Negara Kecil Di Dekat Uganda

Negara Kecil Di Dekat UgandaRepublik Uganda (bahasa Inggris: Republic of Uganda, Swahili: Jamhuri ya Uganda[6]) adalah sebuah negara di Afrika Timur. Dijuluki “Mutiara Afrika” oleh Winston Churchill, negara ini berbatasan dengan Kenya di timur, Sudan di utara, Republik Demokratik Kongo di barat, Rwanda di barat daya, Tanzania, dan Danau Victoria. selatan Nama negara itu berasal dari Kerajaan Buganda, yang wilayahnya meliputi bagian selatan Uganda. Uganda dibagi menjadi 70 distrik.

Pada awalnya Uganda didominasi oleh beberapa suku besar yang bekerja sebagai pemburu. Suku terbesar adalah suku Baganda atau Buganda. Suku ini berhasil mendirikan kerajaan yang dipimpin oleh Kimera. Giovani Miani (seorang penjelajah Italia) adalah orang Eropa pertama yang menemukan Uganda pada tahun 1860.

Kemudian datanglah para misionaris. Pada tahun 1862, situs raja ke-30 kerajaan Buganda ditemukan, diyakini memerintah pada abad ke-16. Pada abad ke-19 Uganda diperintah oleh Inggris dan Mesir. Uganda kemudian menjadi provinsi ekuator Mesir. Kontrol Mesir khatulistiwa berakhir pada tahun 1889 dengan pemerintahan Emin Pasha dan pada tahun 1890 jatuh ke tangan Inggris.

Perjuangan kemerdekaan dari Inggris Raya dimulai pada tahun 1945-1949 ketika terjadi pemberontakan proletar di Buganda. Pada tahun 1953II. Raja Mutesa (Kabaka) diasingkan ke Inggris dan kembali ke Uganda pada tahun 1955. Akhirnya, pada tanggal 9 Oktober 1962, Uganda merdeka dari Inggris.

Apollo Milton Obote terpilih sebagai Perdana Menteri pertama. Kabaka Edward Mutesa II (Raja Buganda) adalah kepala negara. Pada tahun 1966 terjadi pembantaian berdarah di istana hingga Milton Obote membubarkan Kerajaan Buganda dan Kabaka Edward Mutesa II mengasingkan diri ke Inggris hingga mati dalam kemiskinan selama tiga tahun.

Uganda

Pada 25 Januari 1971, saat Milton Obote menghadiri konferensi di Singapura, Mayor Jenderal Idi Amin merebut kekuasaan. Di kerajaan inilah Uganda sangat terkenal di dunia karena Idi Amin banyak melakukan pembunuhan (sangat kejam) terhadap lawan politiknya terutama lawan Acholi dan Langi. Sekitar 300.000 orang dibunuh pada masa pemerintahannya. Dia memerintah sampai tahun 1979.

Pada bulan April 1979, tentara pemberontak yang tidak menyukai kediktatoran Idi Amin, yang tergabung dalam Tentara Pembebasan Nasional Uganda (UNLA) dengan bantuan tentara Tanzania, berbaris ke Kampala dan menggulingkan Idi Amin. Yusuf Lule menggantikan Idi Amin selama dua bulan dan digantikan oleh Godfrey Binaisa selama sebelas bulan, yang akhirnya digulingkan dan digantikan oleh Paul Muwanga yang memerintah selama empat bulan hingga 20 September 1980 untuk mempersiapkan pemilihan umum. Milton Obote terpilih kembali sebagai presiden Uganda pada 11 Desember 1980. Kebiasaan lama Milton Obote yang bertingkah seperti diktator. Sekitar 100.000 orang tewas selama masa pemerintahannya.

Hal ini menyebabkan Yoweri Museveni (lahir tahun 1944 di Bahima, Uganda barat) untuk membentuk Tentara Perlawanan Nasional (NRA) dengan 26-30 pemuda lainnya. NRA berhasil mendatangkan malapetaka, sehingga Milton Obote akhirnya jatuh. Karena ketegangan konstitusional, parlemen akhirnya memutuskan bahwa Jenderal Tito Okello akan menggantikan Milton Obote pada Juli 1985, situasi Okello tidak lebih baik, dan dalam Perjanjian Kenya, Okello akhirnya menyerah pada Museveni. Pada 29 Januari 1986, Museveni dilantik sebagai presiden Uganda. Pada 12 Maret 2001, Museveni terpilih kembali sebagai presiden Uganda hingga 2006.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Negara Kecil Di Dekat Uganda, Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!