30 Ikan Hias Air Tawar Yang Tak Mudah Mati Bisa Jadi Penghilang Stres!

liputanberitaku.com– Sekarang beberapa orang yang tertarik jadikan ikan hias air tawar yang tidak gampang mati sebagai hewan piaraan karena dipandang seperti pemanis ruang dan membuat situasi rumah lebih fresh dan nyaman.

Disamping itu, secara psikis dipercaya jika pergerakan timbunan menolong menentramkan pemikiran dan hilangkan depresi.

Langkah perawatannya cukuplah sederhana karena ikan mempunyai stamina yang bagus dan perawatan yang tidak begitu memusingkan dan tidak memerlukan ongkos yang mahal.

Berikut beragam tipe ikan hias air tawar yang tidak gampang musnah, dan dapat menjadi hewan piaraan:

Ikan Cupang

Ikan cupang sebagai salah satunya ikan hias air tawar paling populer yang tidak gampang mati di Indonesia. Ikan yang dari tipe ikan kecil memiliki ukuran sekitaran 2,5 cm dan tumbuh sampai 12,5 cm.

Wujud ekornya yang elok dan variasi pasti menghidupkan ketertarikan beberapa konsumen. Ikan ini benar-benar unik sebab bisa memakai organ yang disebutkan labirin untuk mengisap udara yang tidak berada di di air.

Menjaga dan membudidayakan ikan cupang termasuk gampang untuk beberapa orang untuk membudidayakannya.

Ikan Platy

Ikan platy sebagai ikan hias air tawar yang tidak gampang musnah, tubuhnya imut dan bervariatif.

Karena ukuran yang kecil dan karakternya yang “cinta nyaman”, banyak yang pilih ikan ini sebagai opsi untuk dipiara di akuarium.

Disamping itu, ikan hias semacam ini benar-benar gampang menyesuaikan dengan lingkungan anyarnya dan termasuk bebas dari gempuran penyakit. Harga ikan rajungan juga murah yakni sekitar di antara 1000-2000 Rupiah.

Ikan Slayer

Tipe ikan hias air tawar yang tidak gampang musnah ini kerap dikatakan sebagai nelayan karena wujud sirip dan ekor ikannya yang seperti pembunuh. Ikan pembunuh atau cometfish ini dikenali dengan bahasa latin sebagai Carrasius Auratus dan mempunyai warna yang sangatlah baik. Badannya yang ramping warna putih perak ceria dan merah ceria, ekornya yang panjang mengapung.

Perihal ini pula yang membuat beberapa pencinta ikan hias mengincar ikan ini. Untuk harga, umumnya komet dipasarkan pada harga 5.000 sampai 60.000 rupiah per ekor.

Ikan Koi

Salah satunya tipe ikan hias air tawar yang tidak gampang mati dan terkenal dari periode ke periode ialah ikan koi. Ikan koi pertama kalinya dikenalkan ke Jepang di tahun 1920-an.

Ikan koi terhitung yang sempat persilangan beberapa macam ikan mas warna putih dan merah. Warna ikan koi benar-benar cantik hingga benar-benar mahal untuk dijualbelikan.

Umumnya orang memiara ikan koi ini dalam kolam karena ikan koi dapat tumbuh besar.

Ikan Louhan

Ikan hias air tawar yang tidak gampang busuk ini mempunyai keunikan tonjolan di keningnya dan memiliki ciri-ciri yang bermacam. Harga ikan louhan tentu saja benar-benar fenomenal. Tetapi ikan yang ini tidak dapat dipadukan dengan ikan yang lain karena terhitung ikan yang paling agresif.

Ikan Koki

Ikan masak sebagai salah satunya ikan hias air tawar yang tidak gampang mati. Ikan tipe ini bertubuh yang cukup membulat dengan ekor yang menggantung. Ikan mas bertubuh yang warna ceria hingga kelihatan lebih imut.

Diprediksi sekarang ini ada 130 spesies ikan mas di dunia. Tiap tipe mempunyai wujud yang lain. Ikan tipe ini gampang diatasi karena bisa dipadankan dengan tipe ikan yang lain.

