Move On dari Hiruk Pikuk Kota ke Desa Wisata Tembi, Yogyakarta

Liputanberitaku.com — Desa wisata Tembi Bantul merupakan sebuah desa yang menawarkan wisata bertemakan kebudayaan. Desa ini kerap dijadikan destinasi untuk mengenal kebudayaan Jawa, sejarah, dan menikmati suasana alam pedesaan yang masih sangat asri.

Desa wisata Tembi Bantul berlokasi di Dusun Tembi, Desa Timbulharjo, Kabupaten Bantul. Desa wisata Tembi Bantul ini sudah terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Desa wisata Tembi Bantul merupakan kawasan kampung kerajinan GMT (Gabusan-Manding–Tembi) yang diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 31 Agusutus 2007.

Di Desa Tembi Anda bisa melupakan sejenak deretan bangunan besar dan polusi udara dengan menikmati lukisan alam yang sudah tersedia. Di wilayah ini Anda bisa mendapatkan pemandangan hijau persawahan, segarnya udara pedesaan, dan kearifan budaya lokal yang masih sangat kental.

Hal tersebut pasti akan memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi wisatawan terutama untuk Anda yang sudah penat dengan hiruk pikuk kehidupan di kota.

Selain itu, adapun beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Desa Tembi. Anda bisa membajak sawah, mengunjungi museum, sampai membatik bersama pembatik profesional. Anda tidak hanya diajak untuk mencoba pengalaman membajak sawah, tetapi juga menanam padi, memasak masakan tradisional, tracking di alam, dan lain-lain.

 

Museum yang ada di Desa Tembi diberi nama Museum Rumah Budaya Tembi atau Tembi House of Culture. Museum ini adalah museum yang mengoleksi berbagai jenis peralatan masyarakat Suku Jawa yaitu mulai dari alat alat-alat dapur sampai senjata sekalipun.