Kartu BPJS Hilang jangan khawatir, ini solusinya

sumber gambar : tokopedia

liputanberitaku.com— Kartu BPJS Kesehatan adalah kartu yang berisi informasi menenai identitas peserta BPJS.Karena Kartu ini diperlukan disaat peserta BPJS  nanti hendak berobat.

Karena Mengingat sangat pentingnya dari kartu BPJS Kesehatan ini, peserta BPJS Kesehatan berpotensi tidak dilayani jika ingin berobat menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan.

Tetapi, bagaimana jika kartu BPJS Kesehatan kalian hilang? Kartu BPJS Kesehatan yang hilang memang bikin pusing.

Tetapi, lebih pusing lagi jika kamu sakit dan tidak memegang kartu tersebut. Oleh sebab itu, saat kalian kamu masih sehat, segera urus penggantian kartu BPJS Kesehatan kalian yang baru.

Kabar baiknya, untuk mengurus pengganti kartu BPJS Kesehatan yang hilang ini bisa dilakukan secara online.

Kalian pun tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan. Apalagi sampai harus mengurus surat kehilangan dari kantor polisi.

Lalu bagaimana cara mengurus untuk pengganti kartu BPJS Kesehatan yang hilang secara online ini? Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Cetak Kartu e-ID Lewat Aplikasi

Tidak harus dating ke kantor cabang BPJS Kesehatan, kamu juga bisa kok mencetak sendiri kartu e-ID melalui Aplikasi Mobile JKN.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Play Store sebagai pengguna Android dan di App Store untuk kamu pengguna iOS.

Asal Kalian tahu, kartu e-ID adalah sebuah kartu nanti fungsinya sama dengan kartu BPJS. Baik e-ID maupun kartu BPJS Kesehatan bisa memuat informasi yang sama.

Sehingga, kalian sebagai  pemilik BPJS Kesehatan bisa menggunakannya untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

Dibawah ini langkah-langkah yang harus kamu ikuti untuk mencetak kartu e-ID:

  1. Unduh aplikasi mobile JKN
  2. Lakukan registrasi dengan mengisi data pribadi peserta seperti nomor kartu BPJS, KTP, nomor telepon dll
  3. Login menggunakan nomor kartu/username/email dan password yang sudah dibuat
  4. Pilih menu “peserta BPJS yang ingin dicetak kartu e-ID nya
  5. Pilih ikon email dan ikuti prosesnya
  6. Cek email kamu dan temukan file yang dikirim BPJS Kesehatan
  7. Unduh, Cetak dan laminating kartu e-ID.

 

7 Cara di atas bisa dilakukan jika kamu ingat dengan nomor kartu BPJS Kesehatan kamu . Kalau lupa, maka jalan satu-satunya untuk mendapatkan kartu pengganti adalah dengan mengurus langsung di kantor cabang BPJS Kesehatan.

Cara Mengurus Kartu BPJS Hilang Secara Offline

Sebelum mendatangi kantor BPJS Kesehatan, hal pertama yang harus kalian persiapkan adalah sejumlah dokumen yang menjadi syarat. Di bawah ini adalah dokumen yang harus kamu siapkan:

  • Kartu Keluarga (KK) baik asli dan fotocopy.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) baik asli maupun fotocopy.
  • Surat pernyataan kehilangan yang kamu buat sendiri dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000. Format bebas bisa diketik atau ditulis tangan.

 

Setelah semua dokumen kalian lengkapi, berikutnya kalian bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini:

  • Datanglah ke cabang BPJS terdekat atau ke kantor BPJS tempat kamu mendaftar sebagai peserta sehingga proses bisa berjalan lebih mudah dan cepat
  • Seandainya kamu sedang merantau, cobalah hubungi call center BPJS untuk menanyakan informasi lebih lanjut
  • Saat tiba di kantor BPJS kamu bisa langsung menuju pusat layanan dan menginformasikan kalau kartu BPJS hilang dan minta dibuatkan duplikatnya
  • Petugas biasanya akan langsung meminta segala dokumen persyaratan untuk keperluan administrasi dan pencocokan identitas
  • Saat semua dokumen dianggap valid, maka pembuatan kartu BPJS baru akan segera dikerjakan. Proses pencetakan kartu biasanya memakan waktu satu hari. Kamu pun harus datang kembali keesokan harinya.

Gimana,? Itulah cara mengurus kartu BPJS Kesehatan. Mudah bukan? Sekarang jika kartu BPJS Kesehatan hilang, kamu sudah tahu caranya mencetak kartu e-ID sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

 

#artikel_asli