Contoh Dari Buku Nonfiksi

Contoh Dari Buku Nonfiksi–Banyak orang mengatakan bahwa membaca buku nonfiksi itu susah, ngantuk, dan sulit memahami. Bukan seperti cerita fiksi yang mampu menyentuh emosi dan imajinasi pembacanya. Penilaian seperti itu salah sejak awal karena buku tidak boleh dibandingkan. Lagipula, ada beberapa buku nonfiksi yang ringan, menghibur, dan asyik dibaca di toko buku.

Bahkan, jumlah buku nonfiksi semakin meningkat akhir-akhir ini. Terutama buku-buku tentang kesehatan mental, peningkatan diri, penerimaan diri dan aktualisasi diri. Uniknya, sebagian besar buku ini ditulis dengan bahasa yang ringan, mudah memahami, dan mengandung unsur humor juga.

Lalu apa sebenarnya buku nonfiksi itu? Apa jenisnya? Dan mengapa Anda harus membacanya? Mari kita bahas satu persatu disini.

Apa itu buku nonfiksi?

Nonfiksi adalah tulisan yang berisi cerita tentang kejadian nyata atau berdasarkan fakta yang ada. Oleh karena itu, buku nonfiksi merupakan buku yang memuat kejadian aktual, sehingga cenderung bersifat informatif.

Selain itu, penulis buku nonfiksi perlu melakukan observasi dan mengumpulkan data untuk menulis bahan yang mempertimbangkan buku yang mereka tulis. Inilah mengapa banyak orang menjadikan buku jenis ini sebagai salah satu sumber informasi utama mereka.

Karena sifatnya yang informatif, penulis cenderung menggunakan bahasa yang jelas, tepat dan apa adanya. Bahasa seperti ini tersebut juga bahasa denotatif. Dengan kata lain, bahasa mampu membuat pembaca langsung mengerti apa yang ingin tersampaikan oleh pengarang.

 

Contoh Dari Buku Nonfiksi

Secara umum, “nonfiksi” merupakan genre buku yang dapat membagi menjadi beberapa jenis. Gramed perlu mengetahui tipe-tipe ini untuk memutuskan buku mana yang akan tertulis atau dibaca.

1. Buku biografi

Contoh Dari Buku Nonfiksi , Biografi adalah tulisan yang menceritakan berbagai kisah dan informasi tentang seseorang yang telah mempengaruhi kehidupan banyak orang. Menulis biasanya melakukan dengan tujuan memotivasi atau menginspirasi pembaca.

Ada juga yang mendefinisikan biografi sebagai buku tentang kisah hidup seseorang. Apapun sebutannya, buku jenis ini selalu mengandung informasi yang berdampak luas bagi pembaca dan masyarakat umum. Oleh karena itu, tokoh dalam cerita biasanya menjadikan panutan, karena pemikiran, karya atau prestasinya dapat menginspirasi pembacanya.

2. Buku otobiografi

Berikutnya adalah resume atau resume. Sama seperti buku biografi, buku jenis ini memuat cerita, peristiwa, dan perjalanan hidup seorang tokoh. Perbedaannya adalah apa yang penulis alami sendiri. Singkatnya, penulis menciptakan sebuah tulisan yang menampilkan dirinya kepada pembacanya.

3. Buku motivasi

Buku motivasi merupakan jenis buku yang sering menggunakan untuk mengembalikan motivasi hidup pembaca. Setiap orang terkadang membutuhkan dorongan dari luar untuk menemukan kembali semangat yang telah hilang karena berbagai sebab.

4. Buku sastra

Buku sastra sering dijadikan sebagai sumber referensi untuk berbagai kegiatan pendidikan. Artinya, buku ini selalu mencari oleh orang-orang yang membutuhkan informasi penting.

Misalnya sebagai akademisi yang sedang mencari bahan ajar, referensi untuk bacaan lanjutan, atau ahli teori untuk mendukung keabsahan makalah akademik yang tertulisnya.

5. Buku pendamping

Seperti namanya, buku pendamping adalah buku yang berfungsi sebagai pendamping buku utama. Disebut juga sebagai buku pengayaan. Oleh karena itu, buku ini biasanya tertulis setelah penulis selesai menulis buku induk untuk anak sekolah.

Ya, buku pengayaan ini untuk siswa dan sifatnya lebih umum. Ini juga mencakup diskusi yang berfungsi sebagai penjelasan tambahan dari buku besar. Artinya, jika ada materi di buku utama yang tidak menjelaskan secara detail, buku pendamping ini yang akan menyelesaikannya.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Contoh Dari Buku Nonfiksi , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!