hit counter

Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografisnya

Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografisnya–Didirikan di Bangkok pada 8 Agustus 1967, ASEAN adalah organisasi geopolitik dan ekonomi negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini bertujuan untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan budaya negara-negara anggotanya.

Selain itu, ASEAN juga memiliki tujuan untuk mendorong perdamaian dan stabilitas di tingkat kawasan serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara para anggotanya secara damai.

Terbentuknya ASEAN rupanya dipicu oleh konflik yang terjadi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Kedua negara adidaya saat itu terlibat perang dingin melalui persaingan politik, ekonomi, dan propaganda.

Perebutan ideologi dan konflik kedua negara mulai mempengaruhi dan berpotensi mengganggu negara lain. Karena itu, beberapa pemimpin di Asia Tenggara mulai merencanakan organisasi yang dapat menjaga keamanan dan kesejahteraan negara-negara di Asia Tenggara.

Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografisnya

batas wilayah asean berdasarkan letak geografisnya
batas wilayah asean berdasarkan letak geografisnya

Pembahasan

Terkait soal sebutkan batas wilayah asean berdasarkan letak geografisnya! ASEAN merupakan organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Didirikan di Bangkok pada 8 Agustus 1967. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya.

Pada awal berdirinya, ASEAN hanya terdiri dari lima negara anggota yang tak lain adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Kemudian disusul oleh Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan terakhir Kamboja. Terdapat pembagian batas wilayah ASEAN sesuai dengan letak geografisnya. Letak geografis sendiri adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi. Berikut pembagian beberapa batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya.

  • Batas di utara: China, Laut China Selatan
  • Batas di timur: Samudera Pasifik, Papua Nugini
  • Batas di selatan: Samudera Hindia
  • Batas di barat: Samudera Hindia, India

Dengan demikian, batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya adalah batas di utara: China, Laut China Selatan, batas di timur: Samudera Pasifik, Papua Nugini, atas di selatan: Samudera Hindia dan batas di barat: Samudera Hindia, India.