Cara Refund Tiket Pesawat PegiPegi, Traveloka dan Tiket.com

Banyak yang membatalkan penerbangan mereka selama wabah virus corona. Selain berisiko, pemerintah membatasi akses perjalanan baik di dalam maupun luar negeri selama pandemi COVID-19.

Mengutip dari KumparanTravel, beberapa agen perjalanan online, seperti Traveloka, telah membatalkan tiket sejak Februari tahun lalu. Sejak pertengahan Maret 2020, pembatasan tiket kereta api meningkat tidak hanya untuk pesawat. Nah, bagi yang sudah booking tiket pesawat dan ingin refund, berikut panduan lengkapnya.

Traveloka

cara refund tiket pesawat pegipegi
cara refund tiket pesawat pegipegi

Bagi yang memesan tiket transportasi melalui website, prosedur refund adalah sebagai berikut:

Pilih menu pesanan dan klik e-tiket yang ingin Anda batalkan
Pada e-tiket, pilih “Pengembalian Dana” dan klik tombol “Kirim Pengembalian Dana”.
Pilih penerbangan yang ingin Anda refund
Pilih penumpang dan alasan pengembalian dana
Isi informasi refund pada kolom yang tersedia, seperti informasi transfer. Anda juga dapat melihat perkiraan pengembalian dana di layar
Kirim permintaan pengembalian dana. Pastikan untuk memeriksa kembali detail pengembalian dana yang diminta, lalu klik “Minta pengembalian dana”.
Lihat status refund Anda melalui informasi di menu “Akun Saya” atau di e-tiket Anda

Pegipegi

cara refund tiket pesawat pegipegi
cara refund tiket pesawat pegipegi

Mengutip dari situs resminya, PegiPegi meminta pengembalian dana kepada pengguna hingga 7 hari sebelum keberangkatan. Syarat dan jumlah nominal refund tiket pesawat akan mengikuti kebijakan pembatalan yang berlaku di masing-masing maskapai, kecuali maskapai memerlukan kebijakan khusus untuk melakukannya.

Masuk ke aplikasi pegipeg
Pilih menu pemesanan dan pilih e-tiket yang ingin Anda batalkan
Pilih fungsi pengembalian dana
Isi informasi yang diminta
Klik Selesai

Selain itu, Anda akan menerima email atau telepon konfirmasi dalam waktu 2-7 hari setelah pengiriman. Permintaan pengembalian dana akan segera diproses dan akan dikembalikan dalam waktu 30 hari sejak diterimanya permintaan oleh Pegipegi.

Tiket.com

cara refund tiket pesawat pegipegi
cara refund tiket pesawat pegipegi

Permintaan pengembalian dana di Ticket.com dapat diajukan melalui situs web resmi atau aplikasi smartphone. Prosedur pengembalian dana adalah sebagai berikut:

Masuk ke Ticket.com. Jika Anda belum memiliki akun, silakan mendaftar dengan alamat email yang sama terlebih dahulu saat memesan.
Pilih menu “Pesanan saya”.
Pilih e-tiket yang ingin Anda refund dengan mengklik tiga titik di sudut kanan atas e-tiket dan pilih “Refund”.
Pilih alasan pengembalian dana
Baca syarat dan ketentuan lalu klik “Next”
Pilih penumpang
Periksa detail pembayaran Anda
Periksa kembali detail pengembalian dana di layar dan klik “Kirim Pengembalian Dana”.

Proses refund untuk pemesanan maskapai penerbangan domestik memakan waktu 14 hari kalender. Sedangkan untuk maskapai internasional membutuhkan waktu 14 hari kerja. Anda juga dapat membatalkan pemesanan penerbangan internasional hanya melalui aplikasi.