Dengan perawatan yang pas, ikan koi termasuk juga ikan yang mempunyai usia cukup 7-10 tahun, dan beberapa macam ikan mas berbeda warna ketika telah masak.

Ikan Discus

Ikan hias air tawar yang tidak musnah dilain waktu, Ikan Discus. Spesies ikan ini datang dari Amazon Brazil. Garis dalam tubuh ikan cakram berperan sebagai proses pertahanan untuk ikan pemangsa.

Ikan cakram seperti lingkaran gepeng yang mencolok keluar. Ikan discus umumnya karnivora. Bila Anda seorang pemula dalam budidaya ikan, tipe ikan ini tidak dianjurkan karena karakternya yang agresif hingga tidak pas dipadankan dengan ikan hias yang lain. Harga ikan ini termasuk mahal karena ikan ini berkualitas tinggi.

Ikan Black Ghost

Walau terkenal di Indonesia, siapa kira ikan hias air tawar yang tidak gampang musnah ini disebutkan black ghost atau black phantom, sebetulnya ikan dari sungai Amazon dan Suriname.

Berwarna hitam dan memiliki bentuk gepeng dengan sirip panjang ikan black ghost.

Dalam soal makanan, hantu hitam tidak begitu pilih-memilih. Ia sukai makan larva nyamuk dan serangga air kecil yang lain serta pelet ikan. Sedikit permasalahan, kan?

Ikan badut

Ikan hias air tawar lucu yang menggemaskan yang tidak gampang mati ini sudah tidak asing dijumpai icon film populernya, Nemo. Ikan badut lumayan gampang dipiara, jadi mencoba tambah terumbu karang ke akuarium Anda untuk ikan badut ini.

Karena komunitas aslinya sebetulnya berada di laut, terumbu karang mempermudah ikan badut untuk menyesuaikan.

Ikan Botana Bak Biru

Ikan hias air tawar yang tidak gampang musnah ini dikenal juga sebagai icon film Finding Nemo yakni ikan Botana Blue Tank. Plankton dalam sajian ikan warna biru di umur muda. Di periode dewasa, ikan ini jadi hewan omnivora yang konsumsi alga.

Ikan Kupu-Kupu

Ikan hias air tawar yang tidak gampang musnah ini mempunyai sayap yang cantik seperti kupu-kupu hingga diberi nama kupu-kupu. Ikan ini benar-benar direferensikan untuk pemula yang ingin memiara ikan air laut karena perawatannya benar-benar gampang.

Ikan Yellow tank

Hal sama berlaku untuk ikan bak biru, yang cuman berlainan berbentuk mulut dan warna ikan bak kuning. Ikan tipe ini juga direferensikan untuk yang baru memulai sebab bisa bersebelahan dengan ikan lain.

Ikan Watchman Goby

Ikan gobies penjaga sebagai salah satunya ikan hias air tawar yang tidak gampang mati dan benar-benar gampang dalam perawatannya. Ikan tipe ini bisa dipiara dalam akuarium, mempunyai macam warna yang paling luas dan badan yang paling unik.

Ikan Gobies Watchman mempunyai nama latin Cryptocentrus, dengan pola yang sangatlah baik di tubuhnya, yang terpopuler salah satunya ialah ikan Watchman Gobie Bluespotted dan Watchman Gobies warna pink. Mereka datang dari laut tropis di Samudra Hindia dan Pasifik.

Ikan Lion

Ikan hias air tawar yang tidak gampang musnah ini mempunyai kekhasan wujud badan seperti paku. Tetapi, ketika menentukan teman singa, Anda harus memerhatikannya karena mustahil ada dengan ikan lain.

Ikan Blue Devil

Ikan hias air tawar yang tidak musnah lain waktu, Blue Devil. Biru dengan bintik – bintik jadi daya magnet khusus dari tipe ikan ini. Setan biru umumnya dipiara di akuarium besar dengan hiasan karang. Komunitas alami dasar laut berbatu.

Ikan Mandarin

Ikan mandarin atau naga cina ini berwarna unik. Karena tubuhnya yang seperti jubah kaisar Cina, pada akhirnya ikan ini dinamakan ikan mandarin.

