Nyeri di Bagian Belakang Kepala Jadi Gejala Neuralgia Oksipital

Diagnosis

Selain beberapa hal diatas, biasa juga disertai dengan adanya penyakit lain seperti diabetes melitus, infeksi, inflamasi dan kelainan darah. Meski keluhan pasien sangat berbeda, dokter. Syafrizal menyebutkan, hampir semua area nyeri terjadi di leher bagian atas, tempat tulang leher dan kepala bertemu di bagian belakang tulang. Nyeri mungkin ada di satu atau kedua sisi kepala bagian atas dan tulang leher.

Diagnosis penyakit ini dapat dipastikan dengan mencatat riwayat nyeri pasien dan melakukan pemeriksaan fisik yang akurat. Jika nyeri parah, diagnosis dapat ditegakkan. Ia juga menjelaskan bahwa biasanya disertai dengan kejang otot leher. Selain itu, jika diduga terdapat kelainan struktur pada tulang belakang leher dan bagian belakang kepala, pemeriksaan tambahan seperti rontgen, CT scan dan MRI juga diperlukan.

Penanganan

Penanganan secara medis pada penyakit Neuralgia Oksipital kata dr. Syafrizal bisa sangat bervariasi. Dimulai dengan terapi obat penghilang rasa sakit dan muscle relaxant, fisioterapi dengan pijatan dan penghangat, istirahat, suntikan lokal anestesi dan steroid. Biasanya pasien mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit dalam waktu yang agak lama baru kemudian konsultasi ke dokter pain specialist.

“Apabila respon terhadap variasi pengobatan di atas gagal dan nyeri yang sangat kembali berulang maka dilakukan terapi Rhizotomy yaitu menumpulkan perjalanan akar saraf sehingga dapat mengurangi nyeri seketika. Kemudian dilanjutkan dengan proses neurolysis yaitu dengan memberikan rangsangan panas dan reaksi kimia lain sehingga menghambat penghantaran rasa nyeri langsung pada perjalanan saraf tersebut,” jelasnya.

Gejala Neuralgia Oksipital

Adapun tindakan yang bersifat minimal invasive dilakukan dengan menggunakan needle dan kemudian disambungkan ke mesin radio frekuensi dan dilakukan di dalam ruangan Cathlab. Tujuannya agar dapat visualisasi optimal jalannya prosedur secara update sehingga lebih aman serta menguidance needle ke arah distribusi saraf dengan tepat dan akurat.

Itulah gambaran singkat mengenai sakit nyeri kepala bagian belakang dan penanganan untuk penyakit Neuralgia Oksipital.