Neon Tetra Fish, Si Ikan Kecil yang Cocok Untuk Aquascape

Neon tetra dikenal gemar menjelajah akuarium sehingga akuarium sempit kurang cocok dengan neon tetra. Sebagai teman ikan cupang, neon tetra hidup berkelompok. Para pegiat ikan menyarankan menaruh 10 hingga 12 ekor neon tetra untuk akuarium berkapasitas 35 liter air.

Ikan hias bukanlah tipe teritorial namun tanpa tanaman atau hiasan hanya akan membuat neon tetra tersudut oleh dominasi ikan cupang. Letakkan beberapa tanaman atau ornamen sebagai tempat bermain neon tetra dan cupang.

Neon tetra dapat hidup hingga lima tahun dan tumbuh paling panjang 3 cm dengan suhu air berkisar 20 sampai 25 derajat celcius, pH air yang dibutuhkan pun sesuai dengan habitat ikan cupang yaitu 6 sampai 7,5.

Neon tetra merupakan ikan omnivora, sedangkan ikan cupang adalah karnivora. Neon tetra dapat makan makanan ikan cupang, tapi tidak sebaliknya.

Kekurangan dari neon tetra adalah suka menggigit sirip cupang apabila mencampurkan kedua jenis ikan ini di akuarium kecil. Hal ini tentu bisa menyebabkan ikan cupang menjadi stres.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli