Mengapa Rusia-Ukraina Perang dan Apa yang Dicari Putin?

Rusia mengerahkan sekitar 100.000 tentara di dekat perbatasan bersamaan dengan Ukraina, meningkatkan ketegangan antara kedua tetangga dan meningkatkan risiko invasi.

Sementara itu, intelijen AS melaporkan bahwa Rusia telah mempersiapkan invasi dengan 175.000 tentara dan tentara Ukraina. Jika ada perang Rusia-Ukraina, tidak hanya kedua negara yang akan terlibat, tetapi juga blok timur dan barat. Peluang itu muncul ketika Presiden Joe Biden mempertimbangkan untuk mengerahkan ribuan tentara, kapal perang, dan pesawat tempur AS.

Mengutip dari New York Times, Biden mengatakan invasi Rusia ke Ukraina akan menjadi konsekuensi terbesar di dunia sejak Perang Dunia II. Rusia juga memperingatkan Rusia untuk tidak melanjutkan ekspansi timurnya dan tidak mengakui Ukraina sebagai anggota. Jadi mengapa perang mengancam Rusia dan Ukraina, dan apa yang diincar Presiden Vladimir Putin setelah invasi?

Mengapa Ukraina dan Rusia berperang?

The New York Times pada hari Senin (24 Januari 2022) menulis bahwa Putin pada dasarnya mencoba untuk menyusun ulang perbatasan Eropa pasca-Perang Dingin, menciptakan zona keamanan yang besar dan menarik paksa Ukraina jika perlu.

Ketegangan antara Ukraina dan Rusia telah hidup sejak 2013, ketika Ukraina mencoba menggulingkan presidennya yang pro-Rusia, Viktor Yanukovych, dan tentara Rusia memasuki wilayah Ukraina.

Karena kondisi ini, Rusia menganeksasi semenanjung Krimea yang otonom pada tahun 2014 dan memicu pemberontakan separatis di Ukraina timur. Rusia berpendapat bahwa pencaplokan Krimea berfungsi untuk melindungi kepentingan warga negara berbahasa Rusia. Namun, aneksasi tidak diakui oleh sebagian besar negara.

Tak lama kemudian, para pembangkang pro-Rusia di wilayah Donetsk dan Luhansk Ukraina mendeklarasikan kemerdekaan mereka dari Kiev, memicu pertempuran sengit selama berbulan-bulan.

Gencatan senjata disepakati pada tahun 2015, tetapi sulit untuk diterapkan. Di tengah perang Rusia-Ukraina, yang menewaskan lebih dari 13.000 tentara dan warga sipil, perdamaian total tidak pernah tercapai.

Mengapa Rusia menyerang Ukraina, apa yang dicari Putin?

Menurut Putin, Ukraina pada dasarnya adalah bagian dari Rusia, baik secara budaya maupun sejarah. Vladimir Putin, sekarang berusia 69 tahun di awal karir politiknya, juga dikatakan berusaha mempertajam citranya dengan memperbaiki bencana yang dia saksikan di abad ke-20, runtuhnya Uni Soviet.

Ukraina, negara berpenduduk 44 juta yang sebelumnya bergabung dengan Uni Soviet dan memiliki perbatasan 1.900 kilometer dengan Rusia, Putin mengatakan hal itu dapat meningkatkan kekuatan negaranya dalam persaingan dengan Amerika Serikat dan China. Putin juga dikatakan berusaha meningkatkan dukungan domestik untuk nasionalis di tengah pandemi yang mengamuk dan ekonomi yang menurun, menurut New York Times. Pada tahun 2021, Rusia juga dilanda protes anti-Putin terbesar oposisi dalam beberapa tahun terakhir.

Rusia, sementara itu, mengatakan bahwa pengerahan ratusan ribu tentara ke perbatasan merupakan prediksi ekspansi NATO ke arah timur dan reaksi terhadap hubungan Ukraina dengan aliansi tersebut. Mengutip dari ABC7, Minggu (23 Januari 2022), NATO akan meningkatkan dukungannya untuk Ukraina dalam hal persenjataan, pelatihan, dan personel. Rusia menuduh Ukraina meningkatkan pasukannya dalam persiapan untuk penaklukan kembali wilayah Donbass, tetapi Kiev membantah tuduhan itu.

Mengapa Ukraina membenci Rusia?

Pemerintah Ukraina menegaskan bahwa Rusia tidak boleh mencegah Kiev memperkuat hubungannya dengan NATO. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Rusia mencoba mengacaukan negara dan mengorganisir kudeta. Menteri Luar Negeri Ukraina Dmitro Kuleba memperingatkan bahwa kudeta yang direncanakan dapat menjadi bagian dari strategi Rusia untuk mencegah invasi militer.

Ketegangan antara kedua negara telah diperburuk oleh krisis energi Ukraina yang mendalam, yang menurut Moskow sengaja dieksploitasi. Pada saat yang sama, pemerintah Zelensky menghadapi sejumlah kendala di berbagai bidang, termasuk gelombang ketiga Covid-19 dan ekonomi yang menurun.

ABC7 melaporkan bahwa banyak warga Ukraina juga tidak puas dengan kegagalan pemerintah memenuhi janjinya untuk mengakhiri konflik di timur negara itu. Protes anti-pemerintah juga terjadi di Kiev. Untuk saat ini, kemungkinan perang Rusia-Ukraina masih terbuka dan tidak ada negosiasi yang membuahkan hasil positif.