Walau spesies ikan pemalu ini mempunyai perawakan yang kuat dan ketahanan badan yang paling kuat. Tetapi, perhatian lebih harus diberi pada ikan ini ketika menentukan makanan.

Karena keunikannya, ikan mandarin pernah jadi lambang pariwisata dunia di tahun 2010 kemarin. Kece, ya!

Angel fish

Ikan angelfish sebagai salah satunya ikan hias air tawar yang tidak gampang mati yang cantik dan benar-benar disukai, pergerakan ikan ini benar-benar tenang, memiliki bentuk cantik, menambahkan banyak warna dan keelokan pada kandungan aquuriumnya.

Meskipun begitu, angelfish tidak gampang dalam menjaga ikan terkecuali Anda ketahui sangkut-paut menjaga angelfish. Ikan ini benar-benar menyenangi tumbuhan.

Ikan lemon

Mengapa disebutkan lemonfish, tentu saja karena berwarna kuning ceria seperti lemon. Ikan ini kelihatan benar-benar elok dengan warna kuning yang menonjol dipadankan dengan warna hitam di ujung sirip atas.

Pencinta ikan hias benar-benar dicari ikan hias itu, tetapi kehati-hatian harus dilaksanakan saat menambahkan ikan ini dengan ikan tipe lain karena ikan lemon memiliki sifat agresif.

Ikan Mas Koki

Ikan Mas koki sebagai salah satunya tipe ikan hias air tawar yang tidak gampang musnah dan paling disukai di kelompok pencinta ikan hias. Ikan ini mempunyai perut buncit ciri khas, warna ceria dan cantik yang dicintai beberapa orang.

Walau ikan mas sebagai ikan hias yang cukup terkenal, tetapi tetap ada komoditas yang cukup dapat dijangkau yakni sekitar di antara Rp 10.000 sampai Rp 10.000 per ekor.

Meskipun begitu, ada pula ikan mas yang harga beberapa ratus ribu bergantung tipe dan umurnya.

Ikan Sapu-sapu

Ikan hias air tawar yang tidak gampang musnah pas untuk kehidupan warga, ikan pleco atau yang dikenali dengan ikan sapu-sapu.

Sama dengan namanya, ikan ini, dengan bahasa latin Hypostomus Plecostomus, umumnya melekat di dasar akuarium.

Mereka dikenali mempunyai watak yang tenang dan bisa secara mudah bersatu dengan tipe ikan lain dalam akuarium. Walau sebagai lokasi yang gampang untuk share dengan spesies lain, sapu kerap berkompetisi dengan spesies mereka sendiri.

 

Ikan Cory Catfish

Tipe ikan hias air tawar yang tidak gampang musnah ini memiliki ukuran kecil. Ikan lele Cory yang dari kerabat Callichthyidae dikenali dengan karakternya yang tenang dan gampang hidup bersebelahan dengan spesies ikan yang lain.

Kekuatan mereka menyesuaikan dengan ikan lain berikut yang kerap dicari oleh beberapa pemberbudidaya ikan hias pada tipe ini. Disamping itu, ikan lele pada zaman itu dapat membuat akuarium lebih bersih, karena rutinitas alami mereka ialah konsumsi alga.

Ikan Clown Loach

Ikan hias air tawar yang tidak gampang musnah dan hidup bergerombol ialah ikan Clown Loach atau Tiger Botia. Ikan dari keluarga botia loach ini sebagai ikan air tawar, persisnya di perairan Indonesia, Sumatera dan pulau Kalimantan.

Selainnya ditawarkan secara luas di semua penjuru tanah air, ikan Clown Loach banyak juga ditemui dalam perdagangan ikan hias di penjuru dunia.

Bukan hanya mempunyai warna yang cantik, ikan hias ciri khas Indonesia ini dikenal juga gampang dalam perawatannya karena cepat menyesuaikan dengan lingkungan baru dan tipe ikan yang lain.

Ini dikuasai oleh karakter mereka yang pemalu, hingga mereka cenderung pilih diam diri pada tempat terselinap seperti ornament terumbu karang dan rumah.

