hit counter

apabila di pasar terjadi penurunan harga maka akan membawa akibat

apabila di pasar terjadi penurunan harga maka akan membawa akibat–Permintaan dalam perekonomian adalah kombinasi harga dan jumlah barang yang ingin dibeli konsumen pada tingkat harga yang berbeda selama periode waktu tertentu. Permintaan akan suatu barang sangat dipengaruhi oleh pendapatan dan harga barang tersebut. Jika harga barang naik sedangkan pendapatan tidak berubah, maka permintaan barang akan turun. Sebaliknya, jika harga barang turun sedangkan pendapatan tidak berubah, permintaan barang meningkat atau meningkat (Soekirno, 1985; Firdaus dan Arianti, 2013).

Dalam analisis permintaan, hanya satu faktor yang mempengaruhi jumlah barang yang diminta yaitu harga produk, sedangkan faktor lain seperti selera, pendapatan dan faktor lainnya dianggap ceteris paribus (tidak berubah). Dengan demikian dapat dilihat hubungan antara jumlah barang yang diminta dengan tingkat harga (Sudarsono, 1983 dalam Hentiani, 2012). Hukum permintaan menyatakan bahwa jika harga suatu barang naik, faktor-faktor lain dianggap sama, jumlah barang yang diminta oleh konsumen akan berkurang.

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan

apabila di pasar terjadi penurunan harga maka akan membawa akibat
apabila di pasar terjadi penurunan harga maka akan membawa akibat

Hanya harga barang
Harga barang mempengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika harga naik, maka jumlah barang yang diminta akan bertambah, sedangkan jika harga turun, jumlah barang yang diminta akan berkurang.

Harga barang tambahan (tambahan).
Barang komplementer juga dapat mempengaruhi permintaan barang/jasa. Misalnya, sepeda motor adalah barang pelengkap bensin. Jika harga bensin naik, kecenderungan untuk membeli sepeda motor menurun dan sebaliknya.

Harga barang pengganti (substitute)
Jika harga barang substitusi lebih rendah, orang akan beralih ke barang substitusi tersebut. Namun, jika harga barang substitusi naik, orang akan tetap menggunakan barang aslinya.

Selera konsumen
Apabila selera konsumen terhadap barang tertentu meningkat, maka permintaan terhadap barang tersebut juga akan meningkat. Misalnya, saat ini banyak orang yang mencari ponsel dengan kemampuan musik dan game, karena selera konsumen terhadap produk tersebut tinggi, permintaan ponsel dengan musik dan game akan meningkat.

jumlah pendapatan
Jika pendapatan tenaga kerja tinggi, permintaan barang dan jasa juga akan lebih tinggi. Sebaliknya, jika pendapatan menurun maka kemampuan membeli barang juga menurun. Akibatnya, jumlah barang akan berkurang.

Intensitas permintaan konsumen
Intensitas permintaan konsumen mempengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika barang atau jasa yang tidak mendesak dibutuhkan, permintaan masyarakat terhadap barang atau jasa tersebut akan rendah. Sebaliknya, jika kebutuhan akan barang atau jasa sangat mendesak, maka permintaan akan barang atau jasa tersebut akan meningkat.

jumlah penduduk
Pertambahan penduduk akan mempengaruhi jumlah barang yang dibutuhkan. Jika populasi suatu daerah meningkat, jumlah barang yang dibutuhkan meningkat.

Prediksi harga masa depan
Ketika konsumen memperkirakan harga akan naik, konsumen cenderung menambah jumlah barang yang dibelinya karena takut harga akan menjadi lebih mahal. Sebaliknya, ketika konsumen mengharapkan harga turun, konsumen cenderung mengurangi jumlah barang yang dibelinya.

 

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : apabila di pasar terjadi penurunan harga maka akan membawa akibat , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!