Ratusan Ribu Tentara AS-NATO Siap Membantu Ukraina Melawan Rusia

Ratusan ribu tentara NATO dan AS siap membantu Ukraina melawan Rusia. Mereka mempersiapkan pasukannya jauh sebelum invasi Rusia ke Ukraina benar-benar terjadi.

Pasukan NATO

Menurut Sky News, Aliansi NATO memiliki 40.000 tentara, pelaut, dan pesawat yang selalu siap dimobilisasi dalam situasi krisis. NATO Response Force (NRF) memiliki sekitar 8.500 tentara dalam keadaan “kewaspadaan tinggi” dan dikerahkan ke Eropa.

NATO menegaskan tidak memiliki rencana untuk mengirim pasukan federalnya langsung ke Ukraina, yang bukan anggota. Tapi itu memperkuat sayap timur dan tenggara mereka dengan beberapa pasukan.

NRF dikenal karena merekrut tentara dan wanita dari 30 negara anggota aliansi NATO. Mereka ditempatkan di darat, udara, laut atau dalam operasi khusus selama 12 bulan, selama waktu itu penyelamat terlibat dalam keadaan darurat seperti ancaman militer dari bencana alam.

Namun hingga saat ini, NRF tidak disiapkan untuk menangkal ancaman Rusia.

Selain pasukan darurat, pasukan juga aktif di sayap timur dan tenggara NATO, di darat, di laut dan di udara, untuk mencegah agresi Rusia. Empat kelompok besar – masing-masing dengan sekitar 1.000 tentara – berbasis di negara-negara Baltik, Estonia, Latvia dan Lituania, serta Polandia.

Inggris memimpin kelompok pertempuran ke Estonia, Kanada ke Latvia, Jerman ke Lituania dan Amerika Serikat ke Polandia. Dalam mekanisme serangan militer terhadap negara sekutu berlaku Pasal 5 Traktat NATO, yang menyatakan bahwa serangan adalah serangan terhadap setiap orang.

Perjanjian tersebut akan memungkinkan Aliansi untuk menggunakan pasukan masing-masing negara – dengan total sekitar 3,5 juta tentara -. Namun, tingkat kekuatan seperti itu hanya bisa dikerahkan jika ada ancaman eksistensial di tingkat Perang Dunia III.

Tentara Amerika Serikat

Menurut laporan AFP, pada 2 Februari 2022, Amerika Serikat mengerahkan sekitar 2.000 tentara dari divisi udara dalam perang melawan invasi Rusia. Adapun jumlah itu, sekitar 1.700 tentara AS menunggu di Polandia dan sisanya di Jerman, yang merupakan markas pasukan AS di Eropa.

Beberapa hari kemudian, Amerika Serikat mengirim 3.000 tentara lagi ke Polandia. Seorang tentara dari Divisi Lintas Udara ke-82, pasukan reaksi cepat utama Angkatan Darat AS, telah bersiaga sejak akhir Januari atas permintaan Presiden Joe Biden.

“Semuanya, sebanyak 5.000 personel tambahan ini terdiri atas kekuatan dengan mobilitas tinggi dan sangat fleksibel, yang mampu melakukan banyak misi,” sebut seorang pejabat AS yang enggan disebut namanya.

“Mereka dikerahkan untuk memberi jaminan kepada sekutu-sekutu NATO kita, menangkal setiap potensi agresi apapun terhadap sayap timur NATO, berlatih dengan pasukan negara tuan rumah, dan berkontribusi pada berbagai kemungkinan,” imbuhnya.

Sebanyak 5.000 tentara menjadi tambahan bagi sekitar 80.000 tentara AS yang sudah ditugaskan dikawasan Eropa, baik di pangkalan permanen maupun bergilir.