Ikan Danio Zebra

Ikan dari kerabat Cyprinidae ini mempunyai ukuran badan yang kecil dan gampang diketemukan di Asia Selatan dan Tenggara.

Tipe ikan ini mempunyai garis-garis horizontal, banyak bercak-bercak atau garis-garis vertikal dan biasanya dipiara pada tingkat komune.

Disamping itu ikan-ikan kecil elok ini kuat dan tahan pada beragam peralihan keadaan perairan.

Ikan Molly

Ikan yang namanya latin Poecilia sphenops ini sebagai salah satunya tipe ikan air tawar yang dipiara oleh beberapa warga. Harga murah.

Ikan asal Meksiko ini kerap hidup di saluran air tawar dan air asin. Ikan molly selainnya berupa cantik ada dalam beragam ukuran dan warna. Ada dua tipe ikan molly yakni sirip pendek dan molly biasa.

Karena karakternya yang tenang, ikan molly bisa diputuskan untuk temani ikan air tawar yang lain dan gampang diperbudidayakan di akuarium umum.

Ikan Green Swordtai

Ikan Green Swordtai ialah ikan hias air tawar yang tidak gampang hancur yang dapat mengalami perkembangan biak secara mudah dengan tipe lain.

Ikan hias ialah tipe ikan air tawar atau ikan air asin yang terhitung dalam kerabat Poeciliidae.

Walau namanya agresif, ikan ini dikenali dengan personalitasnya yang tenang dan relatif gampang menyesuaikan dengan ikan lain di bak yang serupa.

Ikan Palmas

Ikan palmas yang seringkali disebutkan dengan ikan Bichir (beragam spesies sirip) sebagai salah satunya spesies Polypteridae yang dari perairan benua Afrika dan sebagai spesies ikan sangat jarang di Indonesia.

Cukup banyak pencinta ikan yang mengatakan ikan naga karena keserupaannya dengan naga. Kelebihan yang lain ialah kekuatannya untuk tetap bertahan hidup di luar air sepanjang beberapa saat!

Ikan Arapaima

Ikan Arapaima ialah ikan hias air tawar tropis yang dari Amerika Serikat. Ikan ini sempat menggegerkan dunia karena ukuran yang dapat tumbuh sampai 2,5 mtr. dengan berat sekitaran 100 kg!

Ikan arapaima benar-benar pas dipiara di pelataran rumah. Perawatannya simpel dan tidak memerlukan uang banyak.

Sayang, komunitas ikan ini makin turun hingga makin susah diketemukan di pasar secara luas. Di Brasil terutamanya, Anda membutuhkan ijin khusus untuk memancing ikan.

Ikan Botia

Ikan botani sebagai ikan nokturnal karena aktif saat malam hari. Ikan tipe ini lebih banyak dicari oleh beberapa pencinta ikan hias untuk menghias akuariumnya.

Beberapa macam ikan hias botia sebagai bintang diantaranya ikan tiger botia, ikan botia badut, ikan botia morleti, dan ikan botia india.

Ikan Neon Tetra

Warna ikan ini benar-benar menonjol. Ikan neon sering menjadi satu diantara opsi terbaik untuk mereka yang menyenangi ikan hias.

Menjaga ikan neon lumayan gampang. Apa lagi untuk beberapa pemula yang belum banyak pengalaman menjaga ikan hias. Ikan neon terhitung ikan yang umumnya hidup bergerombol.

 

Ikan Oscar

Ikan oscar sebagai tipe ikan hias air tawar yang lain gampang dipiara, komunitas awalannya ada di perairan air tawar sungai Amazon. Tetapi pada perubahannya ikan hias oscar bisa diperbudidayakan

Di komunitasnya ikan ini terhitung tipe ikan air tawar yang agresif, maka janganlah menambahkannya dengan tipe ikan hias air tawar yang lain untuk mengawetkan ikan. Seperti louhan, menjaga ikan oscar sangat simpel, cukup hanya memberikan makan akuarium secara baik dan membersihkan dari kotoran ikan.

Dengan begitu, 30 tipe ikan air tawar di atas terhitung tipe ikan air tawar yang tidak gampang mati karena pengatasannya tidak membutuhkan perawatan khusus.