusi tepat bagi Anda untuk menulis berbagai artikel dan tutorial tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.

4. Sarana publikasi

Keistimewaan lain dari blogspot adalah dapat menjadi sarana untuk mempublikasikan berbagai tulisan dan karya anda, sehingga anda akan semakin dianggap sebagai ahli dalam bidang yang diberikan.

Selanjutnya bagi yang ingin menggunakan blogspot untuk kepentingan komersial juga dapat menunjukkan eksistensi usahanya sehingga tidak perlu berpromosi melalui media yang mahal.

Cara membuat blogspot

Apa itu Blogspot? Membuat blogspot tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda dapat melakukan ini dengan banyak cara, dari ponsel hingga komputer. Simak penjelasan berikut.

1. Cara membuat blogspot di PC

Sebelum mengikuti cara membuat blogspot di komputer Anda, pastikan Anda sudah memiliki akun Google untuk melanjutkan proses daftar blogspot. Kemudian ikuti langkah-langkah ini:

  • Anda bisa memulainya dengan membuka halaman browser di komputer atau laptop Anda. Kemudian ketik www.blogger.com pada kolom alamat
  • .
  • Pastikan halaman blogger.com aktif, lalu klik tombol Create Blog dan mari kita mulai membuat blog baru Anda!
  • Untuk membuat blog, Anda dapat memasukkan alamat akun Gmail Anda sebagai awalan. Akun ini secara otomatis ditautkan ke akun Google Anda.
  • Setelah berhasil login ke akun blogger Anda, Anda akan diarahkan untuk mengisi profil blog. Jika Anda tidak ingin mengisinya pada saat itu, Anda dapat mengisinya keesokan harinya.
  • Setelah Anda masuk ke halaman profil Anda, Anda dapat langsung menuju ke dashboard tempat Anda dapat mengatur semua kebutuhan blogging Anda, seperti judul blog, judul dan tema atau template blogspot yang ingin Anda gunakan.
  • Anda dapat mulai memilih alamat blog yang Anda inginkan. Ada domain berbayar dan tidak dalam langkah ini, Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan dan permintaan Anda.
  • Kemudian kembali ke dasbor, mulai mengatur blog Anda, dan mulai konten blog. Setelah selesai, klik Publish agar hasil tulisan Anda bisa langsung diupload ke blog Anda.
  • Terakhir, bagi yang ingin mengetahui seperti apa tampilan blog Anda setelah dibuat dan dipublikasikan, klik tombol kunjungi blog atau ketikkan judul blog Anda langsung ke kolom halaman web browser Anda.

2. Cara membuat blogspot di HP

Membuat blogspot di ponsel sedikit berbeda dengan di komputer, tetapi Anda tetap harus memiliki akun Google untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Berikut cara membuat blogspot di HP:

  • Unduh aplikasi “Blogger” dari Play Store atau App Store tergantung pada ponsel yang Anda gunakan.
  • Setelah proses pengunduhan selesai, Anda dapat membuka aplikasi Blogger dan memasukkan alamat Gmail yang ingin Anda gunakan.
  • Mirip dengan langkah-langkah yang Anda lakukan di komputer Anda, buat daftar blogspot menggunakan akun Gmail dan kata sandi Anda berdasarkan apa yang Anda miliki.
  • Setelah Anda memasukkan pertanyaan, Anda akan diminta untuk mengisi dan mengedit profil. Kemudian Anda dapat mulai blogging dan membuat blog dengan mengklik tombol!
  • Jika halaman untuk membuat blog baru muncul di layar ponsel Anda, Anda dapat melanjutkan membuat blog di ponsel ini dengan mengetikkan alamat blog. Pastikan alamat yang Anda gunakan belum pernah digunakan oleh pengguna lain, OK!
  • Akhirnya, setelah Anda selesai menulis judul dan judul blog Anda, Anda dapat mulai mendesain blog Anda menggunakan template blogspot agar lebih menarik dan mulai membuat konten untuk konten blog Anda.

Bagaimana, tertarik menggunakannya? Mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Anda tetap bisa mengoptimalkan akun blog Anda dengan teknik tertentu, tidak hanya dengan menulis.